KOTA TUA JAKARTA FENOMENA SEJARAH JAKARTA


Berada di Ibu Kota negara Indoneisa, Jakarta tentu tidak lengkap jika tidak mengunjungi Kota Tua atau yang biasa disebut dengan Batavia Lama (Oude Batavia-bahasa Belanda). Kota Tua yang memiliki luas 1,3 km dan dibangun sekitar tahun 1620 setelah Belanda di bawah pimpinan Jan Pietter Coenzon yang menaklukkan Jayakarta pada waktu itu dan menguasai perkampungan di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa.


Kota yang baru dibangun tersebut diberi nama Batavia untuk menghormati Bataviaren, leluhur warga Belanda. Pada tahun 1635, pengenmbangan kota ini semakin meluas dan memakan waktu yang panjang. Baru di tahun 1650, pembangunan batavia selesai. Dibuat dengan gaya Eropa Belanda, lengkap dengan benteng (Kasteel Batavia), dinding kota, dan blok yang dipisahkan kanal, dengan pusat kota yang berada di lapangan atau Alun-alun Fatahalillah (sekarang menjadi halaman Museum Sejarah jakarta).

Kota Batavia dibangun sebagai tempat pemukiman, pusat kota, dan pemerintahan. Oleh karena itu Kota Tua Batavia memiliki banyak situs bersejarah yang layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Karena Kota Tua Jakarta memiliki sebuah nilai sejarah dan keindahan bentuk bangunan peninggalan Belanda, khususnya bagi warga Ibu Kota DKI Jakarta.

Objek-objek sejarah yang menarik kita dapat temui di Kota Tua Jakarta :

1. Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah)
2. Museum Seni Budaya dan Keramik.
3. Museum Wayang.
4. Museum Bank Mandiri.
5. Museum Bank Indoneisa.
6. Bank Standard-Chartered
7. Hotel Former
8. Jembatan Tarik Kota Intan
9. Galangan  VOC
10. Menara Syahbandar.
11. Museum bahari,
12. Pasar Ikan
13. Pelabuhan Sunda Kelapa
14. Gedung Arsip nasional
15. Pecinan Glodok dan Pinangsia
16. Stasiun Beos
17. Kali besar (Grootegracht)
18. Gedung Chandranaya,
19. Vihara Jin De Yuan (Vihara Dharma Bhakti).
20. Toko Merah
21. Petak Sembilan, Peni
22. Masjid Luar Batang.


Dari pengalaman penulis  menyelusuri Kota Tua Jakarta sering mendapatkan moment-moment yang indah dalam nampilkan suatu tempat yang klasik dan unik ini. Terutama pertunjukan seni tradisional yang selalu di pertunjukan di halaman Fatahillah bagi setiap pengunjung yang hadir. Bila suasana cuaca mendukung, maka bagi kita para pecinta dunia photo graphi akan mendapatkan view gambar yang cantik dan indah melalui fenomena alam yang kita akan dapatkan diantara gedung-gedung tua bersejarah tersebut.

Sangat disayangkan bagi kita warga Jakarta khususnya dan warga Indonesia yang belum atau pun tidak mengetahui objek-objek wisata yang bernilai sejarah dunia ini. Dimana cikal bakal berdirinya pusat kepemerintahan Ibu Kota Negara Indonesia menjadi suatu nilai historis sejarah tersendiri bagi bangsa dan negaranya..

Kota tua Jakarta merupakan objek wisata yang sangat mengasyikan, penuh edukatif akan sebuah nilai bersejarah tentang Ibu Kota Jakarta dan sejarah bangsa Indonesia. Bagi para sahabat-sahabat yang akan melakukan perjalanan di kota tua sebaiknya kenali objek wisata yang akan kita datangi terlebih dahulu. Bila perlu kita dapat mengikuti suatu paket perjalanan dengan seorang yang telah berpengalaman dan mengetahui setiap objek yang akan dikunjungi.

Penulis sangat menyarankan kepada para sahabat-sahabatku jangan lupa siapkan kamera dan kostum yang menarik jika mengunjungi kota tua Jakarta. Dikarenakan kita akan menemui spot yang menarik untuk berfoto ria dengan rekan-rekan, sahabat, keluarga, atau pun pasangan kita. yang mana semua ini merupakan suatu kisah perjalanan yang menarik dan dapat berkesan dihati kita.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan dan dapat berbagi pengalaman kepada rekan yang lainnya.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

2 komentar

Gedung-gedung tua dijakarta sudah tergolong rawan, & semoga gedung itu nanti tidak tergantikan oleh mall2 yang membabat peninggalan sejarah jayakarta tempo dulu :)

Amiiin, semoga masyarakat dan pemerintah dapat mengoptimalkan potensi gedung tua yang memilki nilai historis sejarahnya.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus