LEGENDA RORO JONGGRANG DI CANDI PRAMBANAN

http://www.ejawantahtour.com/2014/08/legenda-roro-jongrang-di-candi-prambanan.html
Legenda Roro Jonggrang Di Candi Prambanan.- Putri ramping cantik jelita yang menjadi sebuah arca di tengah-tengah kerumunan banyak candi di area Candi Prambanan ini, merupakan salah satu bukti cerita tradisi masyarakat Jawa yang konon menurut cerita rakyat Roro Jonggrang merupakan seorang putri dari anak turunan Raja Boka.

Bila kita jalan-jalan ke tempat wisata Candi Prambanan yang berlokasi di daerah Sleman Yogyakarta, kita akan menemukan sebuah cerita legenda masyarakat yang sampai hari ini masih tetap dilestarikan dan dijaga keberadaannya disekiataran daerah asalnya.

Cerita legenda Roro Jonggrang ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara yang berkunjung di lokasi Candi Prambanan ini pun mengenal dan tahu cerita rakyat dari Prambanan ini. Disamping itu pula kawasan Candi Prambanan ini memiliki sebuah mitos bahwa bila orang yang sedang berpacaran datang ke lokasi candi Prambanan hubungannya tidak akan pernah langgeng dan akan putus di tengah jalan. Tapi ini hanya sebuah cerita mitos belaka loh.... ha,, ha,, ha,,,

Baca juga : Candi Prambanan Atmosfer Putri Ramping

Legenda Roro Jonggrang.
Informasi yang saya terima waktu berkunjung di lokasi Candi Prambanan, konon dulunya kawasan ini dimiliki oleh sebuah kerajaan besar yang bernama Prambanan yang dipimpin oleh seorang raja yang bernama Raja Baka atau sekarang sering disebut dengan nama Raja Boko. Kerajaan-kerajaan kecil yang ada di sekitaran Kerajaan Prambanan pun begitu banyak dan semuanya tunduk di bawah satu kepemimpinan pusat dibawah Kerajaan Prambanan.

Awal kisah legenda Roro Jonggrang bermula pada saat sebuah kerajaan yang memiliki nama besar dari daerah Pengging yang dipimpin dengan seorang ksatria sakti dengan nama Bondowoso. Dimana kala itu ksatria ini memiliki sebuah pusaka andalan yang cukup dikenal sakti dengan nama Bandung, serta memiliki bala tentara dari bangsa jin yang selalu siap membantunya. Sehingga ksatria ini dikenal dengan nama Bandung Bondowoso.

Lanjut Cerita.....
Sehingga suatu hari Raja Pengging yang terkenal dengan sifat arogan dan selalu ingin memperluas daerah kekuasaannya memanggil Bandung Bondowoso untuk menyerang Kerajaan Prambanan. Dan singkat cerita Bandung Bondowoso pun pergi ke daerah Prambanan bersama bala tentara bantuan dari bangsa jin untuk menyrang Kerajaan Prambanan.

Sesampainya di daerah Prambanan, Bandung Bondowoso bersama pasukannya langsung masuk ke dalam Istana Prambanan, di sana Prabu Baka dan tentarnya pun langsung terlihat kaget dan kalang kabut karena kurang persiapan dalam menghadapi pasukan Bandung Bondowoso bersama bala tentaranya.

Dalam pertempuran ini Raja Baka meninggal karena terkena senja ampuh dari Bandung Bondowoso, sehingga tahta kerajaan Prambanan jatuh dalam kekuasaan raja Pengging. Untk menghormati jasa Bandung Bondowoso inilah raja pengging mengamanatkan kepada Bandung Bondowoso untuk mengurus bekas kerajaan Prambanan dan menempati Istana Prambanan serta mengurus segala isinya termasuk keluarga dari Prabu Baka.

Perkenalan Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang diawali pada saat Bandung Bondowoso berada di Istana Prambanan, dan tanpa panjang lebar hasrat memiliki sang ksatriapun yang mengalir di dalam tubuh Bandung Bondowoso ini mulai merasakan jatuh hati kepada seorang gadis manis Roro Jonggrang untuk melamarnya.

Bandung Bondowoso bertanya, "Wahai Roro Jonggrang, maukah kamu menjadi permaisuriku ?"

Melihat dan medengar langsung pertanyaan yang dilontarkan oleh Bandung Bondowoso, membuat gadis manis Roro Jonggrang pun terdiam sambil memutar otak untuk mencari seribu satu alasan untuk menolak lamaran dari Bandung Bondowoso tersebut.

Hingga Roro Jonggrang pun mendapatkan suatu alasan syarat sebagai tantangan yang harus dikerjakan oleh Bandung Bondowoso dalam hal meminang Roro Jonggrang, yaitu dengan meminta dibuatkan seribu candi dan dua buah sumur dalam satu malam kepada Bandung Bondowoso bila lamarannya akan diterima olehnya.

Mendengar tantangan yang diajukan oleh Roro Jonggrang untuk minta dibuatkan seribu candi dan dua buah sumur dalam satu malam, Bandung Bondowoso pun menyanggupinya dengan tenang. Karena bagi dia syarat itu sangatlah mudah untuk diwujudkannya, karena Bandung Bondowoso akan mengrahkan bala tentara bantuan jin nya untuk mewujudkan permintaan Roro Jonggrang.

Dan pada malam harinya pekerjaan pembuatan seribu candi dan dua buah sumur di lakukan oleh bala tentara bangsa jin yang dimiliki Bandung Bondowoso untuk mewujudkan permintaan dari Roro Jonggrang.

Lanjut.......
Roro Jonggrang yang ikut menyaksikan proses pembuatan seribu candi pun mulai merasa gelisah ketakutan, karena dalam waktu dua pertiga malam proses pekerjaan pembuatan seribu candi tersebut sudah hampir terpenuhi dan hanya tertinggal dua candi saja yang masih dalam prose pekerjaan.

Menyaksikan hal ini Roro Jonggrang pun tidak kalah akal, dia langsung meminta bantuan para dayang-dayangnya untuk membakar jerami, membunyikan lesung dan menaburkan bunga yang wangi sehingga terlihat perubahan suasana pagi dengan warna langit memerah dan suara ayam pun berkoko.

Melihat warna langit yang berubah menjadi merah, bunyi suara lesung, wangi harum kembang dan suara ayam berkok, para bala tentara Bandung Bondowos dari bangsa jin pun langsung meninggalkan pekerjaan mereka. Karena menurut mereka hari telah pagi, dan mereka pun harus segera pergi.

Mengetahui proses pembautan seribu candi yang di lakukan oleh Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang pun menghampirinya dan berkata, "Kamu telah gagal memenuhi syarat dariku."

Melihat dan mengetahui kejadian itupun lalu Bandung Bondowoso menjawab dengan nada keras dan lantang, "Kamu curang Roro Jonggrang. Sesungguhnya kamulah yang mengggalkan pembangunan seribu candi ini, maka sebagai gantinya kamu aku kutuk menjadi arca yang berada di dalam candi yang keseribu !"

Karena kesaktian Bandung Bondowoso inilah, maka Roro Jonggrang berubah menjadi sebuah patung arca, dimana bentuk arca patung Roro Jonggrang inilah yang hingga sampai saat ini bisa kita saksikan di dalam area Candi Prambanan.

Mendengar kisah legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang diceritakan oleh pemandu wisata di kawasan  Candi Prambanan ini, tentu saja bisa menambah wawasan pengetahuan kita akan sebuah pembelajaran dari sifat angkuh, keserakahan, dan kelicikan akan sebuah tahta, wanita serta kekuasaan. Terlpes dari kebenaran sebuah cerita legenda masyarakat ini, di kawasan ini kita dapat menikmati bukan hanya pemandangan yang unik dan indah dari salah satu candi terbesar jaman hindu kuno ini yang menjadi pusat dan perhatian seluruh dunia yang ada di tanah Jawa.

Bagi kita yang akan mengetahui lebih jelas bisa langsung datang ke lokasi tempat wisata Candi Prambanan di daerah Sleman Yogyakarta, dan dapatkan segala informasi yang jelas dan bukan katanya tentang cerita Legenda Roro Jonggrang Di Candi Prambanan.[]





Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

16 komentar

cerita tentang loro jongrang ini hampir mirip dengan cerita mahabharata antara Kakek saya Bisma dengan Dewi Amba yang saking cintanya bersumpah reinkarnasi menjadi Srikandi...seruh pokoknya mah kang...:D

Beberapa hari belakangan, Roro Jonggrang sedang ramai diperbincangkan di media.. Tapi gosipnya, Roro Jonggrang ikut terlibat dalam legenda Tangkuban Parahu :D
*lieur ahh baca berita... :D

Kisah tentang roro jonggrang adalah kisah kebudayaan yang ada Negeri ini, luar biasa sayang pada masa itu tidak ada kamera , andaikan ada so, paras nya pasti cantik jelita hehehhe good infonya #lestarikan kebudayaan Indonesia dan selalu kita jaga!!!

SLEMAN ini kan wilayah yang paling parah terkena dampak letusan Gunung MErapi kalau nda salah ya, Hmm. Kalau nda salah terjadinya itu tanggal 5 Nopember 2010 saat terjadinya letusan hebat di Merapi Saya sempat di Jogja pada tanggal itu, hingga tertahan lebih dari 2 minggu karena tidak ada penerbangan langsung ke Pontianak dari Jogjakarta karena bandara tertutup oleh debu.

Candi Prambanan ini belum pernah saya datangi. Sering dengar tentang Candi ini dan juga cerita tentang Legenda Roro Jonggrang yang sudah sangat terkenal itu Mungkin liburan mendatang lokasi Candi Prambanan ini bisa menjadi alternatif tujuan wisata kami sekeluaga

Cerita tentang candi prambanan dan seribu arcanya ini sudah saya dengar sejak masih duduk di bangku SD.. ceritanya menarik

Gue baru tau cerita full version setelah baca postingan ini

buat yang punya pacar jangan dibawa ke sana ya hehehe

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra Kusuma....

Begitu ya cerita legendanya asal penolakan si gadis Roro. Rugi sekali menolak kerana kasatria itu punya sakti hebat. Namun kalau sudah tidak cinta, apapun kekayaan tidak akan mengabui mata. Mudahan akan jadi pengajaran agar tidak curang atau melanggar janji kerana banyak kesan buruk yang berlaku akibat perbuatan langgar janji ini.

Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. :)
SITI FATIMAH AHMAD

oh jadi begitu ceritanya yah mas berarti yang mengaitkannya dengan tangkuban perahu itu ada kesalahan yah hehe...

Kalo ngeliat candi ini jadi inget dulu SD pernah kesana mas :)

positifnya, jadi banyak yang belajar sejarah lagi :)

Kok menurut sekjen PKS kok beda ya?
Roro Jonggrang ini katanya yang bikin tangkuban perahu... :D

saya baru tahu roro jongrang itu sosok wanita ya , aku kira nama pahlawan laki2 , :)

cerita legenda yang sering saya tonton waktu kecil dulu Kang ( layar tancap ), sayang sekarang sudah jarang legenda ini ditayangkan di televisi

Kalo yg laki2.. mungkin ROMO nya jonggrang kali mbak :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus