ASURANSI PERJALANAN SALAH SATU SOLUSI KEBUTUHAN WISATAWAN

Tujuan perjalanan wisata merupakan salah satu tujuan kita untuk berlibur. Namun kita tidak bisa lepas dari hal-hal kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, cuaca buruk yang memaksa transportasi selama perjalanan wisata atau pun pada saat kita berada di lokasi wisata tidak bisa beraktivitas. Atau bahkan nyawa yang terancam karena situasi kerusuhan yang terjadi pada saat di lokasi wisata. Dengan beberapa alasana inilah asuransi perjalanan sangat di perlukan bagi kita yang akan melakukan perjalanan wisata, dan hal ini merupakan salah satu dari kebutuhan para wisatawan.

Dari pengalaman pribadi  dan beberapa rekan saya, keuntungan membekali diri dengan sebuah asuransi perjalanan untuk memberikan perlindungan dalam hal biaya ganti rugi tak terduga selama melakukan perjalanan wisata itu sangat di perlukan. Hal ini agar kita dapat menghindar dari situasi dan kondisi dari hal yang tidak diinginkan sebagaimana yang di alami saya bersama rekan-rekan pada saat bertugas sebagai tour leader untuk mengawal perjalanan wisata di beberapa tempat lokasi daerah Indonesia.

Untuk menghindari situasi dan kondisi yang akan dialami oleh para calon wisatawan biasanya saya menyarankan agar mereka segera mendaftarkan diri ke salah satu perusahaan asuransi perjalanan, baik untuk urusan bisnis atau pun perjalanan wisata yang akan di lakukannya. Hal ini merupakan salah satu peranan tour leader dalam memberikan pelayanan kepada para wisatan dalam mempersiapkan mereka untuk melakukan perjalanan wisata. Untuk mengetahui hal-hal tentang asuransi perjalanan yang akan di rasakan oleh para pemiliknya anda dapat mengetahui dari beberapa keterangan di bawah ini yang saya dapatkan dari salah satu perusahaan asuransi perjalanan yang ada di Jakarta.
  • Kenali beberapa hal yang dijaminkan dari produk asuransi perjalanan. Pada dasarnya, semua peruhaan asuransi perjalanan memiliki kebijakan atau company policy yang hampir sama. Hal yang di jaminkan biasanya meliputi kerugian atau pun kecelakaan yang di lamai diri kita pada saat melakukan perjalanan wisata di suatu daerah atau negara. Misalnya ; kecelakaan diri, sakit, dan biaya medis lainnya. Hal lain diluar dari musibah kepada diri kita, biasanya pihak perusahaan asuransi perjalanan juga menawarkan jaminan hilangnya biaya tur yang telah kita bayar sebelumnya dari akibat resiko pembatalan atau pemendekan durasi jadwal perjalanan karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan wisata, termasuk santunan biaya akomodasi akibat penundaan jam penerbangan yang di sebabkan masalah teknis dari maskapai penerbangan yang bersangkutan, bahkan sampai barang yang tertinggal di pesawat terbang, pembajakan pesawat, kehilangan, kerusakan atau tertinggalnya bagasi.
  • Kenali beberapa hal yang tidak dijaminkan oleh premi asuransi perjalanan yang akan kita beli. Biasanya suatu produk asuransi perjalanan tidak akan menjamin kepada para pemegang polis asuransi bila kita melanggar dari hal yang telah di tentukan dalam penandatanganan kontrak pada saat kita akan mengajukan polis asuransi perjalanan, seperti bencana alam, nuklir, perang, dan larangan pemerintah setempat untuk berkunjung ke suatu wilayah negara tersebut yang sedang terjadi konflik. Hal ini di sebabkan di luar dari jangkauan perlindungan asuransi perjalanan. Bagitu juga dengan resiko kehilangan barang berharga, misalnya ; perhiasan atau uang, kecelakaan pada saat  melakukan olahraga ekstrem, seperti bungee jumping, berkuda, menyelam, dan lain-lain.
  • Kenali bagaimana saat kita akan mengajukan klaim kepada pihak perusahaan asuransi perjalanan yang akan kita pergunakan. Hal ini akan mempermudah diri kita atau pun pihak keluarga untuk mengurus klaim asuransi perjalanan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita dan keluarga. Biasanya hal yang harus kita lakukan adalah melapor kepada pihak perusahaan asuransi usai melakukan perjalanan wisata, segera datangi kantor perusahaan asuransi dan ikuti prosedur pengajuan klaim dengan cara mengisi formulir klaim yang dilengkapi dokumen penting yang mendukung proses klaim, seperti fotokopi tiket penerbangan (e-tiket), boarding pas acli, fotokopi halaman paspor, fotokopi paspor pada halaman di mana resiko terjadi.

Setelah kita mengetahui beberapa dasar poin terpenting tentang asuransi perjalanan seperti yang tertera di atas, barulah kita mengetahui cara memperoleh asuransi perjalanan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kita selama melakukan perjalanan wisata.

  • Pastikan bahwa biro perjalanan wisata di mana anda membeli paket perjalanan wisata telah menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan asuransi perjalanan. Hal ini akan mempermudah bila terjadi sesuatu pada saat perjalanan wisata agen biro perjalanan akan membantu mempermudah dan mempercepat proses pengajuan klaim asuransi perjalanan, dengan meminta bantuan pihak asuransi untuk menghubungi pihak keluarga di rumah. 
  • Pastikan juga, paket perjalanan yang anda bayar telah disertai asuransi perjalanan.
  • Pastikan anda membeli asuransi perjalanan di agen yang tepat. Asuransi perjalanan bisa dibeli melali agen asuransi, agen travelm atau online yang menawarkan pruduk asuransi perjalanan untuk keperluan anda selama perjalanan wisata atau pun bisnis, dan
  • hal yang paling penting pastikan data tentang diri kita yang dimasukan oleh agen asuransi atau pun agen biro perjalanan dalam mengajukan asurasni perjalanan adalah data yang benar. Tidak ada salahnya bila kita melakukan cek kembali dari daftar isiannya sebelum membayar.
Walaupun tidak ada peraturan yang mewajibkan perjalanan wisata atau bisnis harus memiliki asuransi perjalanan, ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatu sebelum hal yang buruk terjadi kepada diri kita. Terutama bila kita akan melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.

Dari pengalaman saya, biasanya pihak kedutaan besar suatu negara yang akan kita kunjungi, mereka akan memproses lebih cepat berkas pengajuan visa bila di sertai polis asuransi perjalanan. Dan hal ini termasuk daftar dokumen yang diperlukan dalam pembuatan visa keluar negeri yang diberlakukan hampir di setiap kantor kedutaan besar negara yang akan kita kunjungi. Dengan melengkapi dokumen polis dari asuransi perjalanan, kita akan dianggap seius dan profesional. Sehingga pihak kedutaan besar tidak akan ragu untuk menyetujui visa kunjungan yang kita ajukan.

Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi perusahaan asuransi atau pun biro perjalanan wisata yang bekerjasama denga perusahaan asuransi perjalanan terdekat di wilayah anda. Semoga informasi asuransi perjalanan ini dapat menjadi salah satu solusi kebutuhan kita selama perjalanan wisata untuk meringankan beban biaya dan kepengurusan bila suatu hal yang tidak diinginkan terjadi.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

46 komentar

Biasanya kalau saya mau pulang pergi Sampit-Surabaya dan Surabaya-Malang ... asuransi yang saya teken adalah asuransi jasaraharja ... atau biasanya ditawari yang lain, di pesawat. saya lupa namanya ... tapi yang jelas itu memang sangat bermanfaat. Jaga-jaga menjamin biaya kesehatan jika laka. Naudzubillah sih. jangan sampai kena laka.

asuransi memang sangat penting, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan nanti. itung itung buat buang sial saja ya Pak, kan kita juga tidak mengharapkan dapat santunan dari pihak asuransi :)

Wah penting nih, mengingat saya kalau jalan atau traveling itu sendirian :D
tapi kalau asuransi buat jaminan tersasar ada ga ya xD

bagaimanapun perlindungan sangat perlu untuk jaga-jaga ya pak

dengan adanya asuransi , orang akan semakin nyaman dan merasa aman hehe

wah klau saya bertraveling biasanya bagian asuransi di pisah sama mereka,, jadinya msti daftar lagi utk asuransinya.. padahal bnyak keuntungan yg bsa dirasakan pengguna demi keamanan dan kenyamanan pengguna selama perjalanan.. nice share mas :)

Penting untuk selalu di ingat bagi orang2 yang suka bepergian :)

Selamat pagi Pak Indra

Benar kang, masyarakat hanya tahu mengenai satu nama yang sering di pergunakan oleh jasa transportasi, namun sebenarnya masih ada banyak manfaat yang seharusnya bisa di dapatkan untuk para traveler yang akan melakukan perjalanan wisata. Karena sebuah asuransi perjalanan merupakan salah satu solusi penting bagi para pemanfaat perjalanan wisata atau pun bisnis selama melakukan perjalanan.

Salam,

Asuransi perjalanan bila diterapkan dengan tepat bagi para penikmat atau pun orang yang akan melakukan perjalanan wisata, maka ia akan banyak membarikan manfaat yang besar bagi para penggunanya loh Kang. he,, he,, he,,,

Salam wisata,

Kalau jalan-jalan traveling sendirian apalagi Sob, malah lebih menghawatirkan bila kita tidak ikut program asuansi perjalanan yang menjadi solusi untuk sesuatu kejadian yang tidak diinginkan, kalau jaminan untuk wisatawan yang nyasar mungkin ada kali Sob, langsung ke kantor polisi aja. pasti ketemu jawabannya. he,, he,, he,,,

Salam wisata,

Beanr Bang munir, perlindungan akan sebuah polis asuransi perjalanan memang suah menjadi salah stu solusi untuk membantu para pengguna jasanya.

Salam wisata,

benar kang, dengan memiliki asuaransi perjalanan para pengguna jasanya akan terkaver semua sesuai dengan penandatangan kontrak di polis asuransinya.

Salam wisata,

Benar mas, jadi para calon wisatawan dapat merasakan perjalanan wisata dengan rasa aman dan nyaman bila semua telah terkaver proteksi dengan pilihan pada saat penandangatangan polis asuransi perjalanan yang di belinya.

Salam wisata,

Selamat pagi juga Mba.......

Semoga bisa bermanfaat bagi setiap orang yanga akan melakukan perjalanan wisata mau pun perjalanan usaha dari informasi artikel asuransi perjalanan ini ya Mba.

Salam wisata,

perlindungan insurance penting jika ditimpa kecelakaan atau kemalangan..

kunjungan balik kang, salam kenal kembali.

asyik ni kang .. kalau ada asuransi kita merasa diperjalanan lebih aman dan saya rasa asuransi memang piliha yang tepat .. soalnya saya pernah mengalami suatu kali mobil diserempet orang saya kan tidak mengasuransikan mobil saya terpaksa saya gak bisa ganti karena tahu aja kan harga pintu mobil itu mahal..

selamat pagi kang admin ;)

asuransi penting karena org semakin merasa nyaman dan aman tentunya ;)

benar sekali ka, apalgi bila hal ini tidak di persiapkan kepada diri kita yang akan melakukan perjalanan wisata dengan suatu keadaan yang tidak menentu di jalan. Jadi asuransi perjalanan inilah yang menjadi salah satu solusi kebutuhan bagi para wisatawan nantinya.

Salam wisata,

Benar Mba Frska, dengan perlindungan asuransi maka biaya yang kita keluarkan untuk sebuah polis asuransi tidak sebesar dengan biaya yang akan kita keluarkan pada saat kita terkena musibah. Walau pun kita tidak akan pernah mau terkena musih ya. kalau bisa sih jangan, tapi siapa tahu dengan nasib buruk yang akan menimpa kita di kemudian hari. tidak ada yang tahu juga sih. he,, he,, he,,

Salam wisata,

Benar Sob, dengan asuransi perjalanan kita akan menjadi aman dan nyaman selama perjalanan sehingga kita dapat menikmati perjalanan liburan kita bersama keluarga atau pun kerabat.

Salam wisata

Kalau ada asuransi perjalanan kita menjadi lebih nyaman dan was - was. tapi bukan pengen celaka ya mas, kan buat jaga - jaga hehehe

aku kok malah ga tertarik ikutan asuransi semacam ini.. mungkin krn jarang melakukan jalan2 kali yah.. yg aku ikutin skrg sih cuman asuransi dana pendidikan untuk anak2 saja..

Benar Kang, namanya juga buat jaga-jaga kan tidak ada salhnya kalau kita mempersiapkan diri dari suatu hal yang tidak diinginkan ya.....

Salam wisata,

Iya Mba, saya memang tidak pernah jalan-jalan. Terimakasih atas komentarnya.

Salam wisata

saya pelajari Mas.
penting sih memang ya Mas. cuma kalo dari sisi skala prioritas buat saya, mungkin saya akan pelajari dulu,

pak indra jago banget...untuk memproteksi diri dari hal kecelakaan atau hal lain yang merugikan perlu di asuransikan. Dan betul langkahnya harus jeli dengan mengenali bentuk asuransi dan bagaimana cara mengklaim apa saja yang bisa di klaim.
saya pernah di tawari asuransi satu hari dalam bentuk vocher pak, kata espegehnya sih khusus untuk wisatawan. jadi kita tidak perlu bayar mahal untuk memproteksi diri kita

saya pernah pak jalan-jalan.
jalan - jalan ke hati pak indra.
glek..nelan panci.

Tapi kalau beli tiket pesawat itu biasanya udah termasuk asuransinya juga kan kang...???? Soalnya di bandara masih ada yang nawari asuransi, kadang saya ambil kadang juga nggak :D

Ha,, ha,, ha,,, jangan salah jalan ya Kang ?

Benar Kang lebih baik pelajari terlebih dahulu untuk setiap produk yang di tawarkan dari jasa asuransi perjalanan, jangan langsung terima tanpa kita mempelajarinya. Makasih Kang Zech atas kunjungan dan komentarnya.

Salam,

Lebih baik di pelajari dan di telusuri dulu kang, dan jangan mudah mengambil keputusan walau memang hal ini juga merupakan salah satu kebutuhan kita dalam memproteksi diri dengan asurasni perjalanan. Yang sering di lupakan oleh kita biasnya mengetahui lebih jauh dari sebuah produk asuransi yang ditawarkan hingga prose untuk pengklaiman polis pada saat terkena musibah. (walau tidak ada yang mau satu orang pun yang terkena musibah ya kang) he,, he,, he,,,

Salam wsata

wah ternyata ada juga ya asuransi perjalanan, menarik sob

dan jangan tergoda juga hanya karena espegenya cantik2 ya pak heheheh

terima kasih penjelasannya pak...sangat mendetil sekali, ini bisa menjadi panduan bagi saya kalau suatu saat memilih memakai jasa sebuah asuransi untuk perorangan...karena kalau dari perusahaan kan biasanya sudah otomatis langsung didaftarkan ya hehe, baru mungkin bisa mempelajari service yg diberikannya belakangan

Salah satu kelemahan konsumen untuk membeli polis asuransi perjalanan biasanya dengan rayuan agen dari yang cantik Kang. he,, he,, he,,,

Asuran perjalanan yang ada biasanya hanya ada di tiket bus Kang. Dan itu pun sudah terproteksi secara langsung dari jasa angkutan kota dan antar kota. he,, he,, he,,,

Salam wisata

semoga panduan dari arikel untuk mengenal asuransi perjalanan ini bermanfaat untuk yang memerlukanya ya Kang.

Salam wisata

Baru tahu soal asuransi perjalanan.... biasanya cuma tahu kalau di tiket pesawat sudah ada asuransinya ... gitu aja
thanks ya infonya mas Indra

Yang namanya asuransi sangat penting sekali,apalagi saya yang setiap bulanya mondar mandir antara Jawa Barat dan Jawa Timur,kalau bicara keselamatan siapa sih yang berharap hehe,,,itu semua sudah diatur oleh yang haha kuasa,,,,,

wah wah asuransi di indonesia gimana yang kira-kira :D

selamat pagi kang ;) ijin nyimak yg kedua kalinya nih :D

aku malah suka bingung, pak...
kalo ada kejadian klaimnya gimana ya. orang dari kartu kredit udah dicover asuransi, maskapai juga kasih, jasa raharja sudah pasti, belum lagi yang suka rese nawarin di ruang tunggu bandara. emang rumah sakit mau bikin kuitansi dobel-dobel gitu atau cukup satu kuitansi difotokopi untuk klaim sana sini..?

iya sebaiknya memang harus punya asuransi. Sehingga kalau terjadi apa-apa di jalan, sudah ada jaminan dari pihak asuransi ^^

bagi traveler memang benar asuransi perjalanan cukup penting
semoga banyak treveler semakin tahu banyak selain hanya tentang asuransi Jasaraharja :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus