KOTA LAMA SEMARANG JAWA TENGAH


Menyusuri kawasan Kota Lama Semarang dimana informasi yang penulis dapatkan pada zaman dulu lokasi ini merupakan wilayah strategis di daerah pesisir utara Pulau Jawa. Pada zaman penjajahan Belanda Kota Lama Semarang telah menjadi kota perdagangan dan juga pusat pemerintahanan.

Tidak heran kalau di lokasi ini penulis banyak menemukan gedung-gedung tua yang bergaya Eropa bertaburan hampir disetiap sudut Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Perlahan namun pasti menikmati setiap ketebalan dinding-dinding tua diantara bagunan tua yang difungsikan sebagai hotel sebagai penginapan, rumah tinggal dan kantor perusahaan Jawatan. Sebuah potensi aset besar daerah Kota Semarang, yang dapat mengangkat citra perekonomian daerah masyarakatnya bila objek Kota Lama Semarang lebih dioptimalkan.

Salah satu tempat untuk melihat kebesaran Kota Semarang di masa lalu, penulis mencoba untuk menyambangi dalam penelusuran wisata kali ini di kawasan Kota Lama di daerah sekitar Johar, Semarang, Jawa Tengah. Dimana di lokasi ini penulis mendapatkan gedung-gedung antik seperti Stasiun Kereta Api Tawang, Taman Sri gunting, Gereja Blenduk, Gereja Gedangan, Nilmij, Marba, Marabunta, dan De Spiegel. Dimana kawasan ini merupakan kawasan cagar budaya yang mendapat perlindungan dari Pemerintahan Daerah Kota Semarang Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang sebuah kawasan yang dapat membawa kita untuk menyaksikan peninggalan pusat perdagangan pada zaman dulu. Terbuka untuk umum setiap harinya, kawasan objek wisata Kota Lama Semarang ini sangat menarik untuk dilihat dan dinikmati dan menjadikan cermin bagi kita bahwa amat susah yang namanya memelihara suatu situs bangunan bersejarah.

Meski bangunan tua yang berada di daerah Kota Lama Semarang di fungsikan, tidak menjamin bahwa pemakaiannya dapat sejalan dengan perawatan gedung dengan semestinya. Dari beberpa bangunan terawat, salah satunya Gereja Blenduk. Nama di plang sebenarnya GPIB Immanuel. Namun, karena kubah gereja berbentuk bulat setengah lingkaran, yang dalam bahasa Jawa local masyarakat daerah tersebut disebut "mblenduk".

Gereja Blenduk merupakan gereja umat agama Kristen tertua yang berada di Jawa Tengah. Gereja Blenduk dibangun pada tahun 1753 dengan bentuk segi delapan (heksagonal). Kubah yang menjulang dilapisi perunggu sering dijakdikan latar belakang pemotretan oleh para photographer profesional maupun amatiran. Karena dilokasi ini sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya sebuah komunitas photographer.

Dengan rasa keingin tahuan penulis tetang Gereja Blenduk ini,maka penulis memutuskan untuk mampir sejenak dalam sebuah bagunan tua tersebut untuk mendapatkan sekilias informasi tentang Gereja Blenduk tersebut. Decak kagum dalam hati penulispun terjawab sudah dengan memlihat dan memperhatikan sejanak dengan mendapatkan informasi dari salah seorang pengurus gereje tersebut.

Dimana kita dapat menyaksikan sebuah Orgel Barok yang terletak di altar gereja. Dan bangunan arsitektur Gereja Blenduk didalamnya dibuat berdasarkan salib Yunani. Dan informasi yang penulis dapatkan Gereja Blenduk pada tahun 1894 direnovasi pleh seorang bernama W. Westmaasdan H.P.A. de Wilde. Dimana hasil karyanya adalah dua menara yang berada di depan Gereja Blenduk.

Kota Lama Semarang merupakan suatu kawasan obyek wisata yang bernilai jual tinggi. Dengan penataan bangunan tua yang unik dan didukung oleh beberapa pihak baik pemerintah maupun swasta dan masyrakat, maka Kota Lama akan menjadi suatu daya tarik sebuah negeri Eropa di tanah Jawa.

Semoga pengalaman penulis dalam menelusuri Kota Lama Semarang dapat membarikan informasi pengetahuan kepada para pecinta Ejawantah Wisata untuk menambah pengetahuan tentang keunikan dan dayatarik objek wisata yang berada di daerah Kota Semarang Jawa Tengah, Indonesia.

Ikuti penelusuran penulis di Tempat Wisata Semarang


Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

32 komentar

maturnuwun Pak infonya. Pas banget sebekum ini lihat blognya Mas Sigoese yabg memajang foto stasiun Tawang. pengen maen ke Semarang jadinya

Wow, kantor Pos nya keren ya mas! Bergaya arsitektur lama dan berkesan kayak di negara mana gitu... trims liputannya mas!

Di Jakarta ada Kota Tua, ternyata di Semarang juga ada Kota Lama. Semoga heritage seperti ini dapat selalu terawat sehingga masih bisa disaksikan oleh generasi yang akan datang.

Semoga dapat memberikan kesan yang lebih untuk dapat menikmati keunikan dan kelebihan dari sebuah nilai lebih, bahwa Kota Lama Semarang memiliki suatu nilai aset potensial sebagai ilmu pengetahuan, dan juga budaya bernilai tinggi yang patut dilestarikan dan dikenal oleh dunia internasional.

Sukses selalu
Salam Wisata

Bila kita menelusuri jalan seanjang kota Lama Semarang, kita akan merasakan bahwa kita berada di suatu negeri Eropa yang tidak unik dan tidak pernah ada di dunia ini, terkeculai di Kota Semarang Mba.

Sukses selalu
Salam Wisata

Setuju Kang,dan ternyata Indonesia tidak kalah menarik dengan negara-negara Eropa.

Sukses selalu
Salam Wisata

Kalau Kota Lama Semarang pasti amat sering saya lewti Pak...
Minimal 2 minggu sekali
Malah pernah seminggu 2 kali

Dekat dengan lokasi derah Pak mars ya ? Semoga hal ini dapat ikut membantu memperkenalkan potensi daerah Jawa Tengah ya Pak.

Sukses selalu
Salam Wisata

Setelah saya lihat ada sedikit tambahan dari peninggalan zaman dulu ya Pak :)

Benar Mas, bila saja kita mau belajar dan mengingat lebih jauh dengan pikiran dan hati yang lapang, maka dari setiap banguna kuno dan unik ini banyak mengandung sejarah dan ilmu pengetahuan yang memiliki potensi besar bagi kemajuan daerah tersebut. Semoga dapat lebih maju dari pada yang sekarang.


Sukses selalu
Salam Wisata

Di Medan lebih parah, gedung tua hanya sedikit diperbaiki dan mall yang diperbanyak.

Karena letaknya di semarang saya juga seringkali melewati kota lama ini sahabat

Udah pernah si ke semarang namun cuma di kendalnya aja. di tunggu blogwalkingnya gan...

penasaran dg gereja blenduk

ikut mampir gan, liat" blognya mantep thanks salam kenal

Seandainya saja gedung-gedung tua itu banyak diperhatikan dan dirawat, maka akan menjadi suatu aset bagi daerah, dengan mengangkat sebuah citra positif untuk dijadikan objek yang menarik di sana.

Sukses selalu
Salam Wisata

Semoga Kota Lama Semarang dapat menjadi salah satu Kota dan objek yang menjadi minat para wisatawan domestik maupun internasional. Karena banyak para wisatawan mancanegara (internasional) yang berkunjung ke daerah ini. Semoga semakin indah dalam penataan dan pembenahannya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Wah,,,,,, sayang banget Sob. kurang sedikit lagi sampai di Kota Semarangnya dan dapat menikmati objek wisata yang indah dan unik dengan berbagai informasi pengetahuan yang berniali tinggi. langsung ke TKP.

Sukses selalu
Salam Wisata

Kalau main ke Semarang bisa langsung mampir ke sana Mba, dan langsung nikmati keindahan dan dapatkan informasi yang bernilai tinggi di objek tersebut.

Sukses selalu
Salam Wisata

Salam kenal :)
Telepon Semarang situs iklan baris gratis link dofollow ads dan link profile

Waktu SMP saya pernah bersekolah di Semarang, namun tak pernah menyisir daerah2 kota tuanya Pak Indra. Kayaknya saya melewatkan sejarah disini. Nanti kalau balik lagi mau tak telusuri apa2 yg ditulis diatas ah. Thanks ya Pak..

Salam kenal kembali Sob.

Sukses selalu
Salam Wisata

Salam kenal kembali.

Sukses selalu
Salam Wisata

Semarang punya banyak peninggalan sejarah ya pak, yg saya tahu kok cuma lawang sewu tok :).

Silahkan mampir lagi Mba, karena disini akan banyak informasi bagi para kreasi seni dalam menuangkan disetiap kreatifitasnya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Banyak objek menarik yang terdapat di Semarang Mba, namun sayang waktu perjalanan wisata saya hanya terbtas beberapa objek wisata Kota Semarang. Karena artikel yang dibuat sambil melakukan pekerjaan. Jadi sambil menyelam minum air. He...x9

Sukses selalu
Salam Wisata

kota tua seperti ini harusnya di lestarikan ya :)

baguslah kalau Semarang masih memelihara dan menjaga sebahagian kotanya dalam wajah lamanya, tidak seperti kota makassar yang drastis berubah full dengan mall-mall dan bangunan modern, sehingga hampir tak ada jejak bangunan kuno yang tersisa :-)

Benar Sob, dan setiap daerah yang memiliki kota lama yang menyimpan histori sejarah dan bangunan tua yang unik dan lama ila bisa melestarikan dan menjaga bentuk dan membangun tempat itu untuk dijadikan objek edukasi, maka setiap daerah akan memiliki potensi edukasi sebagai daya tarik para wisatawan domestik dan mancanegara, dan secara otomatis akan berpengaruh kepada taraf hidup dan kecerdasan masyarakat daerah tersebut nantinya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Benar kang, bangun kuno bukan berarti tidak berguna dan bermanfaat untuk memberikan devisa daerah. namun bila diperhatikan dan digali sebuah potensi dari edukasi akan banyak memberikan kontribusi untuk setiap daerah yang memperhatikan dan meningkatkan potensinya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Semoga pemerintah setempat senantiasa melestarikan Kota Tua Semarang
Salah satu tempat yang paling saya senangi adalah kota tua, kalau di Bandung disekitaran Jalan Braga

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus