GUNUNG TANGKUBAN PERAHU, SEBUAH PESAN DALAM LEGENDA SANGKURIANG NEGERI PASUNDAN

Gunung Tangkuban Perahu meruapakan salah satu objek wisata alam andalan Provinsi Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu lokasinya berjarak sekitar +/- 30 km dari Kota Bandung, Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu hanya dapat ditempuh dengan mudah melalui jalur darat, dari pengalaman penulis jalur yang biasa penulis gunakan adalah jalur Bandung - Ledeng Lembang.

Jalur Bandung - Ledeng Lembang merupakan alur jalan yang beraspal cukup baik, namun sepanjang jalur jalan ini kita akan selalu menemukan jalan yang berliku dan naik - turun. Dihimbau untuk para pegendara agar mempersiapkan keadaan kendaraan bila menuju kelokasi Gunung Tangkuban Perahu. Apalagi pada saat musim hujan. Biasanya pada waktu siang hari di lokasi sepanjang perjalanan Bandung - Ledeng Lembang sering turun hujan, dan ini mengakibatkan kondisi jalan akan menjadi licin.

Pada saat kita memasuki pelataran parkir, maka kita akan terlihat sebuah prasasti yang menceritakan cerita legenda masyarakat Pasundan Jawa Barat tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi. yang mana cerita legenda masyarakat ini merupakan cikal bakal Gunung Tangkuban Perahu.

Sebuah cerita dongeng legenda masyarakat yang sangat menarik untuk disimak  dan ditarik falsafahnya, serta mengambil sebuah hikmah dibalik sebuah legenda cerita masyarakat Pasundan Jawa Barat.

Dikisahkan dalam sebuah legenda singkat.................
Sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya yang bernama Dayang Sumbi, bersikeras untuk memperistrinya. Karena mengetahui ikatan darah tersebut, Dayang Sumbi menolak lamaran Sangkuriang dengan halus, dengan cara memberikan suatu syarat yang sangat berat

Dimana Sangkuriang harus membaut sebuah perahu dalam waktu semalaman. Dan akhirnya, perahu yang hampir selesai dibuat Sangkuriang tidak dapat selesai dikerjakan dalam waktu yang telah ditetapkan. Karena marah dan kesal, perahu tersebut ditendang oleh Sangkuriang dan membentuk sebuah gunung berkawah yang menyerupai bentuk perahu.

Di objek wisata Gunung Tangkuban Perahu kita dapat menikmati pemandangan Kawah Ratu yang terbentuk secara alami melalui sebuah proses vulcanologi gunung berapi. Kita hanya dapat menikmati pemandangan dari atas dan tidak dapat turun kedaerah mendekati kawah. Dikarenakan pada daerrah tersebut sering mengeluarkan gas beracun, dan berbahaya.

Gunung Tangkuban Perahu berjarak +/- 1 km dari pintu gerbang jalan utama. Jalan yang berkelok-kelok dengan tikungan dan tanjakan yang tajam, hal ini menuntut suatu keahlian yang baik dalam mengemudikan kendaraan pada situasi jalan yang sangat berbahaya. Walau jalur jalan teraspal sangat bangus, namun keadaan situasi jalan haruslah tetap menuntut kehati-hatian bagi para pengendara. Apalagi bagi yang baru ke lokasi Gunung Tangkuban Perahu.

Suasana udara yang dingin dan bertiup angin yang menusuk pori-pori hingga ketulang, hal ini dapat mengundang rasa lapar dan iseng pada setiap perut dan bibir yang selalu doyan nyemil atau makan ringan. Jangan kawatir.......... dilokasi Gunung Tangkuban Perahu kita akan menemukan makanan khas daerah masyarkat tersebut. Dari hasil perkebunan strawberry, hingga jagung bakar dan lain-lainnya.

Bagi yang ingin menikmati makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Kita dapat temukan dilokasi ini. Dari sate, sop, daging bebek dan lainnya. Namun, bagi yang hanya sekedar iseng dan untuk menemani duduk-duduk sambil bercanda dan istirahat. Kita dapat menikmati jagung bakar dari berbagai macam rasa. Ada rasa pedas manis, rasa buah dan lain-lain. Dan jangan lupa dengan minuman khas masyarakatnya, yaitu wedang jahe (air jahe), yang mana memiliki khasiat menghangatkan tubuh kita.

Dan bagi para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata yang akan menikmati wisata di daerah Lembang, Bandung sambil menimati keindahan dan segarnya udara di kawasan Lembang, anda dapat mengunjungi halaman informasi untuk Hotel di Lembang Bandung.

Semoga informasi dan sarana yang tersedia dalam artikel ini dapat membantu para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata dengan mudah dalam merencanakan perjalanan wisata Anda ke daerah Lembang Bandung.




Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

46 komentar

Dulu, sewaktu kecil dan masih tinggal di Bandung, saya sering kesana diajak sama bapak (alm).

Sekarang tak tahu bagaimana keadaan Tangkuban Perahu, tentunya sudah banyak perubahan...

Nama Gunung Tangkuban Perahu sangat terkenal, namun saya blm pernah kesana. :D

Dengar ceritanya udah,tapi lihat dan mengunjungi gimana bentuk peristiwa sama sekali belum Mas.

Soalnya jauh dari kota saya :)

kasusnya diangkat ulang dengan judul oedipus...
haha gak nyambung...

saya juga pernah mosting tanguban perahu Pak, sebagai kenangan saya bersama keluarga pernah ke sini. Tempat ini memang layak dijadikan tujuan wisata, yang selanjutnya bisa disambung ke ciater dan banyak lagi tempat wisata di sekitar sini

the pictures look wonderful, checkout my blog at
http://definingwords.blogspot.com/2012/11/loving-and-caring.html
feel free to leave a comment

Walau banyak perubahan, namun suasana objek tersebut tetap menympan kesan tersendiri bagi setiap para pengunjungnya. Sukses selalu.

Bila ada waktu dan kesempatan cobalah mengunjunginya Gan, sambil mengajak keluarga atau pun kerabat. Sukses selalu.

Nanti kapan-kapan kalau lagi ke Bandung, jangan lupa ke arah lembang ya Kang ! Sukses selalu.

Yang terpenting nyambung silaturahmi kang. Sukses selalu.

Itulah enaknya bila kita memiliki sebuah blog untuk berbagi informasi ya Pak Ies. Kita dapat berbagi cerita dan indformasi pengetahua. Sukses selalu.

Do not forget to visit Indonesia. Indonesia is a natural beauty and culture that is very beautiful.

Regards

setuju, tangkuban parahu memang indah. walau saya sudah sering mendengarnya, belum lama ini saya berkesempatan juga kesana. tidak lupa saya punya sedikit oleh2 catatan pengalaman kesana:
Tangkuban Parahu

Semoga bisa terlaksana dengan lancar Sob. Sukses selalu.

Ya.... bagi seorang blogger tidak akan pernah kehilangan suatu moment dalam mengemangkan kreatifitasnya untuk selalu berbagi informasi dan pengetahuan. Sukses selalu.

Ya Mas.Mudahan ya :)

Sukses kembali Mas.

pingin lah ke tangkuban perahu,tapi kapan ya....heee
mksh infonya gan,nyimak aja ya...abis aq belum pernah ke tangkuban perahu.

o ya gan,mau nanya nih
Ejawantah itu artinya apa ya?

Ya.... suatu hari nanti kalau main ke Bandung jangan lupa mampir ke Lembang, dan langsung menuu TKP ya Sob ! He...x9

Ejawantah..... menurut kamus pada umumnya berarti manifestasi, bahasa sederhananya dapat menjabarkan pesan yang terkandung di dalamnya.

Sukses selalu.

Cerits sangkuriang, mirip dengan bandung bondowoso ya Pak, iya kalau sdg hujan mesti ekstra hati2 kesana

Indah ya. Mudah2an suatu saat bisa ke sana :)

Hello, i think that i saw you visited my website thus i came
to go back the prefer?.I am attempting to in finding issues to enhance
my web site!I assume its adequate to make use of some of your ideas!

!
Look into my web-site - barcelona

jd pengen ke tangkuban perahu lagi :)

wa...jadi pengen maen kesana
*skedule waktu*

Trus lanjut ke Ciatur atuh Mas....

situs wisata yg exotic..sdah lama bnget ksini
nice share :)

Tangkuban Perahu sendiri belum pernah mengunjungi, tapi legenda tentang Sangkuriang dan dayang sumbi tentu sdh tidak asing dimasyarakat indonesia.


Media Robbani Mengucapkan Selamat Tahun Baru 1434 H
semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu bersama admin Ejawantah Wisata

Nice info bro..
:)
kunjungan Perdana Nih
Kunjungi juga My Blog ya..:)

Legenda memiliki falsafah mendalam, 'Sangkuriang' = 'sang-kuring-yang', mengangkat diri sendiri (kuring) ke tempat lebih tinggi ('yang') melalui suri tauladan menjalani kehidupan. (Wah.. sok tahu 'ah.)

Benar Mba, namun kita akan mendapat sebuah cerita yang sama seperti ini di lokasi objek wisata yang berbeda lo Mba. Sukses selalu.

itulah Indonesia yang memiliki sebuah keindahan alam dan kaya akan sebuah cerita legenda masyarakat yang bertujuan sebagai pembelajaran bersama untuk kita semua. Sukses selalu.

Takuban Perahu atau objek wisata yang ada di Indonesia selalu meninggalkan suatu kesan tersendiri bagi setiap orang yang pernah hadir di tempat itu. Sukses selalu.

Ditunggu Kang. Sok atuh. Sukses selalu.

Amin...... selamat tahun baru 1434 H juga kepada admin dan keluarga besar Media Robbani. Sukses selalu.

Terimakasih Gan, dan langsung ke TKP. Sukses selalu.

Sip.... terimakasih atas penambahan penjelasannya Sob ! Sukses selalu.

salam dari malaysia,

menarik sungguh pemandangan gunung tangkuban ini, sudah tentu udara dan makanan di sana nyaman sekali.. jauh berbeza di baddar. terima kasih sudi berkongsi.

Terimakasih Donny, semoga dapat mengenal dunia lama pariwisata Indonesia yang unik dan mengasyikan.

Sukses selalu
Salam Wisata.

Legenda Sangkuriang sbnernya bnr2 ada apa tdk sih sob?
Dari dulu saya mempertanyakan itu.

Baca postingan ini jadi ngiler nih pengen jalan-jalan kesana lagi....
Salam persahabatan,

Legenda Sangkuriang itu pasti ada. Namun, kebenaran dari sebuah cerita legenda itu belum dapat dikatakan benar.

Setiap legenda terdapat suatu pesan moral sebagai pembelajaran. karena didalamnya terdapat pembelajaran yang benar.

Mungkin lebih tepatnya orang tua pada jaman dahulu selalu memberikan suatu pelajaran dalam memberitahu itu selalu dengan menggunakan sebuah cerita.

Dan cerita yang menarik dengan suatu pembelajaran ini selalu menjadi suatu legenda bagi kehidupan masyarakat setempat, dan pada akhirnya menjadi terkenal.

Sukses selalu
Salam Wisata

saya suka sekali dongeng nya yang sampai kapanpun tetap lestari , kalau gungng tangkuban perahu belum melihat secara langsung,,, kapan2 kesana ingin melihat keindahannya :)

He...x9 silahkan Kang, memeang tempat ini merupakan tempat yang selalu memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya, dan akan selalu menarik untuk terus dikunjungi.

Salam Wisata

Ya.... siapa lagi kalau bukan masyarakat Indonesia yang selalu melestarikan cerita legenda tentang budaya dan kebudayaan bangsanya sendiri.

Larena Indonesialah yang memilki cerita legenda masyarajat yang menarik dengan beraneka ragam suku dan pesona daya tarik alam sebagai aset untuk masyarakat bangsa Indonesia.

Salam Wisata

Yup,,,,, mantap nih si akang baru nonggol.

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus