MENELUSURI BANDAR KEMAYORAN JAKARTA

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/09/menelusuri-bandar-kemayoran-jakarta.html
Bandar Kemayoran Jakarta merupakan sebuah kota baru yang tercipta di bekas kawasan bandara Kemayoran Jakarta. Berbagai bentuk gedung pencakar langit terlihat jelas di area kawasan Bandar Kemayoran Jakarta. Dari bangunan apartemen, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan.

Kawasan Bandar Kemayoran Jakarta memiliki sebuah jalan yang panjang, merupakan salah satu jalan utama. Awalnya jalan ini bekas landasan pacu pesawat yang di pergunakan untuk penerbangan domestik mau pun internasional pada masa bandara Kemayoran Jakarta masih aktif di lokasi ini.

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/09/menelusuri-bandar-kemayoran-jakarta.html
Lokasi Bandar Kemayoran terletak di ujung area perbatasan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Dimana pada tahun 1980 -an pada saat penulis masih tinggal di daerah Kemayoran ini, kawasan ini sangat padat dengan rumah penduduk. Dengan proses berjalanannya waktu pertumbuhan pembangunan di kawasan Ibu Kota DKI Jakarta, dapat merubah kawasan daerah Kemayoran menjadi salah satu kota atau bandar yang memiliki sarana dan fasilitas yang cukup memadai.

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/09/menelusuri-bandar-kemayoran-jakarta.html
Dua buah jembatan bagaikan dua buah bukit yang menyambung satu dengan yang lainnya, dengan bentangan luas antara kawasan jalan raya Angkasa dari depan kantor pusat PELNI hingga daerah Sunter, merupakan salah satu icon kawasan Bandar Kemayoran Jakarta. Dimana kawasan ini memiliki beberapa icon, dan yang paling mudah diingat oleh masyarakat adalah Pekan Raya Jakarta.

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/09/menelusuri-bandar-kemayoran-jakarta.html
Dari penelusuran penulis di lokasi Bandar Kemayoran Jakarta, dari letak bangunan mega politan di area yang tersusun rapih dan hampir rata di setiap sudut area bandar Kemayoran,  terlihat sebuah bangunan tua bekas bandara Kemayoran Jakarta tanpa berfungsi optimal, yang masih berdiri dengan ciri khas yang belum di pugar.

Terlihat sebuah papan nama yang memberitahu kepada halayak umum, bahwa tanah dan pengelolaan area bekas Bandara Kemayoran Jakarta merupakan milik Sekretariat Negara RI dan sebagai pusat pengelolaan kawasan area Bandar Kemayoran Jakarta.

Terlintas dalam benak penulis pada saat meilihat bangunan tua bekas Bandara Kemayoran Jakarta sebuah situs bersejarah yang dapat difungsikan secara maksimal, dan dapat dijadikan sarana dan fasilitas wisata pendidikan sejarah dan budaya, hal ini akan telihat perpaduan harmonisasi bangunan modern di kawasan Bandar kemayoran Jakarta, dengan sebuah bangunan tua yang memiliki historis sejarah yang panjang dalam catatan sejarah dunia penerbangan yang pernah terjadi di lokasi Bekas Bandara Kemayoran Jakarta.

Di depan area bekas bandara Kemayoran Jakarta, terdapat sebuah taman kecil yang hijau yang menyambut kehadiran para penghuni atau pun tamu di kawasan Bandar Kemayoran Jakarta. Taman ini sekaligus berfungi sarana fasilitas yang disediakan oleh pemerintah kota dalam memberikan sebuah kesan hijau untuk kawasan Bandar Kemayoran Jakarta, sekaligus sebagai paru-paru kota.

Menelusuri Bandar Kemayoran Jakarta dengan berbagai bentuk bangunan dan cerita di balik kemegahan yang masih tersembunyi di kawasan ini, membuka wawasan baru dari sudut pandang setiap orang yang lalu lalang di daerah ini. Seperti halnya yang penulis dapatkan di daerah kawasan Bandar Kemayoran Jakarta.

Bagi rekan dan sahabat pecinta Ejawantah Wisatayang akan menelusuri Bandar Kemayoran Jakarta, sebaiknya anda menggunakan sepeda, motor, mobil. Untuk angkutan umum anda bisa memilih dari taxi, ojek, sampai angkutan transportasi umum Jakarta Bajaj. Bagi yang anda yang mebutuhkan penginapan di kawasan dekat lokasi ini, anda dapat mengunjungi halaman Hotel Murah Kawasan kemayoran Jakarta. Dan selamat menikmati nuansa keindahan Bandar Kemayoran Jakarta. Tidak jauh dari lokasi ini anda dapat menelusuri jejak sejarah menara bandara Kemayoran Jakarta.





Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

32 komentar

Saya kalau lewat jalan ini, senang banget karena lapang. Terus membayangkan kalau tempat itu dulu tempat meluncurnya pesawat..Jadi gimana gitu..:)

Seperti kita berada di negara maju ya mba, namun sayang untuk lokasi situs bersejarahnya belum ada yang memperhatikannya ya Mba.

Salam wisata

Kayaknya itu menjadi daerah yg gersang ya pak, saya dulu pernah lewat jalan Benyamin Sueb, bingung banget, dan orang-orang serta polisinya kayaknya galak-galak daerah situu..

Ternyata mas adminnya pernah tinggal juga di sana...juga ya..hehe
Kalo sy sampai saat ini kebetulan msh tinggal di kawasan itu mas...

Dan landasan pacunya...skarang sering di jd kan arena buat balap2an liar...

taun 80an aku pernah di plumpang, di belakang pertamina pak. tiap hari kerjaannya nonton pesawat terbang rendah, hehe...

sayang sekali ya kalo sampe hilang semuanya tanpa bekas. jadi inget komik tintin, ada yang setingnya di kemayoran kan..?

Jakarta memang cukup padat ya mas. Banyak sekali bangunan tinggi dan besar disana. Sehingga daerah hijau sangat langka dan jarang kita jumpai.

saya dulu ke jakarta cuma lewat saja mas, karna tujuan saya waktu itu ke bogor

Unik ya, jalannya bekas landasan pacu ^^

mantab mas menggagas local genius (kearifan lokal) sebagai konten produksi web dengan menggali sisi lain dari sebuah kota Jakarta kalau om Rosihan Anwar bilangnya 'la petite histoire' (sejarah kecil), mantab ini...saya juga melakukannya mas dengan weblog saya..Perkenankan saya memperkenalkan weblog saya #SurabayaPunyaCerita yang saya gagas untuk memberikan wawasan tentang Surabaya dulu,kini dan nanti. Bagi kawan2 yang ingin berbagi cerita bisa kirim ceritanya via email ke: redaksi@ceritasby.com. Bagi yang memiliki twitter bisa follow kami di @ceritasby dan bisa juga like fanpage FB kami di Surabaya Punya Cerita.. Semoga bermanfaat!! btw mas Indra Kusuma Sejati bisa simak di http://ceritasby.com.. Insya Allah weblog ini akan saya terbitkan dalam bentuk sebuah buku, untuk volume 1 nya rilis bulan depan...

Saya rasa karena kita belum tahu jalan sekitar daerah itu, Karena jalannya luas dan lebar biasanya orang banyak yang ke asyikan menegendari kendaraan tanpa memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk jalan yang ada. Dan ketegasan petugas polisi di daerah mungkin hanya untuk menegakkan kedisplinan bagi keamanan dan ke nyamanan para pemakai jalannya ko Sob. He,,, he,,, he,,,,,

Salam wisata

ooo, dulunya kemayoran itu bandara ea?
barut au aq... :D

Iya mas, saya kenal benar lokasi daerah itu. Dari mulai ada bandara Kemayoran masih aktif hingga pada saat pembangunan lokasi bandar kemayoran Jakarta. Sekarang masih sering ya Sob untuk balapan lair di sana ? He,,, he,,, he,,,,


Salam wisata

Betul Kang, bandara Kemayoran pernah menjadi terkenal dan memiliki sejarah panjang. Sayang kalau situs itu menjadi hilang dan tidak di fungsikan sebagai sarana edukasi.

Salam wisata

Banyak orang atau warga yang mendambakan Jakarta memiliki lahan hijau yang terbuka, hingga tetap terjaga dan terlestarikan banguanan tuanya loh, Mba.

Salam wisata

Lain kali bisa mampir untuk mengeksplore daerah Jakarta kang. He,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Jalan raya paling mahal itu Mba, he,,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Terimakasih Kang, semoga sukses rencanannya. Semoga semakin banyak yang mengekplore sisi kecil sejarah dari setiap kota maupun daerah Indonesia dari setiap sisi dan sudut pandang.

Salam wisata

Hi it's me, I am also visiting this web page on a regular basis, this site is actually good and the people are in fact sharing pleasant thoughts.

saya belum pernah ngluyur di jakarta,,,,
taman hijau d tengah perkotaan pasti kelihatan asri,,,,,

jalannya lempeeeeng.. jadi lega lewatnya..:D
kapan2 musti city tour ke sana (klo ke jakarta lagi sik) :D

bandar kemayoran?saya baru mengetahuinya pak.
tidak pernah pergi jauh jauh pak, takut tidak bisa kembali kehabisan uang saku.
membaca komen-komen diatas sepertinya tempat bersejarah, khususnya bagi mas rawins yang suka lihat pesawat rendah, saya juga pengen kalau gitu ah.tidak pernah lihat pesawat dengan dekat sih pak.

Hmmm ... bisa jadi tempat wisata ya Mas. Mudah2an kelak difungsikan dengan baik bekas bandara ini ya ...

Betul Sob, dulu di lokasi ini ada sebuah bandara yang cukup terkenal.

Salam wisata

Nanti kalau ke Jakarta bisa main ke lokasi ini ya Mba.

Salam wisata

Kalau city tour Jakarta, bisa mampir ke lokasi ini Sob. he,,, he,, he,,,,

Salam wisata

Sayangnya pesawatnya sudah tidak ada mas di sini. he,,, he,,, he,,,

Salam wisata

Mudah-mudahan Mba, semua tinggal tergantung ke kebijakan pemerintah pusat.

Salam wisata

I got this web page from my pal who informed me on the topic of this website and at the moment this time I am visiting this website and reading very informative posts at this place.

Saya dulu sdh pernah melintas di daerah kemayoran ini,,, tapi sekarang sudah lupa lagi krn suasananya sdh berubah tentunya :)
nice sharing!

Sudah jauh berbeda Mba sekarang, nanti kalau ke Jakarta bisa mampir ke sini ya.

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus