WISATA ZIARAH MASJID AGUNG BANTEN

http://www.ejawantahtour.com/2014/06/wisata-ziarah-masjid-agung-banten.html
Wisata Ziarah Masjid Agung Banten yang terletak di Jalan Banten Lama, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Propinsi Banten. Dari kota Banten menuju lokasi ini kita akan mememrlukan jarak tempah +/- 10 km ke arah sebelah utara.

Wisata ziarah Banten merupakan salah satu wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara. Karena di daerah Propinsi Banten memiliki tempa-tempat wisata ziarah yang banyak di kunjungi.

Dari pusat informasi sejarah Masjid Agung Banten, masjid ini  memiliki bangunan berupa tiyamah dengan lenggam arsitektur Belanda Kuno yang merupakan bangunan tambahan yang berdiri di sebelah selatan masjid yang di bangun oleh Hendrik Lucas Cardeel seorang arsitek Belanda, dan didirikan pada masa pemerintahana Sultan Maulana Hasanuddin dan  putranya Sultan Maulana Yusuf pada tahun 1566 M atau bertepatan dengan bulan Zulhijjah 966 H.

Dan Menurut informasi arsitek Handrik Lucas Cardeel adalah arsitek yang beragama Islam dan mendapat sebuah gelar dari Sultan dengan nama Pangeran Wiraguna, Menurut K.C Crucg menara ini Masjid Agung Banten sudah ada sebelum tahun 1569 M/1570 M, bahkan berdasarakan tinjauan seni bangunan dan hiasannya ia berkesimpulan menara ini didirikan pada pertengahan kedua abad XVI yaitu antara tahun 1560 M sampai 1570 M.

Lanjut..........
Sepintas Masjid Agung Banten ini relatif terpelihara, meskipun masih banyak yang sudah rusak. Di sebelah kiri dan kanan masjid ini terdapat bangunan Tiyamah dan tempat pemakaman Sultan -sultan Banten. ( Baca : Wisata Malam Di Kawasan Kabupaten Provinsi Banten )

Komplek bangunan Masjid Agung Banten memiliki luas area +/ 1,3 ha yang dikelilingi pagar tembok setinggi satu meter. Pada tembok sisi timur dan barat masjid masing-masing terdapat dua buah gapura di bagian utara dan selatan yang letaknya sejajar, dan berdiri di atas pondasi masif dengan ketinggian +/- 1 meter dari halaman.

Ruang utama Masjid Agung Banten memiliki bentuk empat persegi panjang, dan menurut informasi yang saya terima ruangan ini memiliki luas 25 x 19 meter, dan berlantai ubin dengan ukuran 30 x 30 cm berwarna hijau muda.

Pada dinding sebelah timur Masjid Agung Banten terdapat sebuah didnding pemisah yang memisahkan ruang utama dengan serambi timur, dan terdapat empat buah pintu yang menueurt informasi pintu-pintu tersebut berukuran +/- 174 x 98 meter yang terbuat dari kayu.

Untuk bagian atas pintu Masjid Agung Banten ini berbentuk lengkung setengah lingkaran. Lubang angin pada dinding timur ada dua buah yang mengapit pintu, dan pintu paling selatan berbentuk persegi panjang yang di dalamnya terdapat hiasan motif kertas tempel. Dinding bagian barat berhiasakan pelipit rata, penyangga, setengah lingkaran, dan pelipit rata, peyangga, setengah lingkaran, dan pelipit cekung.

Pada dinding sisi utara Masjid Agung Banten terdapat sebuah pintu berukuran 240 x 125 cm, dan dua buah jendela dengan ukuran 180 x 152 cm, sedangkan pada dinding selatan terdapat satu pintu. Bangunan lain yang ada di halaman Masjid Agung banten ini terdapat sebuah menara dan bancet atau yang dikenal dengan nama jam matahari, informasi yang saya dapatkan tinggi menara ini +/- 23 meter dan dilengkapi dengan 82 buah anak tangga yang dapat mengahantarkan diri kita hingga ke puncak menara.

Sedangkan untuk kolam yang berada di depan serambi timur Masjid Agung Banten kita bisa melihat bentuk kolam yang persegi panjang dengan hiasan tembok yang mengelilingi kolam tersebut, konon kolam ini dulunya sebagai tempat mengambil air wudhu untuk bersuci sebelum masuk ke dalam Masjid Agung Banten ini.

Bergeser ke sebuah tempat sholat, dimana tempat sholat ini bernama pawestren, yaitu ruangan khusus untuk sholat wanita yang letaknya bersampingan dengan ruang utama. Dan pada dinding selatan Masjid Agung Banten terdapat sebuah pntu yang menghubungkan pawestren dengan serambi temapt makam, yang terdapat lubang angin di dinding yang berbentuk segi tiga dan hanya terlihat sebagian yang terbuka karena tertutup atap makam di bagian sebelah selatan Masjid Agung Banten ini. Sedangakn untuk bagian sebalah barat paswastren hanya terdapat lubang angin dengan bentuk kumpulan segitiga dengan di selingi bunga di antaranya.

Wisata Ziarah Masjid Agung Banten dapat membawa kita mengenal lebih dekat dengan kebesaran masa kejayaan dan kebesaran Islam yang ada di daerah kawasan Banten ini, Dimana kita akan dapat menikmati pernak-pernik gaya arsitektur sebuah banguna Masjid Agung Banten yang sangat indah dan unik yang memiliki nilai sejarah yang besar, selama perjalanan pengembangan agama Islam di tanah Jawa.[]




Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

16 komentar

hampir sama dengan demak ya mas namun agak lebar mungkin ,1,3 hektar hmm inilah islam tenpo doeloe

Yang jadi ciri khas bentuk menara bantennya itu...

saya belum pernah kemasjid banten nih mas,masjid banten termasuk salah satu masjid tua yamas

udah pernah kesini dan naik menara masjidnya luar biasa indahnya, ternyata atapnya itu berasitektur dari tionghoa :D

Benar Mas, dan Masjid Agung Banten ini memiliki sejarah dari Masjid Demak juga. :D

Salam wisata

Benar mas, itu menara tua banget umurnya. :D

Salam wisata

Benar kang, Masjid Agung Banten termasuk salah satu masjid tertua di Jawa, akan ada banyak yang bisa kita dapatkan di tempat wisata ini.

Salam wisata

Kalau bisa naik menaranya dan ambil photo sunsetnya keren ya ? he,, he,, he,,,

Salam wisata

sayang sekali saya belum pernah ke sana, jadi belum bisa menikmati pernak pernik arsitekturnya.

Bisa jadi rekomendasi wisata religi nih mas :D

Bila ada waktu dan kesemapatn bisa di coba mampir di tempat wisata Masjid Agung Banten ini mas, he,, he,,he,,,

Salam wisata

Silahkan mba, semoga bisa membantu perjalanan wisatanya bila ke sana. :D

Salam wisata

kunjungan pertama gan, salam kenal

sudah cukup tua juga rupanya...

jadi, tidak salah lagi, jika masjid agung banten memiliki banyak sejarah yang pantas ditelusuri yia bos...

kalau tidak salah selain digunakan sebagai tempat mengumandangkan adzan, menara yang juga dibuat oleh Hendick Lucasz Cardeel ini digunakan sebagai tempat menyimpan senjata. setahu saya sih mas.. :)

insya allah sya mau ksana bsk. skalian ziarah dan wisata religi. kalo naik motor dr depok susah gak ya ksna nya...?

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus