MELIHAT INDONESIA HEBAT MELALUI MUSEUM

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/melihat-indonesia-hebat-melalui-museum.html
Jalan-jalan ke Museum Nasional Indonesia kita akan melihat suatu pemandangan yang unik dan klasik, di mana dalam area museum ini kita bisa melihat koleksi berbagai macam benda bersejarah yang menyediakan banyak informasi dari setiap daerah kawasan Indonesia.

Museum Nasional Indonesia yang berlokasi di pusat Ibu Kota Jakarta, yang letaknya di Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat ini mudah di jangkau bagi kita yang akan hadir di lokasi ini. Dan melalui museum ini pula kita bisa mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan beragama warisan sejarah dan budaya Indonesia dari seluruh pelosok negeri.

Dengan menggunakan transportasi umum Trans Jakarta koridor 1 dari arah Semanggi saya pun bisa sampai di lokasi Museum Nasional Indonesia. Halte bisnya pun tidak terlalu jauh dari lokasi museum, kita hanya tinggal menyeberang melalui zebra cross yang telah di sediakan dekat halte bis sebagai sarana penyeberangan jalan bagi para pengguna jalan umum.

Sosok bangunan indah berwarna putih bergaya klasisme kuno dengan 6 pilar besar yang berada di depan sebagai penyanggah atap teras, dan 4 pilar besar sebagai tiang penyanggah bangunan utama bila di lihat dari halaman museum. Namun, sebenarnya bangunan ini memiliki pilar-pilar yang besar sebagai tiang peyanggah di dalam area gedung dan halaman tengah gedung museum yang kokoh berdiri,  Di  halaman depan gedung ini terdapat sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu sebagai cindera mata atau hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum ini pada tahun 1871.

Memasuki area Museum Nasional Indonesia dengan menaiki tiga anak tangga yang terbuat dari keramik di sebalah kanan kita, maka kita akan menemukan tempat penjualan tiket masuk museum yang berada di sebelah kanan dari posisi kita menghadap ke dalam ruangan. Di samping tempat penjualan tiket masuk museum ada sebuah tempat untuk penitipan barang dan tas. Jadi untuk masuk dalam area Museum Nasional Indonesia ini kita tidak boleh membawa tas yang besar, hal ini di hawatirkan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat kita menikmati koleksi di dalam area museum, seperti.

Lanjut............
Dari lokasi tempat pembelian tiket, penelusuran saya bersama anak saya dan salah seorang pemandu wisata Museum Nasional Indonesia, kami pun menghampiri sebuah ruangan artefak di mana di dalam ruangan tersebut terdapat beragam koleksi artefak dari jaman budaya Hindu - Buddha. Di lokasi ini kita bisa menemukan keunikan dari masing-masing artefak yang memiliki nilai sejarah dan filosofi yang dapat di jabarkan satu persatu dari masing-masing koleksi yang ada di ruangan ini.

Yang menarik di dalam Museum Nasional Indonesia saya menemukan beberapa artefak berupa prasasti yang menjelaskan tentang perjalanan sejarah salah satu kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Prasasti-prasasti ini merupakan salah satu bukti otentik catatan sejarah yang bernilai tinggi, di mana di dalamnya terdapat penjelasan dari sebuah peristiwa yang pernah terjadi pada masa tersebut. Beberapa prasasti yang bisa kita temukan di museum ini adalah :

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/melihat-indonesia-hebat-melalui-museum.html
Prasasti Hantang, menurut informasi yang saya dapatkan dari pemandu wisata Museum Nasional Indonesia,  prasasti ini merupakan penghargaan dari pemberian Raja Jayabaya kepada penduduk Desa Ngantang yang setia kepada Kerajaan Kediri pada saat Raja Jayabaya berhasil mengalahkan Janggala pada masa itu. Hal ini terungkap dengan di temukannya semboyan Panjalu Jayati di dalam tulisan Prasasti Hantang. Prasasti ini di tulis dalam bahasa dan aksara Jawa Kuna, dan ditemukan di daerah Desa Ngantang, Malang, Jawa Timur.

Dengan di temukannya Prasasti Hantang yang bisa dilihat di dalam area Museum Nasional Indonesia, maka kita pun akan mengetahui secara jelas bentuk dan rupa dari sebuah prasasti yang bertuliskan dengan huruf Jawa Kuna di atas batu alam. Lebih dari itu kita juga mengetahui sebuah nilai sejarah yang terdapat di dalam prasasti yang terurai secara rapih.


Selanjutnya.........
Walau terlihat begitu banyak artefak yang menarik untuk di simak di area museum ini kita akan melihat sebuah pemandangan artefak yang berada di lokasi halaman tengah Museum Nasional Indonesia. Di tengah terdapat sebuah  arca sapi besar yang di yakini menjadi sebuah kendaraan Dewa Siwa Nandini.  Arca sspi besar yang di kawal oleh empat arca sapi kecil di kanan dan kiri, dengan susunan letak yang indah. Seperti photo yang terdapat di bawah ini.

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/melihat-indonesia-hebat-melalui-museum.html

Menelusuri halaman tengah Museum Nasional Indonesia kita pun akan di sajikan dengan beragam bentuk sajian artefak koleksi milik museum yang dapat kita nikmati, Namun, ada sebuah prasasti yang menarik perhatian yang saya dapatkan di lokasi teras belakang halaman museum yang menghadap ke ruang depan, di sana saya menemukan tiga buah parasasti Mulawarman. Seperti photo di bawah ini yang di ambil oleh anak saya pada saat di lokasi.

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/melihat-indonesia-hebat-melalui-museum.html

Ketiga prasasti tersebut di atas merupakan salah satu artefak yang membuat saya tertarik, di mana Raja Mulawarman merupakan salah saeorang tokoh Raja yang kita kenal berasal dari Kerajaan Kutai, Kalimantan Timur, Indonesia.  Menurut informasi yang saya terima dari pemandu wisata, prasasti Mulawarman ini juga di kenal dengan sebutan "Yupa" atau prasasti tugu. Di dalam setiap yupa ini banyak sekali kisah yang tulis dengan huruf palawa dan berbahasa sansekerta. Karena saya bukan ahli sejarah, saya pun hanya mencatat informasi dari garis besar yang saya lihat dan saya tahu di lokasi museum saja. he,, he,, he,,,

Lanjut............
Di dalam sebuah gedung baru di dalam Museum Nasional Indonesia saya menemukan sebuah timbangan yang di pergunakan untuk membayar pajak hasil pada masa Kesultanan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Timbangan ini terbuat dari kayu besar, gambar photonya seperti di bawah ini.

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/melihat-indonesia-hebat-melalui-museum.html

Yang unik dari cerita kisah timbangan untuk membayar pajak bumi ini adalah, konon pada waktu itu Sultan Banjar duduk di salah satu sisi timbangan sebagai anak timbangannya, sedangkan di sisi yang lainnya di tempatkan hasil bumu yang akan di bayarkan. Sehingga berat hasil bumi harus seimbang dengan berat badan Sang Sultan. Lucu ya..... he,,, he,, he,,,

Singkat cerita perjalanan wisata di museum.........
Perjalanan wisata sejarah dan budaya di museium ini berakhir di lantai 3 (tiga) gedung baru museum. Dan setelah selesai menelusuri setiap koleksi yang di miliki Museum Nasional Indonesia, maka saya pun membuat catatan kecil dari apa yang saya dapatkan melalui perjalanan wisata kali ini, di mana sebuah halaman tengah museum ini saya mendapatkan kesimpulan bahwa........

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/melihat-indonesia-hebat-melalui-museum.html
Museum Nasional Indonesia merupakan salah satu sarana tempat wisata sejarah dan budaya sebagai bahan pelajaran dari setiap keunikan dan tradisi yang di miliki oleh bangsa Indonesia. Dengan adanya museum akan membuat kita dapat menikmati liburan sambil belajar dengan santai dan menyenangkan, dan jadikanlah liburan ke sebuah museum menjadi cara kita untuk mengenal sejarah dan budaya bangsa Indonesia kepada diri sendiri dan keluarga, agar rasa cinta kebangsaan kepada tanah air akan selalu ada dalam kehidupan

Dari sebuah cermin sejarah masa lalu di harapkan bahwa kia sebagai masyarakat Indonesia dapat memiliki bangsa yang besar, dan bisa lebih mawas diri untuk bersikap dan bertindak.

Karena, kita tidak akan mampu hidup  tanpa adanya masa lalu, dan sejarah bukanlah hal yang harus menjadi suatu yang harus di takuti dan membuat diri kita menjadi bosan. Namun, tinggal sikap diri kitalah haru dapat menyikapi dengan sikap yang benar dan positif tanpa harus melupakan sebuah sejarah.

Di dalam museum inilah kita akan menemukan bukti-bukti otentik proses perjalanan sejarah bangsa Indonesia dari masa lalu hingga terbentuklah masa sekarang yang tercatat dengan jelas, sehingga bukti-bukti otentik ini semua menjadi sebuah pondasi bagi masa depan menuju bangsa Indonesia  hebat.






Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

25 komentar

luar biasa sekali ya mas museum kita ini, gaya bangunannya mirip gedung putih di amerika serikat :)

salam wisata n happy blogging :)

itu yang mas angkat itu apa ya mas.... berat banget deh kayak nya

Tapi lain dulu lain sekarang mas...mungkin kalau di museum ada gaya atau prasasti untuk melawan penjajahan kalau sekarang rombongan jadi koruptor

Kalau melihat di dalam sebuah museum, seolah kita terbawa dalam suasana yang mengisahkan barang-barang yang ada dalam museum tersebut ya Mas Indra..

Salam wisata..

dr sejarah kita akan kenal siapa kita, dan ingin menjadi apa kita nantinya...

yg paling terkenal sejak aq kcil itu prasasti Mulawarman, sayang gk pernah lihat langsung... *smile

Waah memang keren banget deh museum di indonesia ini..

peninggalan sejarah yang luar biasa yah mas, perlu dirawat dan dilestarikan sehingga bisa menjadi pengetahuan bagi generasi berikutnya.

Musuem Nasional Indonesia salah satu aset sejarah bagi bangsa Indonesia yang tidak ternilai Mba. Di sini kita akan menemukan beragam keunikan Indonesia dari sabang sampai Merauke, Dan kita akan tahu bahwa Indonesia itu memang hebat. :D

Salam wisata

Itu timbangan Sob, dan keteranganya sudah ada di dalam artikel :D

Salam wisata

Tinggal kembali kepada kita juga sih Mba menyikapi dan menilainya. Namun, walau bagaimana pun Indonesia itu hebat dan indah, jadi sayang banget kalau kita menyia-nyikannya dengan prilaku yang merusak bangsa ini.

Salam wisata

Benar Kang, apalagi kita bisa mengenalinya satu-satu dari setiap keunikan dan kelebihan dari barang yang di pajangnya. Hm,,,, lebih banya mengenal Indonesia, maka kita akan tahu bahwa Indonesia Hebat...:D

Salam wisata

Betul Sob, maka dari itu janganlah kita dengan mudah melukan sejarah bangsa ini. Karena kita akan tahu Indonesia Hebat :D


Salam wisata

Kalau hadir di Museum Nasional Indonesia di Jakarta, maka kita akn bisa menemukan prasasti Mulawarman tersebut Sob, itulah salah astu keindahan indonesia dari nilai sejarahnya yang merupakan bukti bahwa indonesia Hebat :D


Salam wisata

Tidak rugi ko Sob bila hadir di Museum, di mana kita akan mengetahui dengan jelas abhwa indonesia itu kaya dengan sejarah dan seni budayanya yang membawa kita lebih mengerti kalau bangsa Indonesia Hebat :D


Salam wisata

Benar Mas, dan dengan menngetahui sejarah indonesia akan membuat kita tahu dan mengerti arti dan besarnya rasa kebangsaan kita kepada tanah air Indonesia, ya..... :D

Salam wisata

beruntung sekali yah mas Indonesia memiliki banyak prasasti sehingga bisa menjadi kebanggaan juga buat bangsa Indonesia.

Benar Mas, justru inilah sumber dasar potensi yang besar bagi bangsa Indoensia, karena tanpa sejarah kta tidak akan menemukan masa seperti sekarang ini yang menjadikan Indonesia Hebat. :D

Salam wisata

walaupun belum pernah ke Museum Nasional Indonesia, setidaknya lewat postingan Kang Indra ini dapat mengobati saya untuk mengetahui sejarah Indonesia di masa lalu ... :) makasih ya kang

melihat banyaknya peninggalan sejarah di musium, sudah bisa dipastikan bahwa Indonesia itu kaya akan budaya ya pak.. :)

Sama-sama Kang Eka, seoga kita bisa memberikan yang terbaik bagi generasi Indonesia dengan bukti sejarah yang aktual, kalau Indonesia Hebat :D


Salam wisata

Benar Mas Irpan, dan karena kekayaan budaya tradisinnya Indonesia di kenal menjadi suatu bangsa yang besar dan kaya ya.... he,, he,, he,,,,

Salam wisata

Saalm kenal...cantik muziumnya...

Salam kenal kembali Ka.

Salam wisata

nice informasi kawan. Sejarah bangsa yang besar ini semoga kedepan benar-benar semakin hebat di segala aspek.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus