MENGENAL PENDOPO AGUNG SASONO UTOMO

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/mengenal-pendopo-agung-sasono-utomo.html
Mengenal Pendopo Agung Sasono Utomo merupakan bangunan utama bercorak joglo, arsitektur tradisional Jawa, berfungsi sebagai tempat menerima tamu-tamu kehormatan, seperti kepala negara, kepala pemerintahan maupun tamu undangan penting lainnya pada acara-acara resmi. Gedung Pendopo Agung Sasono Utomo ini sering kali disebut sebagai Gedung Joglo.

Pendopo Agung Sasono Utomo berlokasi di Jl. Raya Taman Mini Indonesia Indah, Pintu Utama TMII. Pendopo ini memiliki teras upacara yang letaknya lebih tinggi dari plaza. Seluruh ornamen pada gedung pendopo ini berpola tradisional dan naturalistik.

Lanjut.........
Memasuki ruang Pendopo Agung Sasono Utomo , kita akan menemukan  4 (empat) tiang utama yang terbuat dari ukiran Jepara dan dari ukiran kayu jati pilihan. dan tiang ini disebut Soko Guru. Dari keempat soko guru memiliki makna sebagai simbolik yang memberikan kesan agung kisah yang terdapat dalam sebuah cerita legenda Ramayana.

Konon, menurut informasi yang saya terima, keempat soko guru yang terdapat di dalam Pendopo Agung Sasono Utomo ini mengandung falsafah Jawa seputar kehidupan manusia, yaitu sebuah cerita kesetiaan seorang anak kepada orang tua, kerukunan antar saudara, dan rasa setia saudara muda kepada saudara tua; dharma satryatama pahlawan untuk melenyapkan keresahan dunia demi keadilan dan kebenaran;  setia bakti kesucian seorang wanita kepada suami; tanggung jawab dan rasa sayang seorang pria kepada istrinya sebagai pancaran cinta kasih.

Lanjut.........
Soko guru pertama pada Pendopo Agung Sasono Utomo dikisahkan sebuah cerita pertemuan Prabu Dasarata dengan putra-putranya untuk membahas rencana pengunduran dirinya dan penobatan Raden Ramawijaya sebagai raja baru. Namu, permaisuri muda, Dewi Kekayl memohon agar putranya Raden Barata, dinobatkan sebagai raja. Semenara Raden Ramawijaya diminta meninggalkan kerajaan selama 14 tahun. Prabu Dasarata mengabulkan permohonan tersebut, sedangkan Sang Ramawijaya pun menerima dengan lapang dada.

Soko guru kedua pada Pendopo Agung Sasono Utomo dikisahkan sebuah cerita kesetiaan Barata terhadap Ramawijaya. Di mana dalam kisah tersebut Barata menyusul Ramawijaya ke hutan Dhandaka dan membujuk Ramawijaya agar mau kembali ke kerajaan untuk menjalankan pemerintahan. Ramawijaya menolak karena lasan menjalani tugas yang diterima dari ayahnya. Akhirnya, atas kesepakatan berdua, Ramawisaja menjadi raja, sdangkan Barata menjadi wakil sekaligus menjalankan roda pemerintahan.

Soko guru ketiga pada Pendopo Agung Sasono Utomo mengisahkan sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh para resi dan brahmana di hutan Dhandaka ketika mendapat gangguan dari raksasa jahat Alengkadiraja. Para brahmana ini mendatangi tempat tinggal Ramawijaya untuk meminta bantuan. Berkat kesaktian Ramawijaya dan Laksmana, para raksasa pengganggu dapat dimusnahkan.

Soko guru keempat pada Pendopo Agung Sasono Utomo mengisahkan kesetiaan dan cinta kasih antara Rama dengan istrinya Shinta. Alkisah Shinta menolak berbagai upaya Rahwana untuk mendapatkannya. Sementara itu Rama, sang suami berupaya membebaskan Shinta betapapun sulitnya halangan dan rintangan yang harus dia lalui.

Mengenal Pendopo Agung Sasono Utomo kita akan mengetahui bahwa di balik kemegahan gedung pendopo tersebut ada sebuah pembelajaran filosofi kehidupan. Mungkin banyak orang telah mengetahui gedung pendopo ini pada saat melakukan perjalanan wisata Jakarta di TMII, namun, masih sedit yang mengetahui tentang sebuah cerita filosofi dari yang terpancar di area gedung pendopo ini.[]




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

20 komentar

makna yang terkandung dalam ke 4 soko guru dari pendopo joglo itu sangat dalam dan harusnya jadi panutan yang kudu diikuti banget ya kang

Banar kang, dan setiap tiang yang terdapat di dalam area gedung Pendopo Agung Sasono Utomo ini memiliki syarat filosofi jawanya, dan sangat indah sekali untuk di kupas dan di pelajari. :D

Salam wisata

KEmbali ke taman mini lagi ya mas :D

wah... unik juga nama tiangnya yia bos.... dan ternyata dibalik keunikannya mengisahkan cerita tersendiri yia bos...

Suatu kebanggaan bagi kita yang beragam budaya kita miliki dan tugas kita pula untuk menjaga serta melestarikannya,Insyaallah kalau ada rezeki mau juga tuh Bang Indra saya jalan kesana..hahhayyy

TMII kebetulan lokasinya dekat rumah Mba, dan banyak sisi yang unik untuk bisa di angkat sekaligus sebagai pembelajaran di lokasi ini, salah sataunya adalah Pendopo Agung Sasono Utomo ini.

Salam wisata

soko saja mempunyai nilai dan falsafah tersendiri ya ? aku pernah kesana tapi tak memperhatikan dengan detail.

Di balik keunikan tiang soko guru pendopo ini mengisahkan cerita yang memuat kisah pembelajaran yang postif dan bermanfaat dalam kehidupan juga loh Kang.....

Salam wisata

kalau di TK anak saya seringnya menggunakan sasana langen budoyo

Nah, inilah hebatnya Kang Indra. Pendopo saja sudah jadi satu tulisan yang bernas. Mantap! ^_^

ternyata soko guruny memiliki makna yg amat mendalam...

Benar Kang Icah, kalau bukan kita siapa lagi ya.... untuk bisa melestarikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia ini...... :D

Salam wisata

Pada awalnya pun saya sama Kang, namun setelah saya perhatikan ternyata menarik sekali gedung itu, apalagi dengan soko guru yang terdapat di dalam areanya Pendopo Agung Sasono Utomo tersebut, jadi sekalian saja mencari informasi pas di sana :D


Salam wisata

Dekat dengan Pendopa tersebut ya Mba ? :D

Salam wisata

Bisa saja Kang Aswi, masih banyak belajar Kang, dan terimakasih atas kunjungan dan supportnya.

Salam wisata

Benar kang, Soko Guru dari Pendopo Agung Sasono Utomo TMII ini sangat memiliki filosofi Jawa yang kental, di mana di dalamnya terdapat pembelajaan yang dapat di petik untuk kehidupan. indah dan sangat menarik untuk di simak.

Salam wisata

wah rupanya pendopo agung sasono utama menyimpan cerita tentang kesetiaan dan bakti kesucian

yia bos, sudah seharusnya kita mengambil pelajaran postifnya yia bos...

Benar Mba, dan di dalam tergambar sebuah pemebelajaran yang memiliki makna filosofi Jawa pada soko guru pendopo agung sasono utama tersebut untuk di ketahui oleh masyarakat umum juga.

Salam wisata

saya lagi meresapi makna dari keempat soko guru itu , merupakan pembelajaran bagi saya mas

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus