EKSOTISME RUMAH ADAT PAPUA

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/eksotisme-rumah-adat-papua.html
Eksotisme Rumah Adat Papua. Rumah adat suku Honai merupakan rumah adat dengan arsitektur yang sederhana, rumah adat ini dapat kita temukan di lembah dan pegunungan di bagian tengah Pulau Papua Puncak Jaya. Daerah tersebut memiliki hawa udara yang cukup dingin, yang pada umumnya terletak diketinggian 2.500 meter dari permukaan laut. Hal inilah yang membuat rumah adat Papua Honai ini di rancang bulat dan pendek agar berfungsi untuk bisa meredam hawa dingin dari tiupan angin kencang daerah pegunungan.

Dari informasi yang saya terima di lokasi melalui lokasi ini kita bisa mengetahui bahwa rumah adat ini sepenuhnya terbuat dari bahan yang berada di alam sekitaran pegunungan yang mudah ditemui, di mana bila kita lihat dinding rumah adat Papua Honai ini terbuat dari material kayu dan atap rumahnya terbuat dari jerami atau ilalang, dan bentuknya berfungsi untuk melindungi seluruh permukaan dinding agar tidak terkena air hujan dan dapat meredam hawa dingin untuk tidak mudah masuk ke dalam rumah. Rumah ini hanya memiliki satu bilik pintu dan tanpa jendela, dengan ketnggian bangunan +/- 2,5 meter dengan tiang-tiang penyanggah dari kayu yng berada di tengah-tengah ruang dalamnya.

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/eksotisme-rumah-adat-papua.html

Bila kita perhatikan sisi ruang tengah dalam rumah adat Papua, ditengahnya terdapat sebuah galian tanah yang berfungsi sebagai tungku perapian yang berfungsi sebagai penerangan, dan bara api yang di hasilkan bisa di manfaatkan sebagai penghangat tubuh.

Masyarakat asli Papua yang bermukim di rumah adat ini, biasanyanya mereka tidur hanya beralaskan rerumputan kering yang dibawa dari kebun atau ladang. Mereka tidur tanpa dipan atau kasur seperti apa yang bisa kita nikmati dalam kehidupan masyarakat modern ini.

Lanjut informasi yang saya terima.......
Eksotisme rumah adat Papua dari rumah Hanoi ini bisa kita lihat terdapat terdiri dari 3 jenis, Di mana terdapat rumah untuk para kaum lelaki yang disebut Honai, dan rumah untuk para wanita yang disebut dengan nama Ebie, dan rumah untuk ternak mereka sendiri disebut dengan Wamai.

Masyarakat Papua  memiliki sebuah tradisi atau pun kebiasaan dengan menernak hewan babi, dan mereka selalu membuatkan rumah atau kandang sendri khusus hewan ternak mereka yang posisinya tidak berjauhan dengan rumah yang mereka huni, dan bagi masayrakat Papua ternak merupakan harta yang sangat berharga.

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/eksotisme-rumah-adat-papua.html


Lanjut........
Rumah adat Papua sebenarnya hanya ada 1 (satu) jenis saja, yaitu Honai itu sendiri. Jika terdapat beberapa perbedaan, hal itu dikarenakan perbedaan daerahnya saja yang tidak mencolok. Dan menurut tradisi masyarakat Papua jenis rumah adat Papua Honai ini dibuat secara berkelompok, kadang satu keluarga membutuhkan lebih dari satu rumah untuk tempat ternak mereka tinggal, dan anak-anak yang sudah dewasa.

Menurut fungsinya rumah adat Papua Honai ini selain menjadi tempat tinggal juga memiliki fungsi lain, seperti ; sebagai tempat penyimpanan alat-alat perang atau pun berburu bagi masyarakat suku Dani, sebagai tempat mengembleng anak lelaki agar bisa menjadi orang yang kuat untuk menjadi dewasa nantinya danberguna bagi sukunya, sebagai tempat untuk menyusun strategi perang jika terjadi peperangan, dan yang terakhir sebagai tempat menyimpan alat-alat atau simbol dari tradisi dan adat suku yang sidah ditekuni sejak leluhur mereka.

Sepertihalnya di halaman depan pemukiman rumah adat Papuat Honai dari suku Dani ini terdapat sebuah galian tanah dan banyaknya tumpukan batu-batu yang merupakan sebuah simbol kehidupan dari masyarakatnya memiliki tradisi adat melakukan upacara batu bakar seperti yang terlihat pada photo di bawah ini.

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/eksotisme-rumah-adat-papua.html


Lanjut..........
Bukan hanya memiliki sebuah fungsi sebagi tempat tinggal saja rumah adat Papua Honai ini, namun juga memiliki sebuah simbol pembelajaran  kehidupan bagi masyarakat suku Papua khususnya bagi suku adat Dani yang berada di Papua, Indonesia Timur.

Bila dilihat dari sebuah bangunan arsitekturnya yang melingkar, bangunan rumah adat Papua Honai ini memiliki arti sebagai kesatuan dan persatuan yang paling tinggi sesama suku, serta mempertahankan budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur mereka untuk selamanya dengan tinggal di dalam satu rumah adat Honai ini maka akan menjadi satu hati, satu pikiran dan memiliki satu tujuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Dan yang terpernting adalah umah adat Honai merupakan sebagai symbol dari kepribadian yang merupakan martbat dan harga diri dari orang Papua yang harus dijaga oleh ketururnan anak cucunya di kemudian hari.

Eksotisme rumah adat Papua merupakan salah satu keunikan khasanah taradisi dan budaya bangsa Indonesia yang tercermin dari banyaknya jenis rumah adat yang ada di Indonesia, dan kita dapat melihat dari dekat di beberapa museum yang tersebar di Indonesia, dan salah satunya adalah di tempat wisata budaya yang bisa kita temukan di wilayah daerah Indonesia.




Salam wisata,

Sumber :
Anjungan Propinsi Papua TMII

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

20 komentar

negeri ini emang kaya dg budayanya ya mas
termasuk salah satunya bangunan rumah adat :)

Benar mas Pur, dan bila ini bisa dilestarikan dan menjadi salah satu objek wisata budaya Indonesia untuk setiap rumah adat yang ada di daerah Indonesia akan negeri kita akan menjadi kaya, dan ini tidak akan pernah habis bila terus digali dan dilestarikan potensi traidsi budaya Indonesia yang unik ini ya Kang. :D

Salam wisata

rumah nya benar-benar khas ya mas, bentuk nya seperti kubah, pasti nyaman ya kalau orang papua tinggal di rumah tersebut ;)

Sepertinya sejuk sekali ya kalau rumah seperti itu,

kalau aku tidur beralaskanrerumputan kering, bisa dibayangkan badanku akan kegatelan dan dijamin tidak akan bisa tidur nyenyak.

jadi pengen jalan2 ke TMII, ah

bentuknya simple tapi tetap menarik :)

Rumahnya mirip jamur ya...
Indonesia meang kaya akan budaya. Mesipun rumahnya masih jauh dari kata layak huni. tapi perlu dipertahankan.

sepertinya kondisi rumah seperti itu kurang layak untuk dihuni ya mas, semoga peradapan mereka akan berubah menjadi kehidupan yang lebih sehat dan mertabat dengan tidak mengenyampingkan nilai adat dan budaya tentunya

Papua memang mempesona, tidak hanya rumah adatnya saja tetapi juga alam dan budayanya :)

Kalau tinggi nya segitu pasti dingin banget ya Om hehey

benar-benar eksotis nih rumah adatnya, sulit dimengerti kalau melihat dari bentuknya dan menimbulkan banyak pertanyaan hehehe

benar-benar EKSOTIS yah Kang ,namun sayangnya saya belum bisa melihat secara langsung,kecuali hanya lihat di foto-fotonya saja hehehe

Menurut informasi rumah adat Papua ini memang aman dan nyaman Mba, dan yang telah terbukti tahan dengan gempa. he,, he,, he,,, :D


Salam wisata

sebenarnya wisata ke papua itu lebih keren ketimbang ke singapore
*khususnya biayanya :D

Secara sepintas bangunan rumah itu memang adem Kang, dan untuk bangunan seperti itu memang bila di gunakan di daerah dataran tinggi dapat mengurangi rasa dingin bagi penghub=ninya kali ya..... :D

Salam wsata

Mungkin kalau semalam saja terpaksa kali ya Kang, Tapi itulah kehiduapan masayrakat Papu dengan tradisi kehidupannya kang. :D

Salam wisata

rumah adat papua memang unik yia bos, tapi spertinya mudah terbakar kalo trkena api yia bos...

Silahkan Mba, jangan lupa bawa keluarga bila main ke TMII ya,..... :D

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus