MENELUSURI PANTAI PARANGTRITIS JOGYA

http://www.ejawantahtour.com/2014/06/menelusuri-pantai-parangtritis-jogya.html
Menelusuri Pantai Parangtritis Jogya. - Pantai indah di sisi selatan Kota Jogya yang merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Letaknya tidak jauh dari pusat kota Jogya.

Pantai Parangtritis Jogya ini cukup di kenal dan memiliki sebuah cerita legenda yang berhubungan dengan anak turunan kerajaan Mataram dari Penembahan Senopati alias Sutawijaya.

Waktu saya menelusuri Pantai Parangtritis Jogya dengan kuda, sangat terasa sebuah pemandangan indah di sekitar padang pasir pantai putih yang halus. Deburan ombak yang memecah suara di setiap bibir pantainya seakan menjadikan suasana perjalanan di sekitaran pantai Parangtritis Jogya ini mengajak kita dalam sebuah arena permainan di sekitaran pantai hingga larut petang.

Kisah menarik dari seorang penduduk asli pantai Parangtritis Jogya yang saya kenal di lokasi, beliau menceritakan sebuah cerita legenda pantai laut selatan yang masih menjadi sebuah kepercayaan dan keyakinan bangsa Jawa hingga saat ini.

Di mana obrolan ini bermula pada saat saya bertanya kepada Pak Seto pemilik kuda yang saya sewa untuk menelusuri Pantai Parangtritis Jogya ini tentang sebuah cerita legenda yang berhubungan dengan daerah pesisir Pantai Laut Selatan Jogya ini yang berhubungan dengan kerjaan Mataram di Jogya.

Alkisah...............
Berawal dari seorang tokoh Penembahan Senopati yang merupakan tokoh central yang berhail membuat sebuah anyaman mistik dan politik. Di mana hasil karya seorang Penembahan Senopati ini memiliki perpaduan keteladanan antara alam pikiran Jawa.

Sosok Penembahan Senopati yang menjadi cerita legenda Pantai Parangtritis Jogya memiliki sebuah kepribadian personafikasi terhadap pemahaman tertinggi dari ajaran Jawa yang disebut manggali, yang artinya bahwa beliau menguasai dan mengenal soal-soal esesnsial.; pasca manah yang artinya membidik anak panah, mengenal soal-soal problematik di jantung kehidupan, pusat lingkaran yang dikenal sebagai jangka, itulah yang disebut dengan makna jangkah jangkaning jaman.

Lanjut.......
Dari segi mistik atau hal gaib yang diyakini dengan sosok tokoh Penembahan Senopati Sutawijaya konon, menurut kepercayaan masyarakat Jawa, terlepas dari perdebatan tentang fakta atau pun cerita mitos. Antara Penembahan Senopati Sutawijaya dengan Ratu Kidul telah memiliki hubungan yang diwali dengan sebuah perjanjian antara Penembahan Sonopati dengan Kanjeng Ratu Kidul untuk saling membantu apabila terjadi gangguan dalam tubuh kerajaan.

Mengenai hubungan tersebut, Pak Seto menjelaskan bahwa Penembahan Senopati digambarkan sebagai tokoh sakti mandraguna. Bahkan, beliau bisa mengguncangkan ketenangan Laut Selatan dan membuat Ratu Kidul cukup terkejut akibat perbuatan dari Penembahan Senopati Sutawijaya yang membuat ikan-ikan di lautan pada geger, air laut berubah menjadi sepeti rebusan air yang mendidih dengan suara yang ditimbulkannya seperti gemuruh yang mengerikan..

Selama hidupnya, Kanjeng Ratu Kidul baru menyaksikan kejadian tersebut dimana sebuah perisitiwa yang dapat mengguncangkan Laut Selatan. Hal ini di sebabkan oleh kekuatan doa Penembahan Senopati Sutawisya ketika beliau berada di daerah pesisir Laut Selatan.

Lanjut...........
Dari kejadian itulah awal mula perkenalan Kanjeng Ratu Kidul penguasa Laut Selatan dengan Penembahan Senopati Sutawija. Ketika keduanya bertemu, Ratu Kidul meminta belas kasihan kepada Pembahan Senopati, agar kegiatan ritual doanya di hentikan dan keadaan laut kembali menjadi normal. Melihat kejadian ini, Sang Penembahan Senopati Sutawijaya pun tergoda oleh kecantikan Kanjeng Ratu Kidul, dan mulai saat itulah mucul benih-benih asmara di antara mereka.

Lalu,,,,,,, Penembahan Senopati Sutawijaya pun berjalan mengikuti Kanjeng Ratu Kidul menuju kedaton nya di bawah laut. Sesampainya di kedaton, mereka beristirahat ditunggui oleh para penunggu laut yang terdiri dari jin, setan, dan peri perayangan. Mendengar cerita ini saya pun langusng merinding dan bulu kudu pun pada berdiri..........

Lanjut.............
Senopati pun terkagum-kagum melihat perabotan yang ditata oleh  Kanjeng Ratu Kidul dengan indah sampai pada tempat tidurnya. Senopati benar-benar terpikat dan menjadi kasmaran dengan Kanjeng Ratu Kidul. Hingga saat ini, masih banyak masyarkat yang mempercayai bahwa Kanjeng ratu kidul akan siap membantu Penemabahan Senopati dan anak turunannya apabila menghadapi masalah. Bahkan menurut informasi cerita masayrakat Jogya, Kanjeng Ratu Kidul dipangil Eyang oleh Sultan Hamengku Buwono IX. karena para raja Keaton Jogyakarta merupakan keturunan Senopati yang menjadi "suami" Kanjeng Ratu Kidul.

Bahkan, anggapan bahwa adanya hubungan mistis antara raja-raja Mataram dengan Kanjeng Ratu Kidul Pantai Laut Selatan menempatkan bahwasanya diri raja tidak hanya sebagai manusia biasa, tetapi sebagai manusia yang mempunyai kempuan dan kekuatan di atas kodrat manusia biasa. Untu mengenal nama-nama raja-raja Mataram Jogya ( Baca : Keraton Yogyakarta Cerita Budaya Dalam Perjalanan Babad Tanah Jawi )

Itulah sekelumit cerita yang saya dapatkan dari seorang penduduk asli Pantai Parangtritis Jogya yang berprofesi sebagai tukung penyewa kuda di tempat wisata di sana. Namun, terlepas dari kebenaran sebuah cerita ini semua atau hanya sebuah cerita legenda mitos tentang Pantai Laut Selatan dengan Penembahan Senopati Kerajaan Mataram, ada sebuah pembelajaran yang bisa kita ambil sebagai nilai positifnya di sana.

Sedangakn untuk sebuah cerita Pantai Parangtritis versi lain yang pernah saya dapatkan juga di lokasi tempat wisata Yogya ini, teman-teman atau pembaca setia Ejawantah Wisata dapat membacnaya di halaman : Pantai Prangtritis Yogyakarta Dan Sebuah Mitos Cerita Legenda Tanah Babad Tanah Jawi

Menelusuri Pantai Parangtritis Jogya tentu merjadi pengalaman perjalan wisata yang mengasyikan bagi saya pribadi dan juga banyak orang yang telah berkunjung di tempat wisata Jogya ini. Di mana kita akan dapat menikmati pemandangan tepi pantai selatan kota Jogya yang indah, dan sebuah catatan pembelajaran dari cerita legenda masyarakat Jawa yang tersohor ini. bahwa di dalam setiap sebuah tradisi dan budaya ada sebuah keyakinan yang memiliki pembelajaran positif, dan hal itu merupakan sebuah identitas bangsa Indonesia yang unik dan sangat menarik. Dan perbedaan pendapat merupakan sebuah kunci rahmat dalam kesinambungan hidup tanpa harus mencela dan menghakimi tardisi dan budaya bangsa sendiri tanpa mau peduli untuk mengenal lebih jauh dengan identitas bangsanya sendiri. Semoga bermanfaat.[]




Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

14 komentar

mas ini emang hobby nya jalan-jalan ya..
udah keliling Indonesia mungkinn...
hehee

Amiiin,,,,,, semoga mas bisa kesampaian keliling Indonesia, krena Indonesia itu indah dan kaya, banyak sisi cerita tradisi dan budaya serta sejaranya yang unik yang bisa kita kenalkan kepada dunia, bahwa negeri Indonesia lebih indah dari negeri yang lainnya. :D

Salam wisata

widihh panjang ya ceritanya ^^
dari dulu pengen ke parangritis, mungkin someday~

Semoga suatu hari bisa ya Mba Ke pantai Parangtritis ini, he,, he,,he,,


Salam wisata

Dulu waktu ke Jogja, ini yang kelupaan untuk dikunjungi karena diburu waktu hehehe.. *itu mah bukan lupa :)

Parangtritis merupakan pantai yang penuh dengan cerita mistis ya Pak, namun karena cerita-cerita juga menjadi daya tarik tersendiri :)

Ko bisa kelupaan Mba ? he,, he,, he,,, Pantai Parangtritis Kogja itu indah banget lohh dan enak. :D

Salam wisata

Benar Kang, namun karena sebuah cerita dan tradisi itulah yang membuat pantai parangtritis tersebut menjadi ramai di kunjungi wisatawan. :D

Salam wisata

jogja, kota pelajar. kota yang kaya dengan adat istiadat. wisatanya yang membuat org betah, termasuk saya... :) kulinernya, hmmmm.. sipsss.. ingin rasanya ke jogja lagi.

Pantai Parang tritis pantainya sangat luas ya ternyata juga banyak sejarahnya.

Serasa baca cerita legenda .... keseringan baca blogku ya mas jadi ketularan nulis cerita legenda :D

tempatnya cukup mengiurkan mas, kalau nabungnya dah penuh langsung tangcap hhehe :-d

lokasi wisata yang mengasikkan yang patut di perhitungkan saat akan berwisata

Hadoh, nggak berani naik kuda, soalnya udah pernah lihat kuda ngamuk di Parangtritis. Kalau ke Paris suka beli peyek jingking

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus