MENGENAL LAGU JALI-JALI DARI BETAWI

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/mengenal-lagu-jali-jali-dari-betawi.html
Mengenal lagu Jali-jali dari Betawi. Lagu jali-jali merupakan salah lagu kesenian tradisonal Betawi, Lagu ini memiliki ciri khas khusus bagi kesenian tradisional masyarakat asli dari DKI Jakarta.

Melihat perjalanan dari sejarah lagu Jali-jali ini kebelang, konon lagu ini di yakini lahir dan dipopulerkan dari masyarakat etnis China Thionghoa peranakan Jakarta. Dan konon lagu ini dulunya sering di mainkan oleh kaum China Thionghoa peranakan, namun  asal mula ide lagu Jali-Jali memang lahir dari daerah  Betawi, makanya lagu ini menjadi lagu kesenian tradisional masyarakat Betawi.

Lanjut.......
Dari informasi yang saya dapatkan, bahwa Jali-jali di kenal memiliki dua konotasi yang berbeda, yaitu :
  • Jali-jali yang merupakan makanan khas Betawi. Hal ini di karenakan Jali-jali merupakan sebuah jenis tanaman perdu yang selalu berada di pekarangan rumah masayrakat Betawi. Dan sampai saat ini pun "Jali-jali" yang di olah menjdai bahan makanan dapat kita temukan di beberapa restoran dan rumah makan yang menyediakan menu makanan tradisional ini, baik berupa makanan atau pun minuman. Pada masa dulu tanaman "Jali-jali" buahknya sering buat main tembakan yang terbuat dari bilah batang bambu dan karet gelang.
  • Jali-jali yang merupakan lagu kesenian daerah yang di populerkan oleh masyarakat Tionghoa di Jakarta sejak abad ke-19, dan dimainkan sebagai lagu utama gambang kromong. 
Lanjut........
Lagu Jali-jali di populerkan oleh M.Sagi (ejaan dulu M. Sjaugi) pada tahun 1942 melalui alat musik biolanya beliau meperkenalkan lagu ini, hal inilah yang menyebabkan lagu ini menjadi lagu rakyat Betawi , dan pada tahun 1942, lagu ini dinyanyikan secara bersahutan antara wanita dan pria.

Lirik lagu Jali-jalai dari Betawi :

ini dia si jali-jali
lagunya enak, lagunya enak merdu sekali
capek sedikit tidak peduli sayang
asalkan tuan asalkan tuan senang di hati.

palinglah enak si mangga udang
hei sayang disayang pohonnya tinggi 
pohonnya tinggi buahnya jarang
palinglah enak si orang bujang sayang
kemana pergi kemana pergi tiada yang larang

di sana gunung di sini gunung
hei sayang disayang ditengah tengah 
ditengah tengah kembang melati
di sna bingung di sini bingung sayang
samalah sama samlah sam menaruh hati

jalilah jali dari cikini sayang
jali-jali dari cikini
jalilah jali sampai di sini.

Lanjut.......
Lirik lagu jali-jali tersebut di atas merupakan lirik lagu dari dari Betwai, dan menjadi salah satu lirik lagu kesenian tradisional bangsa Indonesia. Lagu tradisonal jali-jali ini bisa di bawakan dengan alat musik dari tradisonal hingga modern. Namun, untuk mengingat kembali lirik lagu jali-jali kita bisa melihatnya dalam sajian bentuk video yang di bawakan oleh para Mahasiswa dan mahasiswi ITB pada saat pagelaran seni budaya. Dan lagu betai Jali-jali ini di bawakan dengan alat musik angklung.



Mengenal lagu jali-jali dari Betawi dengan asal-usul dan sejarahnya, serta mengetahui lebih jelas lirik sebuah lagunya dengan penampilan lagu yang di bawakan para pemain musik tradisional angklung, membuat kita mengenal segala bentuk jenis tradisi dan kesenian tradisional bangsa Indonesia yang kaya akan sebuah nilai ilmu pengetahuan yang dapat di sesuaikan dengan perkembangan jaman. Dan hal ini menerangkan kepada kita bahwa tradisional Indonesia itu kaya akan khasanah sebuah nilai yang tidak dapat diukur dengan sesuatu apapun kecuali kita dapat terus menjaga dan melestarikannya.





Salam wisata,

Sumber :
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

23 komentar

asyik mas, saya suka denger yang versi sekarang, penasaran saat Pak Sagi yang menyanyikan. pasti klasik banget ya, hehe.

kalo lagu jali2 pernah dengar, nah kalo makanan yg terbuat dari tanaman jali-jali blom paham bentuk dan rasanya seperti apa...penasaran

salah satu budaya Indonesia yang harus di lestarikan :)

ternyata jali-jali itu nama makanan ya pak

sering dengar nama lagu jali jali ini, ternyata asyik juga ya lagu nya :)

baru tahu kalo Jali-Jali itu tanaman...heheheh mengenai rasanya bagaimana ya kalau dimasak.....thx infonya broe...

wah ternyata lama juga ya tahun pembuatan lgu ini...sebelum kemerdekaan malah

meski pada dasarnya ini adalah lagu daerah, tapi saya yakin semua orang di lain daerah juga tahu lagu ini

jadi asalnya dari kaum tionghoa ya pak, saya baru tahu...wah luar biasa sekali ya peranan saudara kita keturunan tionghoa di negeri ini, banyak mempengaruhi budaya dan lainnya...Tahu Sumedang juga yang membuat untuk pertama kalinya adalah orang tionghoa....nanti saya tulis juga ahhhh :D

lagu jali-jali ini sekarang sudah jarang terdengar, palingan dinyanyikan untuk seremonial belaka, atau kalo ada pengantinan orang betawi asli....sama serupa dengan lagu2 daerah yg ada di Indonesia...perlahan-lahan mulai jarang terdengar...dan mungkin besok bisa hilang dari peredaran...dan tak ada lagi yang mengingatnya...
keep happy blogging always..salam dari Makassar ;-)

Benar Mas, kangen dengan suara beliau juga. he,, he,, he,,, :D

Salam wisata

Untuk makanan jali-jali pernah saya sajikan di kuliner mas, silahkan cari judul "Wisata Eksotisme Kuliner Sunda Tepi Laut" di sana saya lampirkan sebuah sajian ice Jali-jali.

Salam wisata

Tradisi budaya kesnian lagu jali-jali harus tetap di lestarikan dan dikembangkan juga ya Mas. :D

Salam wisata

Ada dua fersi Mba, jalai-jali yang berupa makanan, dan juga jali-jali yang mnejadi kesenian tradisi masyarakat Betawi. :D

Salam wisata

Lagu tradisional jali-jali memang enak di dengar di hati ya Mba.... :D


Salam wisata

Yang saya pernah coba Ice jali-jali Mba, dan rasanya enak banget dan pasti ketagihan. :D

Salam wisata

Benar Kang, semoga bisa ikut melestarikan seni budaya Indonesia ini terus dengan cara seperti ini ya.... :D

Salam wisata

Benar Mas, dan semoga lagu tradisional seperti jali-jali ini terus dapat bertahan dan terlestarikan dalam kehidupan era modern ini ya... :D

Salam wisata

Benar mas, dan kita juga banyak tahu bahwa masayrakat Thionghoa banyak andil dalam tradisi dan budaya yang ada di setiap daerah kawasan Indonesia ini.

Salam wisata

bukan lagunya benyamin syueb ternyata..

Semoga saja para pelaku seni khususnya ksenian tradisonal dan modern dapat mengangkat lagu-lagu tradisonal dalam pengembangan kreatifitas mereka yang di inovasikan dalam bentuk modern peyajiannya ya Kang. Sehingga kita tetap dapat melestarikannya sebagai identitas suatu daerah yang ada di Indonesia.

Salam wisata

Bukan kang Rawin, kalau Benyamin Syueb ada tersendiri lagu daerah Betawi yang di populerkannya. :D

Salam wisata

lagu jali jali ini mmang harus dikenal ya mas agar kita bisa lebih suka sama lagu lagu karya dalam negeri, bukan lagu nya girl band dan boy band dari jepang dan korea :D

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus