WISATA KULINER BAKSO URAT SAPI

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/12/wisata-kuliner-bakso-urat-sapi.html
Wisata kuliner bakso urat sapi bisa kita nikmati di kawasan yang menyediakan jajanan makanan bakso urat sapi. Dan biasanya kalau kita sedang jalan-jalan kita selalu menemukan warung bakso di pinggir jalan atau pun di dalam sebuah restoran yang menyediakan menu masakan bakso urat sapi.

Perjalanan wisata memang tidak bisa lepas dari sutu konsep hiburan dan makanan, namun bukan berarti kita juga dengan mudah memilih warung atau pun rumah makan khusus bakso yang dapat kita nikmati, karena ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih dan menilai sebuah warung bakso urat yang banyak beredar di kalangan masyarakat. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat beberapa tips untuk memilih rumah makan yang bisa menjadi refrensi pegangan kita pada saat kita menjajaki wisata kuliner Indonesia.

Menu makanan bakso urat merupakan salah satu kuliner ringan yang dapat membantu kita dalam hal mengganjal perut untuk sementara. Tapi kalau makan bakso uratnya menjadi 2 (dua) porsi bukan lagi untuk mengganjal perut ya..... ha,,,, ha,,, ha,,,,

Menelisik asal-usul makanan bakso
Bakso urat sapi terkenal menjadi menu makanan kegemaran dari setiap golongan masyarakat. Dari masyarakat bawah hingga pejabat suatu negara pun suka dengan menu makanan bakso sapi ini. Bila menelisik dari sejarahnya bakso memiliki akar dari seni kuliner orang Indonesia keurunan Tionghoa, hal ini dapat ditunjukkan dari istilah bakso yang berasal daari kata Bak-So (bahasa Hokkien)  yang berarti daging giling.

Dikarenakan mayoritas masyarakat penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umumnya terbuat dari daging giling yang halal, seperti daging sapi, ikan, dan ayam. Untuk di Indonesia sendiri yang saya tahu tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang, maka sering kita temukan pedagang bakso Malang. Dan untuk rasanya bakso-bakso yang sering kita temukan memiliki rasa dan khas bakso Jawa yang kini di kenal dengan bakso khas rasa Indonesia.

Dan bagi anda yang sedang menikmati wisata di kawasan daerah Solo, ada baiknya anda mencoba bakso urat sapi khas Solo yang terkenal yangdapat anda temukan di kawasan "Galabo" yang berada di pusat kota Solo.

Namun, bagi anda penikmati wisata kuliner khususnya menu makanan bakso ada baiknya anda meneliti bahan pembuatan dari bakso tersebut, terutama hindari bakso yang terbuat dari bahan campuran boraks atau bleng. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang terbuat dari borak dalam urun waktu 5-10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Hal ini pernah menjadi pemeberitaan di tengah-tengah masyarakat dan di umumkan melalui segala media cetak maupun elektronik.

Agar rasa aman dan nyaman anda dalam menikmati bakso urat sapi, ada baiknya anda melakukan pembuatan bakso urat sapi sendiri untuk anda hidangkan bersama keluarga dan kerabat anda, atau anda dapat memesan bakso urat sapi pada warung bakso yang sudah menjadi langganan anda atau kerabat anda.

Bagi anda yang akan membuat sendiri bakso urat sapi, anda dapat mengikuti beberapa langkah dan resep yang  selalu keluarga saya gunakan dalam hal membuat bakso sapi urat :

Siapkan bahan-bahan untuk membuat bakso urat sapi.
  • 200 gr daging sapi yang berurat, potong dagingnya secara kasar.
  • 50 gr es batu yang di pecahkan.
  • 50 gr tepung tapioka.
Untuk proses cara pembuatan Bakso urat Sapinya adalah ;
  • Masukkan campuran bahan-bahan tersebut di atas seperti daging, es batu yang sudah dipecah, bawang putih dan bawang merah, bubuk merica, penyedap rasa dan garam halus menjadi satu adonan. Aduklah bahan-bahan adonan tersebut hingga rata, agar semuanya tercampur dengan rata.
  • Masukan tepung tapioka, sampai tercampur rata dalam pengaduk adonan.
  • Ambilah adonan bakso secukupnya dan letakkan pada telapak tangan, kepalkan sambil ditekan agar adonan bakso tertekan keluar melalui rongga jari jempol dan telunjuk. Lalu ambilah adonan tersebut dengan menggunakan sendok.
  • Letakkan bola bakso kedalam panci air panas, ulangi lagi cara membuat bakso hingga adonan tidak tersisa. Rebuslah bakso dengan api kecil, setelah bakso mengapung, angkat lalu tiriskan.
  • Untuk bakso yan besar kita dapat membelah tengah baksonya dengan menggunakan pisau yang tajam, hal ini agar bagian dalam masak hingga rata.

Sedangkan untuk bumbu-bumbu membuat bakso urat adalah ;
  • 1 sdm bawang putih di goreng lalu di haluskan.
  • 1 sdm bawang merah di goreng dan dihaluskan.
  • 1/4 sdt penyedap ras jika diperlukan.
  • 1/2 sdt bubuk merica.
  • 1/2 sdt garam meja halus.

Sedangkan untuk pembuatan kuah bakso bahan-bahan yang kita perlukan adalah ;
  • 1 liter air.
  • 1 sdm bawang putih yang digoreng lalu di haluskan
  • 1,5 sdm bawang merah yang digoreng dan dihaluskan.
  • 1 sdt bubuk merica.
  • 1/4 sdt penyedap rasa jika di perlukan.
  • 1 sdt gula pasir.
  • Garam secukupnya.
Bumbu-bumbu tersebut di atas di campur lalu diaduk hingga rata dalam panci dengan air putih hingga kuahnya mendidih dan matang.

Untuk pembuatan bakso urat sapi, saran saya pergunakanlah daging sapi dengan kualitas terbaik, yaitu daging sapi yang masih segar berwarna merah segar, dan memiliki tekstur daging yang bagus atau elastis. Untuk mengethaui tekstur daging bagus kita bisa mengetahuinya dengan menekan daging dengan jari, daging yang bagus teksturnya akan kembali seperti semula, daging padat dan tidak gembur karena banyak mengandung air.

Mudah bukan untuk membuat bakso urat sapi ini. Bila sudah jadi anda dapat mencampurnya dengan mie kuning dan mie putih, ditambah dengan sedikit sayuran sesuai selera anda. Dan sebaiknya bakso uat sapi ini di nikmati pada saat masih dalam keadaan panas. Selamat menikmati wisata kuliner dengan menikmati bakso urat sapi.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

69 komentar

bakso urat sapi khas solo sangat terkenal juga di kota surabaya, saya dulu sering makan disana, hehehe :) disana disebut bakso solo ^^
jadi pingin bakso nich saya, hehehe :)

Kalau urusan dengan makanan bakso urat sapi pasti kalangan wanita paling cepat mengetahui di mana lokasi yang paling nikmat untuk menikmati jajanan ini.

Salam wisata

Saya salah satu penikmat bakso solo, khususnya bakso urat. Rasanya kurang lengkap jika jalan-jalan tanpa mampir di warung bakso solo... hmmmm

Beuh, postingan ini mengingatkan saya bahwa saya belum sarapan. Saat di Cikarang dulu saya merintis usaha bakso seperti ini dan sempat sampai ada 5 cabang.

Bakso urat sapi memang enak untuk dinikmati kang bersama keluarga dan rekan-rekan, apalagi bagi yang suka akan makanan kuliner seperti ini.

Salam,

Silahkan Kang sarpan dulu sebelum memulai aktifitas, dan semoga usaha yang sedang dijalankan dan dirintis Kang Haris dapat berkembang maju. Tunggu tanggal mainnya saya nanti akan ke warungnya Kang Haris.

Salam wisata

Bakaso solo ini memang sangat luar biasa..terkenal enaknya juga...dikota saya juga banyak cabangnya mas....jadi ngiler nih lihat baksonya...

Tiba2 laperrrrrr, sabar sabar blm waktu nya makan siang.

bakso urat paling favorit, makjleb ketika digigit..

makanya kok banyak bakos itu khas solo..
eh pak ngomong-ngmong sudah pernah ke bakso urat pak peler apa belum pak indra?
hehehehe..lihat namanya aja ngeri kan, tapi itu ada di solo pak...saya belum pernah sih

Wah kalo udah denger baso saya jadi ngiler nih hehe, makasih resepnya...

wah klo kesolo boleh dicoba nih

bakso saya suka sekali pak, Alvin juga :)

wah jadi laper ni kalau kunjung ke blog mas indra

wah kalau bakso urat sapi ini saya malah belum pernah nyoba mas. Tapi kalau kepala sapi sih udah pernah hehe :D
baksonya sih murah tapi daging sapinya yang agak mahal harganya hmmmm :)

bakso urat emang wenak mas.. artikelnya bikin saya lapar aja hehe.. ( -,-)/

saya suka sekali dengan bakso...hehe

tapi sekarang takut baksonya mengandung pormalin..xixi

nikmat sekali kelihatannya MAs waduh jadi pingin berhebti vegetarian kalau gini

jadi terbayang kenyalnya bakso urat solo

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra....

Namanya sahaja membuat saya hilang selera...hehehhe. Kok urat juga dimakan ya. Saya biasa juga makan bakso tetapi bakso ayam atau daging sapi. Kebiasaannya ia sudah dibentuk seperti "bebola" ya mas. Dalam filem Ketika Cinta Bertasbih 2" juga adanya nama Bakso Cinta kerana bentuk "love" nya. Memang enak.

Thanks kerana saya jadi tahu asal usul nama Bak-So nya.
Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

SITI FATIMAH AHMAD

kayaknya di daerah saya jarang yang jualan bakso urat sapi ini, mungkin karena harga daging nya yang bisa dibilang cukup mahal. Mungkin kalau kepengen bisa coba masak sendiri ya mas. Tinggal mempraktekkan resep diatas. Pasti bakalan maknyus hehe :D

Bakso Urat sapi rasana mantap. Aku baru tahu jika kata bakso dari bahasa Tionghoa.

assalamu'alaikum mas indra, saya jd ngiler lihat baksonya. salam perkenalan mas indra, bila tdk keberatan silahkan mas indara lihat2 di web saya, barangkali mas indara mempunya anak, adik tau keponakan yang msh kecil, ini saya tawarkan vcd interaktif untuk anak2, bagus sekali untuk mendidik dan membangun karakter islami anak sejak dini, semoga bermanfaat dan semoga mas tertarik, terima kasih dan mohon maaf bila mas indra tdk menyukai tulisan saya ini

Ko' jadi laper gini ya ? ? ? ?:D:D::D

Bakso urat emang enak, bakso disukai siapapun terutama para kaum hawa. Tapi sy juga suka :) Khasnya terdapat diuratnya.
Thanks resepnya. :)

Bisa langsung di coba dengan resep bakso uratnya Mba, dan kalau sudah matang nanti di bawa kemari ya. he,, he,,he,,,

Salam wisata

Kalau sudah tiba waktunya nanti juga habis bakso urat sapinya Sob.

Salam wisata

Empuk bakso urat sapinya Kang. terasa eunak sampai gigitan terakhir.

Salam wisata

Ko nama bakso urat Pak Peler sih kang ? boleh juga tuh nanti kalau ke Solo lagi bisa mampir ke sana.

Salam wisata

Resp bakso urat sapinya eunak tenan Kang, dan bisa langsung di coba.

Salam wisata

Kalau belum sempat ke Solo, juga bisa bikin sendiri Sob dengan mengikuti resep bakso urat sapi yang ada di atas. Semoga bermanfaat.

Salam wisata

memang pas ko di lidah bakso urat sapi ini, bisa langsung di coba Kang resepnya.

Salam wisata

Tapi kalau di buat sendiri kan bisa di cegah Sob, makanya langsung di lapiri resep bakso urat spi yang bisa langsung di praktekkan. jadinya bakso urat sapi ini aman.

Salam wisata,

Bisa langsung di praktekan Bang munir resep bakso urat sapinya. jadi bisa dinikmati bersama keluarga nantinya.

Salam wisata

Pati ketagihan kalau sudah mencoba bakso urat sapi Solo ini, apalagi kalau dibuat sesuai dengan resep bakso urat sapi yang tertera di atas.

Salam wisata

Walaikumsalam Wr. Wb.....

Iya bunda bakso memang bisa dibuat dari berbagai macam pilihan daging sesuai selera dan kebutuhan. Namun, khusus bakso yang ini, di pilih daging yang memeiliki urat pada hewan sapi, rasanya pun pasti berbeda. Lebih enak sih bagi yang suka makan daging urat sapi. Apalagi bila di hidang dengan keadaan masih panas.

Semoga bermanfaat ya bun, dan bisa di coba resep bakso urat sapi ini nanti di rumah untuk dinikmati bersama keluarga.

Salam wisata

Makanya salah satu tips kalau mau aman amakn bakso urat sapi, biasanya kita bisa melihat dari harga bakso yang di jualnya Mba, kalau harganya murah dan tidak masuk akal, mending jangan di makan atau di beli, takutnya dagingnya bukan daging sapi. he,, he,, he,,,,


Salam wisata

Memang benar Kang, bakso urat sapi rasanya memang mantap. Dan semoga bermanfaat ya kang.

Salam wisata.

Walaikumsalam Wr Wb.

Silahkan dicoba Sob resep bakso urtanya. Silahkan Sob, tapi hanya sekali aja ya, selanjutnya jangan promo lagi. he,, he,,he,,,,

Salam kenal kembali.

Salam wisata.

Kalau laper makan dong Sob, jangan lupa pakai lauknya bakso urat sapi ya....

Salam wisata

Bisa di coba resep bakso urat sapinya Mba, siapa tahu Alvin dan bapaknya suka dengan rsep olahnya Mba Lydia. pasti dong...... he,, he,, he,,,

Salam wisata

Kalau lapir makan dong Kang he,, he,, he,,,

jangan lupa pakai lauknya bakso urta sapi ya. ha,, ha,, ha,,,


Salam wisata

Benar Mba, kalau bahan untuk pengolahan baksonya sih memang murah, yang mahal daging urat sapinya yang mahal. Makanya banyak orang yang suka dengan bakso urat sapi seperti ini, habis enak sih.....

Salam wisata

Sama-sama Sob, semoga bermanfaat resep bakso urat sapinya, dan bisa dinikmati bersama keluarga olahan resep masakan dari bakso urta sapi tersebut di atas.

Salam wisata

tentu enak sekali rasanya.. terima kasih sharing resipinya juga.. :D

wohh mantep ituu enak kayaknyaa

waaaa... aku paling suka bakso urat sapi.

lha iya itu saya juga heran pak, dikasih tau teman, bakso pak peler, tak cari gambarnya di internet di ternyata ada lho pak...
hehehe
di daerah palur sana kayaknya

asalamualaikum
saya hobi bakso
sip deh saya coba resepnya bakso urat sapi ini

jadi kepingin makan bakso lagi nich....tapi benar..pusat bakso indonesia memang ada di solo dan malang

wah ini sih bukan semata tentang wisata kuliner, pak...
tapi tentang cara jadi pengusaha kuliner...

duh... duh... langsung lafer saya, hehe...
bakso urat sapi, hmmm....
mantap ini

manteb Pak resep bakso urat nya. hampir setiap sore anak saya minta dibelikan bakso untuk lauk makannya. mungkin kalau bikin sendiri lebih higienis ya Pak :)

wah tapi aq kok malah lebih seneng kalau mie ayam + bakso yaa hehe.. namanya juga selera ya om

Sila di coba resipnya bakso urat sapinya Kang, semoga bermanfaat.

Salam wisata

Bakso urat sapi memang enak di santap bersama keluarga san kerabat.

Salam wisata

Bakso urat sapi selalu meninggalkan rasa kangen yang khas bagi para pecintanya Mba.

Salam wisata

Walaikumsalam......

Silahkan coba resp bakso urat sapi ini, semoga bermanfaat ya Mba.

Salam wisata

Sekarang bisa buat sendiri ko Sob, dengan menggunakan resep bakso urat sapi yang di atas.

Salam wisata

Siapa tahu ada yang mau memanfaatkan untuk menjadi pedagang bakso urat sapi kang, jadi tidak perlu repot-repot lagi, teman-teman akan mendapat manfaatnya dari artikel website blog di sini. He,,, he,,,he,,,,

Salam wisata

Silahkan di coba Kang resep bakso urat sapi ini, biar dapat dinikmati bersama keluarga dan anak-abak asuhnya.

Salam wisata

Resep urat bakso sapi ini membantu teman-teman yang suka membaut makanan sendiri untuk lebih mudah untuk mencobanya, sekaligus mengkontrol hasil pembuatannya ya Kang.

Salam wisata

Kalau mie ayam + bakso yang menggunakan dari daging urat sapi juga enak ko, he,,, he,,, he,,,,,

Salam wisata

yang penting bukan usaha urat yang ada baksonya ya, pak...
*sampluk sandal..

Nanti Kang buat inovasi baru, mungkin akan laku. he,, he,,he,,,

Makanan kesukaan saya ini mas..

populernya bakso urat sapi ya mas,
disini malah hampir sebagian penjual bakso banyakan kanjinya. :D

Suka bakso ya Ma ? , he,, he,,he,,,,

Salam wisata,

Kalau kebanyakan kanji jadi tidak enak mas. Tapi kalau melihat dari daya beli dan harga kita bisa membedakannya ko. he,, he,, he,,,

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus