BELAJAR DARI KEARIFAN MASYARAKAT LOPINTOL RAJA AMPAT

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/belajar-dari-kearifan-masyarakat-lopintol-raja-ampat.html
Kepulauan Raja Ampat merupakan surga Bahari yang terdapat di daerah Indonesia Timur. Di mana air lautnya sebening kristal dengan biota laut yang sangat kaya di dalamnya.

Raja Ampat memiliki trumbu karang terbanyak dan terlengkap di dunia, maka tidaklah heran bila kia dapat menemukan aneka jenis ikan melimpah ruah di kawasan ini.

Di daerah ini ikan sangat mudah di cari dan menjadi sumber mata pencarian di masyarakat. Nelayan di daerah ini memiliki cara sederhana dan unik untuk menangkap ikan di malam hari, tanpa alat pancing ata pun melempar jala, namun hasil tangkapan ikan yang di perolehnya sangat banyak.

Di kawasan Raja Ampat terdapat sebuah Kampung Lopintol yang terletak di teluk Mayalibith dan di Pulau Weigeo. Di mana kita dapat sampai di lokasi ini harus melalui jalan laut dengan menggunakan perahu motor dari daerah Wasai yang akan memakan jarak tempuh waktu +/- 30 menit.

Pada awal perjalanan kita akan melewati 20 menit pertama dengan melihat pemandangan yang cukup biasa-biasa saja, namun setelah kita memasuki kawasan daerah teluk Mayalibith kita akan menyaksikan sebuah suguhan pemandangan alam yang akan membawa diri kita melihat pemandangan surga yang berada di bagian belahan Indonesia ini.

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/belajar-dari-kearifan-masyarakat-lopintol-raja-ampat.html

Air laut yang hijau dan di kelilingi oleh kepulauan kecil pegunungan batu yang menghiasi lukisan alam sekitar kita yang akan mengantarkan kita hingga menuju ke lokasi dermaga kecil di daerah perkampungan Lopintol di kawasan teluk Mayalibith di Pulau Weigeo ini.

Sebuah pintu gerbang dengan ciri khas masyarakat setempat akan menyambut kehadiran kita di Kampung Lopintol yang merupakan sebuah perkampungan dimana seluruh warganya bekerja sebagai nelayan.
http://www.ejawantahtour.com/2014/05/belajar-dari-kearifan-masyarakat-lopintol-raja-ampat.html

Pada siang hari kampung Lopintol ini terlihat sepi, karena sebagian besar penghuni kampung ini bekerja pada malam hari sebagai nelayan, dan siang hari waktunya dipergunakan sebagai waktu beristirahat.

Menjelang petang atau sore hari, warga kampung ini diseibukan menyalahkan lampu petromak untuk mencari ikan. Ketika hari mulai gelap, satu persatu warga berangkat menuju ke perairan teluk untuk mencari ikan.

Informasi dari warga setempat, masyarakat di sini mencari ikan di malam hari tanpa menggunakan alat pancing atau jala di laut. Dan prosesnya pun dengan menggunakan kapal perahu kecil yang di dayung mereka berangkat dengan sebuah lampu petromak untuk menggiring ikan laut ke tempat penampungan yang telah disiapkan oleh warga di tepi pantai dekat desa mereka, Setalah ikannya berhasil mereka giring dan terkumpul, barulah mereka ambil di tempat itu. Unik bukan ? ? ?.....

Selain caranya yang unik dan cukup mudah, teknik penangkapan ikan yang di lakukan oleh warga pedesaan Lopintol, Mayalibith, Raja Ampat ini terbilang sangat ramah lingkungan. Karena untuk mendapatan hasil sebuah tangkapan ikan yang melimpah, mereka tidak perlu merusak alam.

Belajar Dari Kearifan Masyarakat Lopintol Raja Ampat akan mengajarkan kita akan sebuah nilai kearifan yang adapat di ditiru dan di contoh, bahwa dengan ekosistem yang terjaga, maka alam akan bermurah hati memberikan kemudahan dan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat sekitarnya. Semoga bermanfaat.




Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

31 komentar

Masyarakat Raja ampat ini menjaga lingkungan dnegan baik sehingga keindahan raja ampat masih bisa kita lihat sampai sekarang. Ingin juga ke Raja Ampat ini nih..

Benar Mas nandar, ternyata di balik keindahan alam di Raja Ampat ini terdapat kearifan masayrakatya yang dapat di jadikan sebuah pemebelajaran hidup jug ya.... :D

Salam wisata,

betul mas, tapi kalau teknologi modern sdh masuk kemari mungkin siap-siap tuk melihat kerusakan alam, makanya kearian lokal ini perlu dijaga

owalah jadi dengan cara menggiring ikan nya ke penampungan yang dh disediakan toh cara bebru ikannya. diawal bacaan saya sempat bertanya2.. klo tangkap ikan tanpa jala dan pancing lalu pakai apa yah ....? hehehe.... eh dh dijawb diakhir tulisan ... :)

75% terumbu karang dunia itu ada di Raja Ampat mas :D

selain memang keindahan panorama raja ampat yang bagaikan diswargaloka, ternyata kearifan budayanyalah yang membuat begitu tak terhinggalah potensi alam Raja Ampat ini....hiyah gituh ya kang

jika ingin mengetahui tempat wisata diindonesia emang paling pas jika mencarinya diblog ini.sangat bermanfaat untuk menambah wawasanku mas

Kapan ya Mas, bisa berwisata ke Raja Amphat,
katanya tempatnya sangat indah ya Mas ?

Kunjungan Perdana, nyimak dulu
hehe
don't forget to follow my blog

Oh, ternyata digiring dulu sebelum akhirnya ditangkap. Menarik sekali, ya, cara mereka menangkap ikan.

Waaahhhh .. saya jadi pengen banget ke Raja Ampat mas ... ? Kapan bisa ke sana ya ?

Maaf mas .. OOT.. ini kan banyak gambar blognya, pake auto hover Pinterest saja.. biar tambah banyak sumber trafficnya ... :)

pengin ke raja ampat...tp terlalu berat di ongkos ya....tp membaca artikel ini udah bisa memberikan gambaran indahnya raja ampat..TFS pak

Masih asri banget kayaknya ya mas, cocok banget kalau berwisata ke Raja Ampat ini...
Kapan ya bisa ngerasain berwisata ke Raja Ampat :)

kalau liat foto raja ampat selalu mupeng ke sana :((

btw, ada lomba nulis temanya ttg kearifan lokal loh http://genrambai.blogspot.com/2014/05/workshop-tulis-nusantara-2014.html

wow... membacanya saja sudah sangat mengesankan, apalagi bisa pergi kesana yia bos...

Benar Mba, masing-masing daerah memiliki kearifan lokal yang nilainya sangat mahal ya..... semoga saja ini dapat terjaga dengan baik.

Salam wisata

Ya seperti itulah masayrakat Lopintol melakukan penangkapan ikan Mas, jadi tidak mengganggu atau merusak alam. Caranya sederhana sekali dan sangat cerdas. :D

Salam wisata

Trumbu karang di Raja Ampat sanagat indah ya Mba, Yuk ke Raja Ampat ? he,, he, he,, :D

Salam wisata

Benar Mang, kearifan masayrakat di kawasan daerah Raja Ampat banyak dan sangat beragam. Salah satunya adalah di daerah Lopintol ini. :D

Salam wisata

Terimkasih Kang atas apresiasinya, semoga bermanfaat ya...


Salam wisata

Bila ada kesempatan dan waktu, lebih enak si ke Raja Amapat dari pada lihat tempat yang lain. Indah banget Kang, tanpa bisa di uraikan dengan kata-kata yang ada hanya indah dan bersyukur saja....... :D

Salam wisata

Terimakasih Sob telah berkunjung.

Salam wisata

Benar Mas, dan cara ini bagi saya dan kebanyakan orang beranggapan cara yang cerdas. :D

Salam wisata

Bila ada waktu dan kesempatan bisa ke raja Ampat ko Mas..... :D

terimakasih atas masukan dan sarannya Mas..... :D

Salam wisata

Memang Mba, untuk samapai di lokasi Raja Ampat sangat memerlukan ongkos yang tidak sekidit, tapi hal itu semua akan terbayar dengan kepuasan yang di dapat dari lokasi tersebut ko....... :D

Salam wisata

Benar mas, Raja Amapat itu sangat indah dan bersih. Kita seperti menemukan syurga dunia yang tersembunyi di pelosok Indonesia Timur.

Salam wisata

Terimakasih Mba, semoga sukses ya acaranya......

Salam wisata

PEngin bingit kesana, mihil tapi katanya ya?

Kalau bisa pergi ke sana bisa lebih dari itu semua Kang he, he,, he,,,, :D

Salam wisata

Benar Mba, proses perjalalanannya yang mebuat mahal. mending cari yang gratisan saja Mba, seperti saya ini. :D

Salam wisata

luar biasa ya alam nya masih sangat alami dan lestari, cocok banget untuk dikunjungi wisatawan pas liburan. Harus dicontoh nih kearifan lokal masyarakat nya ;)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus