WISATA SEJARAH MASJID AGUNG SANG CIPTA RASA CIREBON

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/wisata-sejarah-masjid-agung-sang-cipta-rasa-cirebon.html
Wisata Sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon atau disebut dengan Masjid Agung Keraton yang terletak didepan Keraton Kesepuhan Cirebon atau sebelah barat alun-alun Keraton, di Jalan Keraton Kesepuhan No. 43, Kelurahan Kesepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. 

Dari catatan sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon  di bangun pada tahun 1480 atas prakarsa Permaisuri Kesultanan Cirebon yang bernama Nyi Ratu Pakungwati dibantu oleh Walisongo dan beberapa tenaga ahli yang dikirim oleh Sultan Demak, Raden Patah.

Lanjut........
Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon merupakan salah satu masjid tertua di Cirebon. Keberadaaan Walisongo yang kala itu memiliki peranan besar terhadap pembangunan masjid ini. Sunan gunung Jati yang bertindak sebagai ketua pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon dan menunjuk Sunan kalijaga sebagai arsitek pembangunan masjid ini.

Sunan Kalijaga mendapat kehormatan untuk mendirikan soko guru Masjid Agung Cipta Rasa Cirebon ini. Soko guru yang dibuat berasal dari kepingan-kepingan kayu yang disusun menjadi tiang sekatal oleh Sunan Kalijaga.  Soko guru tersebut memiliki lambang kesatuan atau kegotong-royongan. Dan ini berfungsi sebagai tiang penyanggah di dalam masjid.

Pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon konon dari cerita yang saya dapatkan pembangunan masjid ini melibatkan 500 tenaga pekerja dari Demak, Majapahit, dan Cirebon. Yang cukup menarik dalam proses pembangunan masjid ini. melibatkan seorang tokoh tahan perang Demak-Majapahit yang bernama Raden Sepet.

Konon tindakan Raden Sepat di datangkan dari Demak dan terlibat dalam pembangunan masjid ini adalah sebagai imbalan Demak kepada Cirebon yang telah membantu mengirim pasukan dalam penyerangan ke Majapahit.

Konon nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon berasal dari kosa kata yang di ambil dari "sang" yang memiliki arti keagungan. Sedangkan "cipta" yang artinya dibangun, dan "rasa" yang artinya digunakan.

Lanjut......
Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon ini memiliki lima ruangan, yaitu ruangan utama, tiga serambi, dan satu ruang belakang. Pada ruang utama masjid terdapat sembilan pintu yang melambangkan Walisongo.

Dan di bagian mihrab Masjid Agung Cipta Rasa Cirebon terdapat ukiran berbentuk bunga teratai yang dibuat oleh Sunan Kalijaga. Di bagian mihrab juga terdapat ubin yang bertanda khusus yang melambangkan tiga ajaran pokok agama, yaitu iman, Islam, dan ihsan.

Di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon kita bisa menemukan sebuah tempat wudhu, konon air di lokasi tempat wudu ini tidak pernah kering, dan ada sebagain orang yang menamakan air dari tempat wudhu ini dengan nama air 'zam-zam'. Hal ini di sebabkan air di lokasi ini sama persis dengan lokasi air zam-zam di Mekah yang tidak pernah kering. Jadi ini hanya kesamaan saja ya...... dan tetap beda dengan air zam-zam yang aslinya.

Namu, sayangnya pada tahun 1549 Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon ini terbakar. Dan di tempat yang sama kemudian dibangun masjid Agung yang baru yaitu Masjid Agung Keraton yang sekarang ini berdiri.

Wisata Sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon merupakan salah satu perjalanan wisata ziarah Cirobon yang bisa kita lakukan, di mana kita dapat mengenal lebih dekat pesona keindahan sebuah nilai sejarah arsitektur dengan segala keunikan dan nilai sejarahnya dan bukan untuk di pergunakan sebagai perjalanan ritual yang di salah artikan penerapannya pada saat melakukan wisata ziarah.



Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

23 komentar

Pernah ke sini sekali tahun 1995 Pak...

Jadi pengin ke sana lagi..

Enak ya Mba bila bisa mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Easa Cirebon ini, banyak cerita sejarah perjalanan agama Islam Indonesia di sini yang bisa kita dapatkan. :D

Salam wisata

dimana2 kalau namanya masjid agung pasti terkenal ya mas... tapi saya belum pernah lihat masjid agung cipta rasa di cirebon pasti ramai banget ya mas, kaya masjid agung di menanggal surabaya rame banget kalau hari minggu... wow!

Masjid, memang menjadi salah satu wisata religi. banyak sekali keindahan masjid yang bisa dinikmati...

Mudah ko Mba untuk menemukan masjid Agung Cipta Rasa Cirobon ini, tempatnya dekan dengan alun-alun dan cukup di kenal di sana. :D

Salam wisata

Ada yang jual nasi jamblang gak ya di dekat majid agung itu mas :D

Benar mas Adi, kita bkan hanya dapat menikmati keindahan seni gaya arsitektur tempat ini, namun lebih dari itu kita bisa mendapatkan cerita sejarahnya yang luar bisa untuk menambah pengetahuan kita di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon ini.

Salam wisata

kalau wisata sejarah di Masjid Agung Sang Cipta rasa Cirebon ini, kita dapa menemkukan nasi jamblang yang khas Mba di dekat sekitaran alun-alun dan enak banget loh.....

Salam wisata

coba aja kalo ga kebakar yia bos, pasti sangat khas...

Luar biasa ya berdirinya tahun 1480... Namanya unik juga ya Mesjid agung cipta rasa.. iasanya nama mesjid kan pakai nama Arab.

Benar Mas, walau sudah direnovasi kita masih bisa menemukan peninggal jejak sejarahnya ko di masjid agung sang cipta rasa Cirebon ini.

Salam wisata

Benar Mas, dan seperti itulah yang ada. he,, he,, he,,, :D

Salam wisata

Masya Allah dibangun oleh Sunan Gunung Jati ya Mas. Saya itu kalau baca nama para sunan disebut-sebut, rasanya tergetar. APresiasi saya kepada mereka sangat tinggi ....

Kebetulan sy tinggal di Cirebon Mas..Masjid agung sang cipta rasa, rame sekali dikunjungi pas malam panjang jimat bulan Maulud...

Subhanallah harus dijaga neh situs peradaban Islam masa lalu... Makasih ilmuny dan salam dari Pulau Dollar

Kapan ya bisa ke cirebon, bali, jakarta heehee, soalnya perjalanan saya yang jauh baru medan :D

wih seru juga kayanya kesana

Semoga bermanfaat informasi Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau yang di kenal dengan nama Masjid Agung Keraton Cirebon ini Mba.

Salam wisata

Terimakasih Kang atas penambahan informasinya, semoga dapat membantu untuk lebih mempermudah pembaca yang membutuhkan informasi untuk berkunjung ke Masjid Agung Ciptarasa Cirebon ini atau yang di sebut dengan Masjid Agung Keraton Cirebon ya.....

Salam wisata

Sama-sama Kang, dan terimakasih atas kunjungan dan supportnya.

Salam wisata

Biasa aja Kang, he,, he,, he,,,,
Siapa tahu nanti malah bisa keliling dunia. ha,, ha,,ha,,,

Salam wisata

Silahkan bila ada waktu dan kesempatan bisa mampir ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, asyik loh.....

Salam wisata

wisata religi... menyenangkan.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus