JEMBATAN KOTA INTAN KOTA TUA JAKARTA KEINDAHAN RATU JULIANA DALAM SEJARAH JAKARTA


Jembatan Kota Intan merupakan salah satu jembatan yang terletak di sudut Ibukota Jakarta. Jembatan Kota Intan memiliki panjang 30 meter dan lebar 4,43 meter ini sering kali menjadi salah satu objek wisata yang selalu direkomendasikan pada saat berkunjung di wilayah objek wisata Kota Tua Jakarta.

Jembatan Kota Intan juga sering dijadikan tempat untuk berbagai macam kegiatan, mulai dari zona titik rute wisata observasi budaya yang bernilai sejarah, dan tempat lokasi ajang pengambilan gambar photo bagi para fotografer sampai tempat favorit pengambilan photo pre-wedding.

Jembatan Kota Intan yang memiliki keunikan dari panorama view arsitektur dan bentuknya, selalu membuat para mata yang melintah dikawasan Kota Tua Jakarta ingin mendekati dan mengabadikan sebuah momen unik pemandangan yang indah dan klasik bagi para wisatawan domestik dan luar negeri dari kamera photo yang mereka miliki.

Jembatan Kota Intan pernah mendapat julukan sebagai Jembatan Pasar Ayam ( Hoenderpasarbrug ) oleh masyarakat pribumi. Dikarenakan pada saat itu di sekitar Jembatan Kota Intan dijadikan area jual beli ayam. Dan pada tahun 1938 Jembatan Kota Intan ini rusak, dan sempat diperbaiki kembali dan bergati nama menjadi Jembatan Ratu Juliana ( Ophalsbrug Juliana ). Dan sekarang ini dikenal dengan nama Jembatan Kota Intan ( Diamond ). Dengan alasan pada waktu itu berdiri sebuah Kastil Batavia bernama Diamond.

Jembatan Kota Intan berlokasi persis berdekatan area Stasiun Bus Jakarta Kota yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 7 September 1972. Dan menjadi satu-satunya jembatan yang tersisa dan paling terkenal di Ibu Kota Jakarta dari sekian banyaknya yang pernah didirikan Belanda yang penulis ketahui dari beberapa sumber informasi daftar pustaka dan pusat sejarah Jakarta..

Banyak sensasi yang dapat kita rasakan di Jambatan Kota Intan ini, seperti pengalaman penulis pada saat hadir bersama para peserta wisata Jakarta City Tour yang penulis bawa untuk memperkenalkan di area Jembatan Kota Intan ini. Dimana kita bukan hanya dapat melihat bentuk jembatanya yang unik; namun, kita  juga dapat merasakan bentuk suatu jembatan yang khas, dan dapat membawa daya hayal imajinasi kita pada era masa lalu.

Pada saat kita mulai menginjakkan kaki diatas Jembatan Kota Intan ini, seketika itu pula kita langsung dapat memvisualisasikan perdagangan pada masa lampau, pada saat kapal-kapal yang sibuk hilir mudik dengan urusannya masing-masing berlalu lalang melintasi Jembatan Kota Intan di bawahnya yang terdapat sebuah kali besar.


Kini Jembatan Kota Intan usianya sudah renta dan semakin terlihat dari karat besi yang timbul di sisi-sisinya, walau selalu diperbaruhi, kekuatan kayunya pun tampak tidak sekokoh seperti dulu. Biarpun seperti itu, Jembatan Kota Intan yang penuh dengan sejarah ini menyisakan sebuah kisah yang menarik untuk ditelusuri. Jembatan Kota Intan tetap berjasa karena telah turut serta menjadi bagian dari perjalanan bangsa Indonesia khususnya Ibu kota Jakarta.

Jembatan Kota Intan kini tidak berfungsi sebagai jembatan yang membantu orang menyeberangi kali besar di daerah Kota Tua Jakarta, dan kini hanya bisa melayani para tamu wisatawan yang terkadang untuk melampiaskan segala inovasi kreatifitasnya dalam berkarya dengan segala bentuk kekagumannya dalam bentuk arsitektur yang unik dan memiliki cerita sejarah Jakarta ini.

Berbekal semangat hasrat menuangkan sebuah goresan karya dalam bentuk tulisan yang beredukatif selama melakukan perjalanan wisata edukasi sejarah di Kota Tua Jakarta, rasanya bila berbagi dari apa yang sudah penulis dapatkan merupakan suatu rasa kesenangan tersendiri yang tidak ternilai harganya.

Wisata Edukasi Sejarah Jakarta merupakan suatu perjalanan wisata yang kaya akan informasi ilmu pengetahuan bernilai sejarah yang dapat membuka cakrawala pengetahuan tentang budaya dan sejarah Ibu kota Jakarta. Perjalanan wisata yang dapat memberikan suatu nilai lebih dan unik dalam suatu konsep perjalanan wisata yang tidak membuat suasana menjadi tidak monoton dan dapat membantu peserta untuk dapat menambah cakrawala pengetahuan tentang Ibu kota Jakarta dengann cara yang unik dan mengasyikan.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

22 komentar

engen bgt suatu saat sy bs liat kota tua.. tp suka males berangkat paginya :D

Sore hari di Kota tua juga bagus ko suasana viewnya Mba. Apalagi di lokasi jembatan kota intan ini. Tidak kalah excotic dengan view di pagi hari.

seru banget pastinya ya...

Wooooowww....
Kliatn'y sgt eksotis..

Mudh2'n suatu saat aq bsa brkunjng k sna.

Asslaamu'alaikum wr.wb, mas Indra Kesuma...

Dalam kesempatan yang ada (sibuk) hari ini, saya dengan hati yang tulus ikhlas ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IEDUL ADHA 1433H.

Semoga takbir yang bergema membawa seribu keberkatan bersama-sama erti pengorbanan sebenar.

MAAF ZAHIR DAN BATIN.

Salam Iedul Adha dari Sarikei, Sarawak.

SITI FATIMAH AHMAD

kayaknya asik ya ngebayangin jakarta jaman kompeni dulu
penuh kanal indah...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
Wassalam

Setiap perjalanan wisata bila kita dapat mendapatkan informasi yang unik dan berharga tentunya akan mendaptkan kesan yang sangat menarik. Tinggal tergantung bagaimana seorang pemandu wisata dapat mengajak para peserta untuk dapat merasakan dan menikmati setiap objek wisata yang dikunjunginya.

Sukses selalu

Yups, rasakan dan nikmti petualangan yang seru dengan segala keunikan cerita dan view pemandangan dengan waktu-waktu yang tepat di Jembatan Kota Intan.

Sukses selalu.

Yups,,,, kita dapat ikut mersakan dan menadpatkan sebuah cerita historis perjalanan bansa Indonesia khususnya sejarah Kota Jakarta.

Sukses selalu.

Walaikumsalam.....

Terimakasih bunda SITI FATIMAH AHMAD, Selamat Idul Adha 1433 H. Salam untuk keluraga dan kerabat semuanya.

Sukses selalu.

Walaikumsalam.....

Terimakasih bunda Kang Hariyanto,
Selamat Idul Adha 1433 H.
Salam untuk keluraga dan kerabat semuanya.

Sukses selalu.

di mana ini mas ?? kyknya serem ya klo jalan ke kota tua spt ini hehe

Lokasinya di berdekatan dengan Terminal bus Kota Jakarta. Dan berhadapan persis dengan hotel Batavia.

Saya lebih tertarik melihat cara optimasi artikelnya, bener-bener...maksimal bgt...:-D
mantaapp dahh...:)

sungguh menyenangkan kalau bisa terus mengabadikan tempat2 penting dan bersejarah seperti ini, mas.

Terimakasih Sob, dan sukses selalu.

Salam Wisata

Semoga Pak, sekaligus untuk dapat berbagi ilmu pengetahuan dalam penuangan karya bentuk destinasi yang berbeda. Amiiiiin.... !

Sukses selalu
Salam Wisata

dkna tak pernah sampai lagi ke jakarta...mungkin akan datang dkna jejak kaki ke sana :)

Suatu yang unik dan selalu memberikan kesan indah bali kita dapat menemukannya dengan cara yang tepat Mba.

Sukses selalu
Salam Wisata

sayangnya bangunan bangunan di kota tua banyak yang ga terawat ya, pak...
asik sih buat foto-foto
tapi kan jadi ga awet

Dengan adanya topik pengalaman para penjelajah yang mengangkat dari sudut kaca mata sejarah atau pun budaya, dan diolah secara inovasi sederhana, maka hal ini akan menjadi pusat perhatian pemerintah dan masyarakat untuk lebih peduli akan sebuah pemeliharaan situs-situs bersejarah yang memiliki potensi besar untuk dapat mendongkrak perekonomian masyarakat kecil.

Sukses selalu.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus