TAMAN SARI YOGYAKARTA

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/09/taman-sari-yogyakarta.html
Taman Sari Yogyakarta sering di kenal dengan nama Istana Taman Sari. Lokasi dari objek wisata Taman Sari Yogyakarta ini terletak di sebelah barat Keraton Yogyakarta. Belum lengkap rasanya bila kita mengunjungi Yogyakarta dan mengunjungi Keraton Yogyakarta tanpa mengunjungi Istana Taman Sari Yogyakarta ini.

Kenapa bila kita mengunjungi Keraton Yogyakarta tanpa mengunjungi Istana Taman Sari Yogyakarta ini kurang lengkap ?.......

Karena Taman Sari Yogyakarta merupakan taman kerajaan atau yang sering disebut pesanggrahan Sultan Yogyakarta bersama keluarganya. Dan merupakan rangkaian sarana dan fasilitas kerajaan Keraton Yogyakarta yang menyimpan banyak sejarah perjalanan dari keluarga besar Keraton Yogyakarta.

Informasi yang penulis dapatkan di lokasi, Isatana Taman Sari Yogyakarta dibangun pada masaa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I, dan proses penyelesaian dari bangunan Istana Taman Sari ini di lakukan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Ada hal yang menarik di lokasi Taman Sari Yogyakarta ini. Dimana lokasi Umbul (mata air) Pacetokan atau nama lain dari Istana Taman Sari Yogyakarta ini menjadi salah satu pertimbangan penting bagi penentuan letak lokasi Keraton Yogyakarta pada masa penembahan Senopati.

Istana Taman Sari Yogyakarta ini bukan hanya sekadar taman tempat rekreasi keluarga kerajaan pada zaman tersebut, namun tempat ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan dan pengintaian musuh kerajaan. Selain itu,

Taman Sari ini juga dijadikan tempat meditasi bagi raja Yogyakarta, tempat para selir raja dan putri-putri raja untuk membatik. Walau terlihat tidak terlalu luas lokasi Taman Sari ini juga pernah dijadikan tempat berlatih kemilteran tentara kerajaan Yogyakarta.

Sebelum atau sesudah mengunjungi objek wisata Taman Sari Yogyakarta, ada baiknya teman-teman dan sahabat Ejawantah Wisata juga menelusri objek wisata Masjid Bawah Tanah Yogyakarta yang letaknya tidak jauh dari lokasi Taman Sari Yogyakarta.

Semoga infromasi yang penulis dapatkan dari kunjungan di lokasi wisata Taman Sari Yogyakarta ini, dapat memberikan informasi tentang sejarah objek wisata ini sebagai objek wisata yang bernilai sejarah bagi kita untuk mengenal lebih dekat objek wisata Taman Sari Yogyakarta.



Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

24 komentar

Beberapa kali ke Jogja, belum pernah mengunjungi Masjid Bawah Tanah Yogyakarta, kalau ke Jogja lagi akan kami sempatkan kesana, trims infonya tentang Masjid Bawah Tanah Yogyakarta

Belum pernah ke Jogja, informasi menarik sebagai acuan jika ada kesempatan mampir di Jogjakarta

salam dari pamekasan madura

biarpun kurang lengkap, aku malah belum pernah masuk kesana. padahal sering ke alun alun kidul. hahah...

saya juga baru dengar Pak Indra, kalo ada masjid bawah tanah. Jadi penasaran nih, saya catat kalo ke jogja pingin juga ke sana

wah.. kapan ya aku bisa ke Jogja...

bisa dijadikan pilihan nih kalau datang ke yogja..

Mesjid bawah tanah? wah.. baru tahu...

Silahkan Kang Edi dan Pak Ies, nanti kalau ke Yogya lagi bisa mampir ke sana.

Salam wisata

Yuk ke Yogya Kang.

Salam wisata

Jangan terlalu lengkap Kang, nanti malah tidak membuat orang penasaran mau ke sana. He,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Jangan sampai ketinggalan Sob, Yogya memang indah.

Salam wisata

Yuk ke Yogya, nanti kalau ke sana jangan lupa mampir ke sana ya Sob.

Salam wisata

kayak di tuban aja nih pak indra ada masjid bawah tanahnya

taman sari ini mengingatkan saya pada rumah makan di jenu tuban sana, tempat jujukannya bis malam baik kru maupun penumpang untuk mengambil jatah makan.
heheehe. Saya baru tahu nih pak tentang masjid di bawah tanah ini. mungkin tidak sepopuler alun alun kidul ya pak

He,,,, he,,,, he,,,,, bagi yang suka menjadi petualang malam

Nama majid bawah tanah di Taman Sari memang sudah banyak dikenal mas, namun biasanya para wisatwan keasyikan menghabiskan waktunya di Keraton Yogyakarta, dan kalau sudah ke Yogyakarta biasanya para wisatwan yang diingat dan mau ditelusuri belanja di Malioboro. Jadi lokasi ini jarang di ingat. He,,, he,,, he,,,,,,


Salam wisata

Kalo ini dekat rumah, tapi selama bertahun2 tinggal di Jogja, baru 2 kali kesana.. hehehe :D itupun bawa tamu.. :)

betapa senangnya saya membayangkan indahnya taman sari yogyakarta,,, namun sayang,,, hingga kini saya blm kesampaian ingin berkunjung ke kota yogyakarta yg damai dan asri,,,
thanks utk info yg bermanfaat...

Kalau gitu bisa mampir dong nanti bila saya ke Yogyakarta lagi mas. He,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Sama-sama Mba, semoga bisa menjadi refrensi bila nanti hadir di kota Yogyakarta.

Salam wisata

kalau jalan-jalan ke jogja saya sering mas, tapi kalau berkunjung ke tamansari belum pernah hehehe :D jadi penasaran ingin ke taman sari :) sepertinya cukup menarik tempatnya :)

Kalau dari pengalaman saya pribadi objek ini cukup menarik dan klasik Mba, apalagi jalan menuju ke lokasinya, kita bisa menelusuri kampung Kauman. Semoga nanti kalau kembali ke Yogyaka bisa mampir ke objek wisata ini ya.

Salam wisata

Saya pernah ke Taman sari, dan sampai ke ruang yg modelnya kayak gua-gua itu. Tapi tdk tahu klo ada mesji di bawah ya..

#sayangnya dokumentasi saya kebawa ilang di lappi yg lama, Hiks

Kan sekarang tinggal di Yogya Mba, jadi gampang kalau ke Taman Sari bisa mampir ke masjid bawah tanah di sana. He,,, he,,, he,,,,,

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus