MENYAKSIKAN VIDEO MAPPING KEKUNAAN SINGHASARI

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/menyaksikan-video-mapping-kekunaan-singhasari.html
Menyaksikan Video Mapping Kekunaan Singhasari. - Menonton video mapping sama halnya kita menonton video di layar lebar. Namun yang membedakannya media yang digunakan dan menjadi dinding layarnya adalah sebuah bangunan. Dan video mapping yang saya lihat ini berada di lokasi Museum Nasional Indonesia. (12/05/2014).

Kegiatan menonton bersama video mapping ini sama halnya kita menyaksikan seperti pertunjukan layar tancep, dan di saksikan oleh orang banyak di halaman gedung yang luas. Acara ini merupakan rentetan susunan acara kegiatan penutupan Festival "Hari Museum Internasional dan 236 Tahun Mueum Nasional Indonesia" di Museum Nasional.

Cerita dalam video mapping ini menggambarkan sebuah kisah Singhasari yang merupakan kerajaan dari masa sejarah kuna Indonesia yang berlangsung singkat, namun sangat memberikan sumbangan yang bermakna dalam berbagai aspek kehidupan seperti ketatanegaraan, keagamaan, arsitektur, dan kesenian.

Kerajaan Singahasari yang didirikan oleh seorang tokoh yang bernama Ken Arok, dan berkat bantuan sang ayah angkatnya seorang Brahmana, maka Ken Arok dapat mengabdi pada seorang kuwu atau pengusa daerah di Tumapel, yaitu Tunggal Ametung.

Pada suatu kesempatan Ken Arok membunuh Tunggul Ametung, lalu kemudian menggantikan Tunggul Ametung sebagai akuwu, dan memperistri Ken Dedes, mantan istri Tunggul Ametung. Pada perjalanan hidup selanjutnya wilayah kekuasaannya tidak hanya Tumapel melainkan sampai ke Kerajaan Kadiri.

Lanjut......
Berawal dari menurunnya kewibawaan kerajaan Kadiri, banyak para Brahmana yang mengungsi ke Tumapel. hal tersebut dimanfaatkan oleh Ken Arok untuk melakukan penyerangan ke Kadiri. dengan hancurnya kerajaan Kadiri Ken Arok menyatukan kedua wilayahnya yang membangun suatu kerajaan  baru yang lebih besar bernama Singhasari.

Ken Arok yang menjadi Raja pertama Singhasari,dan berkuasa pada tahun 1222-1227. Seterusnya pemerintahan di Kerjaan Singhasari beralih dari satu raja keraja yang lainnya, hingga tiba masa kepemimpinan Wisnuwardana. Pada masa raja inilah situasi dalam negeri kerajaan Singahasari mulai tenang dan kuat. Pada pemerintahaan berikutnya, yaitu pada masa Raja Kertanegara, upaya perluasan dan penyatuan wilayah nusantara di lakukan.

Singkat cerita kini peninggalan Kerajaan Singhasari di situs yang beranama Singasari sangat menarik perhatian orang sejak ditemukannya kompleks percandian yang ditemukan oleh Gubernur Jawa Pantai Laut yang bernama Nicolaus Engelhand pada tahun 1803.

Dan pada tahun 1804 arca-arca dari percandian tersebut dibawanya ke Semarang. Pada tahun 1819-1827 di bawa ke negeri Belanda. Dan kini arca tersebut menempati salah satu ruang pameran tetap di Museum Volkenkunde Leiden, Balanda.

Lanjut..........
Setelah lebih dari satu abad, kini candi induk dari kompleks percandian Singasari telah berdiri tegak kembali di lokasi Kecamatan Singasari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Namun yang tersisa di lokasi sana hanya beberapa arca saja.

Bagi teman-teman dan pembaca setia Ejawantah Wisata yang akan melihat Mapping Kekunaan Singhasari, kita bisa menyaksikannya melalui chanel youtube saya. (Lihat Video : Video mapping Kekunaan Singhasari)

Menyaksikan Video Mapping Kekunaan Singhasari sebuah perjalanan wisata budaya dan sejarah yang saya lakukan di kawasan tempat wisata Jakarta yang berlokasi di Museum Nasional Indonesia. Walau terlihat megah dengan konsep yang bagus, namun sangat disayangkan acara ini masih banyak kekurangannya.

Setiap manusia dalam perjalanan sejarahnya tidak akan ada yang sempurna, namun sebuah nilai sejarah janganlah di nodai dengan nokhta merah yang dibuat masa kini yang akan berimbas kepada masa depan hinga merusak sebuah visi dan misi dari pelestarian dan minat akan sebuah tradisi dan budaya bangsa sendiri, itulah sebuah catatan kecil pembelajaran yang saya dapatkan setelah Menyaksikan Video Mapping Kekunaan Singhasari.



Salam wisata,

Sumber :
Sinopsis Video Mapping Kekunaan Singhasari (Museum Nasional Indonesia).
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

16 komentar

KIrain di akhir cerita di sini bisa lihat videonya juga :D

hampir ngga ngerti yang dimaksudkan dengan video mapping teh seperti apaan, kalau yang dimaksudkan nonton video ditembok gedung mah ngerti dong...tapi belom pernah ngerasain nonton...wong n'deso jeh saya ini teh...

Videonya Mapping Kekunaan Singhasarinya sudah di cahnel youtube Mba, maaf baru selesai uploadnya. Silahkan lihat ya..... Semoga bisa ikut melestarikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia.

Salam wisata

Video mapping kruang lebihnya seperti itu Kang, seperti layar tancep. he,, he,, he,,,
Tapi kalau ini mengikuti struktur gedung bangunan yang di jadikan layarnya. Semoga dengan adanya penyelenggaraan versi multimedia melalui video mapping Kekunaan Singhasari ini bisa menjadikan masayrkat lbih mencintai tradisi dan budaya bangsa Indonesia ya.... :D


Salam wisata

kerajaan singasari memang salah satu kerajaan yg menyimpan beribu sejarah yamas

Benar kang Yanto, melalui video mapping kakunaan Singhasari ini di harapkan masayrakat dan kita bisa mengenal dekat melalui multimedia audiovisual yang memuat informasi kreatif yang beredukatif tentang tradisi dan sejarah Singasari.

Salam wisata

nonton nya serasa kayak pertunjukan layar tancap dulu ya mas...
cuma media aja yg di pakai beda.... :)

sejarah kerajaan di indonesia jangan sampai dilupakan ya mas...

Benar Mas Pur, serasa kita nanton layar tancep bila menyaksikan video mapping. :D

Salam wisata

Konsep video mapping kekunaan singhasari bisa menjadi salah satu sarana agar masyarakat mencintai dunia sejarah juga loh.... :D

Salam wisata

asyik ya mas nonton video mapping singhasari kaya layar tancep bisa senggol2an seperti pengantin sunat jadinya hehehe :D

suatu saat insyaAllah saya ingin main ke jkt berkunjung ke museum nasional dan juga TMII, ancol dll, hmmm betapa asyiknya sambil ngeblog :)

Benar Mba, nanti bila ada ksempatanbisa mein ke Jakarta ketempat wisata Jakarta yang murah meriah dan asyik di kunjungi. apalagi sambil negblog, jadi enak deh. :D

Salam wisata

entar kalau ada pengharga pewarta sejarah terfavorit, aku daftarin ya...siapa tahu besok jadi menteri persejarahan nasional ( kalau ada ) :)

saya angkat Mas jadi menteri kebudayaan kabinet saya besok deh

ha,, ha,, ha,,, bisa saja si Mba Yuni nih, hanya hobi dan suka ko Mba tentang tradisi dan budaya sejarah bangsa Indonesia, siapa tahu bisa ikut melestarikan dan memperkenalkan potensi tradisi dan budaya bangsa Indonesia yang indah ini dari sebuah blog Ejawantah Wisata ini. :D

Salam wisata

Kalau nanti Kang Zach yang jadi Presidennya ya ? :D he,, he,, he,,,

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus