MENGENAL RUMAH GADANG DARI DEKAT

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/mengenal-rumah-gadang-dari-dekat.html
Mengenal Rumah Gadang dari dekat, rumah tradisional ini sering disebut dengan kata lain Rumah Gedong, di mana rumah ini merupakan nama rumah untuk adat Minangkabau Sumatera Barat, Indonesia.

Rumah Gadang ini merupakan rumah tradisional dari masyarakat Minang, dan mudah kita jumpai di daerah Sumatera Barat, di mana rumah ini juga sering dinamakan sebagai Rumah Bagonjong atau ada juga yang menamakan Rumah Baanjung.

Menurut informasi yang saya terima, di daerah kawasan Minangkabau Sumatera Barat sendiri tidak sembarang daerah yang bisa di bangun Rumah Gadang seperti ini. Hanya pada kawasan yang sudah memiliki status sebagai nagari saja, Rumah Gadang ini boleh didirikan.

Runah adat ini memiliki keunikan gaya arsitektur dengan bentuk atapnya yang meruncing yang menyerupai tanduk kerbau, dahulunya atap rumah ini dibuat dari bahan ijuk yang dapat tahan sampai puluhan tahun. Namun, sekarang atap rumah dari bangunan ini banyak berganti dengan atap yang terbuat dari seng alumunium.

Mengenal Rumah Gadang dari dekat, kita akan mengetahui bahwa rumah ini dibuat dengan bentuk empat persegi panjang, dan di bagi atas dua bagian muka dan belakang. Dimana di bagian depan rumah ini kita dapat melihat banyak ukiran ornamen, dan pada umumnya bangunan ini memiliki ornamen bermotif akar, bunga, daun, serta bidang persegi empat dan genjang.

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/mengenal-rumah-gadang-dari-dekat.html

Sedangkan untuk bagian luar belakang rumah, bangunan ini dilapisi dengan bahan bambu. Rumah tradisional ini di buat dari tiang-tiang kayu pilihan yang panjang, dan bangunan rumahnya di bangun besar ke atas agar tidak mudah rubuh karena goncangan.

Setiap elemen dari rumah gadang ini memiliki makna filosofi tersendiri yang dilatari oleh tombo yang ada dalam adat dan budaya masyarakat setempat. Pada umumnya Rumah Gadang mempunyai satu tanda yang terletak pada bagian depan.

Sementara bangunan dapurnya di bangun terpisah di bagian belakang rumah yang berdekatan pada dinding rumah induk.

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/mengenal-rumah-gadang-dari-dekat.html


Lanjut.........
Rumah Gadang yang berfungsi sebagai tempat tinggal bersama tentu memiliki aturan dan ketentuan sesuai adat dan tradisi dari masayrakat setempat, dimana jumlah kamar tergantung kepada jumlah perempuan yang tinggal di dalam rumah tersebut.

Setiap perempuan dalam masyarakat tersebut yang telah menikah dan berkeluarga memeroleh sebuah kamar. Sementara perempuan tua dan anak-anak memperoleh tempat di kamar dekat dengan dapur, konon hal ini agar mereka dekat dengan dengan yang lainnya.

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/mengenal-rumah-gadang-dari-dekat.html

Tidak jauh dari Rumah Gadang yang di bangun, biasanya terdapat sebuah surau atau mushola yang berfungsi sebagai tempat ibadah dan sebagai tempat tinggal lelaki dewasa tersebut yang belum menikah.

Mengenal Rumah Gadang dari dekat dengan perjalanan wisata budaya di sebuah kawasana wisata Jakarta atau pun di daerah Sumatera Barat, Indonesia. Akan membawa kita mengenal lebih dekat tradisi dan budaya kehdiupan dari msayrakat setempat. Dimana dalam setiap sebuah tradisi dan budaya masayrakat suatu daerah begitu banyak pembelajaran yang memiliki nilai etika kehidupan yang telah mengatur dengan baik dan benar. Hal ini terbukti dari pengaturan daerah pembanguanan rumah, serta letak dan pembagian ruang di dalam rumah. Semoga bermanfaat untuk kita semua.




Salam Wisata,

Sumber Lokasi : Anjungan Sumatera Barat TMII

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

47 komentar

Rumahnya unik sekali mas

itu yg atapnya pake daun nipa bukan pak ?

Benar Mas, Ruah gadang merupakan salah satu rumah adat tradisi Masyarakat Minang Mas, hampir rata-rata terbuat dari bahan dasar yang berasal dari alam, dan memiliki filososi yang dalam.

Salam wisata

Maaf Mas, saya tidak bertanya sampai ke sana waktu di lokasi, dan keterangan itu saya tidak dapatkan langsung, jadi tidak bisa menjawab dengan pasti. :D

Salam

Benar Pak Ies, untuk membangun sebuah rumah tradisional ini membutuhkan biaya dan tenaga yang tidak sedikit, karena dari bahan dasar pembuatannya saja, dan menurut informasi yan saya terima. Proses pembangunannya pun tidak mudah, karena hanya keturun yang telah di sahkan oleh para pemuda adat setempat yang telah di ketahui asal muasal keturunan dari daerah tersebut saja pak yang boleh mendirikan rumah adat dalam suku dan nagarinya, selain itu tidak di pekerkenankan untuk membangun menurut aturan adat masyarakat setempat.

Salam wisata


Harus tetap dilestarikan ya mas...
Rumah gadang nya unik... Panggung juga

Benar Mba May, karena rumah gadang ini merupakan pengejawantahan dari sebuah filosofi masyarakat Minang secara turun temurun akan sebuah kebersamaan hidup yang tertip dan teratur menurut aturan agama Islam dan adat tradisinya.

Salam wisata

Satu lagi, P Indra. Biasanya di halaman rumah gadang juga ada rangkiag atau lumbung padi :)

saya sebelumnya tau rumah gadang dari novel wiro sableng mas,tp sekarang jadi lebih jelas nih setelah baca artikel ini.

oya mas follow blog udah sukses loh

iya Mas, sangat eksotik dan memukau. cuma di sumbar saja sekarang banyak rumah minimalis ya, dan yang indah kayak gini pelan2 mulai tergerus jaman. semoga sih tetap lestari ya.

ternyata kalau dilihat dari dekat rumah gadang unik - unik ya mas

rumah gadang ini kalau tidak salah yang muncul di film "tenggelamnya kapal van der wijk" karena setting ceritanya dengan masyarakat minang :D

Benar Mba Evi, masih kurag 1 ya ? yaitu lumbung padinya. he,, he,, he,,,
Terimakasih Mba sudah menambahkannya. :D

Salam wisata

Saya sendiri lupa Mas kalau cerita wiro Sableng ambil enggel view dari cerita masayrakat Minang Rumah Gadang seperti ini. he, he,, he,,,,,

Sip mas, sudah di follow kembali.

Benar Mas, karena aturan dan syaratnya pun agak ketat. Mudah-mudahan hal ini tetap terjaga dan terlestarian keberadaannya ya....


Salam wisata

wah mas Yanto rupanya penggemar Wiro Sableng nih hehe,,,sama dong mas saya juga hehehe

Kang Indra muter-muter Indonesia terus nih rupanya hehehe,tapi itu merupakan pekerjaan mulia yah Kang,soalnya bisa membantu orang ( seperti saya ) yang tidak tahu keadaan daerah lain,dengan adanya Kang Indra ini ahirnya saya jadi tahu daerah lain yang ada di Negeri ini,Terimakaish Kang ,,,,

Iya Kang Yono, bentuk rumah tradisional Gadang ini terlihat unik dan eksotis.

Salam wisata

Benar Mba Elsa, sering nonton film ya ?.... :D

Salam wisata

Wah bener-bener keren dan uniknya ya mas bentuk rumahnya, pastinya model rumah seperti itu mempunyai nilai history tinggi nie :)

Sama-sama Kang Dede, kebetulan ada pekerjaaan sekaligus buat tulisan Kang, minimal kita ikut melestarikan tradisi dan budaya bangsa kita sendiri, serta ikut memperkenalkannya di dunia internasional Kang. Kalau bukan kita siapa lagi ? :D

Salam wisata

kirain yg dapat kamar dekat dapur karena yang paling sering disuruh masak :)

Masing-masing dari rumah adat memiliki nilai historis sendiri-sendiri juga ya Mas ? :D

Salam wisata

selain bentuknya yang unik, ternyata ada aturan tersendiri yia bos... jadi tambah unik yia bos, hehehe...

Bisa jadi Mba, palagi orang tua kan senangnya masak ya ? :D

Salam wisata

Yang unik sekarang malah banyak di cari Mas, seperti rumah tradisional Gadang dari Minang ini. :D

Salam wisata

saya lihat rumah gadang ya cuma di taman mini

iya mas soalnya saya fans wiro hehehe,semua episode udah kebaca.mengenai rumah gadang ada diepisode petualangan di pulau andalas:harimau singgalang

oya sekalian mau ngucapin terimakasih atas follownya dan tukar linknya.ling mas indra sekarang juga udah berkibar diblogku.semoga kerjasama ini bermanfaat.salam hormat mas

wah punya temen nih,saya menyimpan semua ebook ws lomas dede hehehe.tp sayang banget pas dewi 2 musim nggak bisa tamat yamas,keburu bastian tito diambil yg kuasa,yg nerusin ceritanya kurang greget

Emang rumah gadang unik bgt.. Saya suka bentuknya.

Minimal kita bisa mengenalkan kepada anak-anak dan keluarga lebih dekat untuk mengenal rumas adat dan tradisi dari salah satu suku masyarakat Indonesia ya Mba. :D

Salam wisata

Dari sisi kontruksi dan arsitekturnya, rumah gadang merupakan karya leluhur yang luar biasa...

Benar Mas, karena di setiap bentuk dari rumah tradisional gadang ini memiliki sebuah nilai art yang mengandung filososi tersendiri bagi masayrakatnya.

Salam wisata

Banr kang Noer, dan untuk itulah kita harus dapat melestarikan dan memperkenalkan hal tradisi dan budaya dari setiap budaya Indoensia yang unik seperti ini.

Salam wisata

Dalam pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 ada Subtema tentang Keberagaman bangsaku dan Bangga pada Budayaku kang hehe... mungkin nanti klo aku butuh macam2 kebudayaan tggl klik blog nya kang Indra , lengkap sih hehee....

rumah gadang ini bentuknya kok mirip rumah minang ya mas :D siapa sangka indonesia punya banyak ragam budaya termasuk rumah adat yg unik dan indah :)

makasih telah berbagi n salam wisata :)

Silahkan Kang, semoga apa yang tersaji lebih banyak memberikan manfaat kepada semua orang. Terimakasih atas spresiasinya ya Kang.

Salam wisata

Benar Mba Indri, Indonesia memiliki beragam macam tradisi dan budaya dari bentuk bangunan hingga kulierny, di mana semua itu memiliki pemebelajaran yang sangat menjunjung tinggi nilai kehidupan yang berimbang dan sangat indah sekali. :D

Salam wisata

Diperlukan area tanah yang luas ya ? bangunannya memang unik dan mantap. Tapi rasanya itu khusus orang kaya yang bisa membangunnya.

rumah gadang memang terkenal sangat unik dan tiada ada lagi bandingannya dibelahan dunia manapun selain di indonesia

dapat pencerahan yang baru lagi nih Kang tentang rumah adat di indonesia, makasih Kang infonya :)

Wah, blognya wajah baru. Lebih suka yang ini, yang dulu itu keramean, suka bingung. Kapan2 main ke Sumbar kang, Sumbar itu indah banget. Disana kantor pemerintahan juga pakai atap minangkabau

betul bos, ditempat saya juga banyak yang membuat rumah dengan gaya tempo dulu bos, unik katanya, hehehe...

sebuat rumah adat yang sangat menarik ya mas dari tanah minang ini

wah, saya jdi teringat kampung halaman..jd pngen pulkam euy....

bagus bagus ya rumah adat daerah masyarakat di indonesia ;)

Jadi ingat kampung halaman, hehe...

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus