MENELUSURI JEJAK SEJARAH MENARA BANDARA KEMAYORAN JAKARTA

Menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta yang merupakan salah satu situs bersejarah yang memiliki perjalanan sejarah panjang bagi dunia penerbangan nasional. Menara bekas Bandara Kemayoran berlokasi di kawasan Bandar Kemayoran Jakarta.

Bekas Bandara Kemayoran Jakarta yang pernah memiliki nama besar dalam dunia penerbangan nasional Indonesia, dan sebagai salah satu pintu gerbang  penerbangan nasional jalur udara pertama di Jakarta. Bekas menara bandara Kemayoran ini pernah di jadikan tempat pencatatat nomor penerbangan dari penerbangan jalur nasional, internasional, bahkan penerbangan para tokoh-tokoh besar internasional bahkan artis besar internasional pun pernah tercatat dalam menara ini.

Foto Menara Bandara Kemayoran Jakarta :
Menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta ini pernah dekat dengan dunia kehidupan semua kalangan, teringat pada usia saya masih kecil yang memiliki hobi dalam membaca serial komik yang cukup terkenal di kalangan dunia anak-anak, kedua menara Bandara Kemayoran Jakarta ini pun sangat terkenal pada masa tersebut di dunia anak-anak.

Kutipan catatan sejarah Bandara Kemayoran Jakarta..............
Bekas Bandara Kemayoran Jakarta ini di bangun pada tahun 1934, walau pun pada catatan sejarah dunia penerbangan nasioanl pada tanggal 6 Juli 1940  pesawat udara maskapai penerbangan internasional pertama milik perusahaan Belanda KNILM (Koningkelije Nederland Indische Luchvaart Maatschapil) yang diterbangkan dari lapangan udara Tjililitan (Cililitan) sekarang Halim Perdanakusuma yang mendarat di Indonesia dengan pesawat DC-3 Dakota, namun  secara resmi Bandara Kemayoran Jakarta di buka dan beroperasi pada tanggal 8 Juli 1940. Dan....... Bandara Kemayoran Jakarta dengan kode JKT mulai berhenti beroperasi pada tanggal 1 Januari 1983. Sedangakan sejak tahun 1975 penerbangan internasional untuk sementara waktu di alihkan di Bandara Halim Perdanakusuma. (berbagai sumber)

Kisah perjalanan saya menelusuri jejak sejarah untuk menemukan kembali kedua bangunan situs ini di kawasan Bandara Kemayoran Jakarta ternyata tidak semudah pada saat tahun 1982, di mana pada masa tahun tersebut, menara kontrol pesawat bekas Bandara Kemayoran Jakarta ini masih mudah dilihat. Dan untuk tahun 2013 ini, menara bekas bandara Kemayoran Jakarta sulit sekali terlihat, adapun bila terlihat dari jarak pandang yang jauh, mungkin kebanyakan dari kita sudah tidak ada yang tahu bila bangunan tersebut merupakan salah satu situs bersejarah dunia penerbangan Indonesia yang pernah memiliki nama besar untuk bangsa Indonesia.

Foto Situs Bersejarah Di Tengah Hutan Kota Jakarta :

Menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta ini tertutup dengan di kelilingi tembok batu tinggi, dan rimbunan pohon besar di antara megahnya bangunan gedung-gedung megah di kawasan Bandara Kemayoran Jakarta. Seperti yang anda lihat dalam foto di atas tersebut.  Jalan yang dulunya di lalui pesawat terbang dari maskapai penerbangan mana saja, kini menjadi suatu pemandangan hutan kota metropolitan Jakarta yang hijau dan lebat tanpa penghuni manusia satu pun untuk merawatnya dengan berdiri tegak di antara gedung-gedung pencakar langit seperti foto yang berada di bawah ini.

Foto Situs sejarah di tengah hamparan pencakar langit :

Untuk sampai atau pun mendekati bangunan ini pun, saya harus berjalan memutar mencari pintu celah yang terbuka. Hampir setiap warga yang bermukim di sekitar lokasi menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta semuanya menjawab dengan jawaban yang sama, bahwa tidak ada pintu untuk dapat masuk ke lokasi Bekas Bandara Kemayoran Jakarta.

Foto Salah satu perkampungan Bandar Kemayoran Jakarta :

Menelusuri kawasan daerah perkampungan penduduk di depan kawasana JI Expo Kemayoran Jakarta, sambil bersiltaruhmi dengan penduduk daerah tersebut dan mencari tahu pintu masuk jalan menuju menara, tak satu pun jawaban yang dapat menunjukan saya menuju ke lokasi menara tersebut.

Semakin banyak saya menerima jawaban dari masyarakat yang menyatakan tidak bisa dan tidak boleh mendekati kawasan tersebut, semakin keras panggilan jiwa yang ada di dalam diri saya untuk mendekati kedua menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta tersebut. Hingga seorang kake tua yang tidak tahu dari mana arah datangnya, tiba-tiba menemui saya dan menanyakan maksud dari tujuan saya untuk datang ke lokasi menara tersebut.

Adapun jawaban yang saya berikan saya hanya ingin melihat dari dekat dan mengambil foto bangunan tersebut untuk koleksi pribadi. Sambil menatap wajah saya dengan matanya yang tajam, maka beliau pun mengarahkan saya, sambil menunjukan jalan untuk menerobos masuk mendekati gedung menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta. Pesan terakhir yang saya ingat dari kake tua tersebut, "Masuklah dari lubang pintu ini, dan ikuti jalan setapak yang akan menghantarkan kamu sampai di menara tersebut". Sayangnya setelah si kake tidak menemani saya dalam peneluran di kawasan ini, dan menghilang entah kemana.

Foto Jalan setapak menuju menara Bandara kemayoran Jakarta :
Lanjut cerita kisah penelusuran di kawasan menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta..................
Setelah saya ikuti dan telusuri jalan setapak yang di kelilingi semak belukar, maka terlihat dengan jelas bangunan menara Bekas Bandara Kemayoran Jakarta dari jarak berjauhan seperti foto gambar yang di bawah ini.
Melihat dan memperhatikan dari dekat situs bangunan tua bersejarah ini dari dekat, membuat hati saya menjadi miris. Bangunan menara bekas menara Bandara Kemayoran Jakarta yang memiliki nilai historis sejarah perjalanan dunia penerbangan nasional Indonesia yang pertama di Ibu Kota Jakarta yang ada di depan saya ini begitu terlantar sejak lama, terlihat bangunan ini tanpa terurus, dan hanya menjadi sebuah sarang burung, dan rumah para penghuni dunia lain.

Dengan perasaan takut dan kekhawatiran untuk memasuki salah satu gedung menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta yang berlantai 6, saya mencoba memberanikan diri untuk memasuki menara tersebut. Pintu masuk yang terbuka dan terlihat sudah rusak seraya memanggil diri ini untuk masuk ke dalam bangunan menara, menaiki setiap anak tangga dengan melewati setiap lantai demi lantai hingga di puncak lantai enam paling atas menara merupakan perjalanan yang penuh rasa kekhawatiran dalam diri saya.

Ada beberapa kekhawatiran yang menyelimuti diri saya dalam memasuki area gedung manara bekas Bandara Kemayoran Jakarta, setiap lantai dan anak tangga yang saya lalui untuk sampai ke lantai 6 menara yang terbuat dari besi keadaannya sudah berkarat dan sedikit rentan dan mudah menimbulkan reruntuhan besi-besi karat yang kita pijak. Namun dengan kehati-hatian dan rasa penasaran, semua itu dapat saya lalui dengan aman dan selamat. Dan dapat melihat keadaan situasi dalam area menara bandara kemayoran Jakarta melalui foto-foto di bawah ini.

Foto area luar dan dalam menara Bandara Kemayoran Jakarta :

Pada saat mencapai lantai puncak menara, terlihat bangunan mewah yang ada di sekitar kawasan Bandar Kemayoran Jakarta seperti yang terlihat di dalam foto di atas. Timbul pertanyaan dalam hati saya sebagai anak bangsa Indonesia yang menghargai sejarah, "Mengapa bangunan situs bersejarah ini di sia-siakan dan tidak di alih fungsikan tanpa harus merubah bentuk bangunan dan mengurangi nilai sejarah seperti di kawasan Kota Tua Jakarta ?"

Mungkin pertanyaan saya tersebut di atas, hanya merupakan salah satu segelintir pertanyaan dari sebagian besar masyarakat Inonesia yang mengetahui tentang Menara bekas Bandara Kemayoran Jakarta. Hanya rumput dan tanaman semak belukar  di sekitaran bangunan situs tua menara inilah yang selalu menjawab dengan jawaban pastti dengan waktu yang berjalan dari masa ke masa.

Dan terimakasih kepada bapak tua, siapa pun diri anda yang telah menunjukan pintu masuk melalui jalan setapak dalam kawasan ini, hingga saya dapat dengan mudah dan leluasa menggambil gambar foto-foto di kawasan tersebut dan tahu lebih dekat bangunan situs bersejarah menara Bandara Kemayoran Jakarta yang pernah memiliki nama besar dan membesarkan dunia penerbangan Indonesia.

Semoga perjalanan penelusuran saya secara pribadi di kawasan ini, yang hanya bermaksud ingin mengetahui dari dekat dan jelas keberadaan menara Bandara Kemayoran Jakarta, yang juga menjalankan amanah sesuasi UUD '45 bagi setiap warga negara Indonesia yang turut serta menjaga dan melestarikan aset bangsa agar tidak mengalami kepunahan, dan melalui media ini pula saya berbagi informasi perjalanan saya dalam menelusuri jejak sejarah Bandara Kemayoran Jakarta.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

54 komentar

kembali belajar sejarah dan tuk ini aq bener2 baru tau dulu ada Bandara di Kemayoran

Itu berarti sebelum soekaro-hatta juga ya gan....memang kadang kita tidak bisa merawat apa yang sudah kita miliki malah kadang ingin meniru gaya orang lain...salam damai

Menelusuri jejak sejarah menara bandara Kemayoran Jakarta dan menemukan sisa peninggalannya. selalu ada cara untuk berwisata ya.

Ternyata, di Jakarta ada peninggalan sejarah bangsa ini yang agak terlupakan...

sebagai warga Indonesia saya harus tau tentang sejarah penerbangan yang satu ini, situs sejarah yang tak boleh dilupakan oleh kita . :)

Luar biasa. Ternyata menara bandara di kemayoran Jakarta mempunyai sejarah yang cukup panjang ya mas. Jadi kita bisa belajar banyak dari sejarah tersebut. Informasi yang sangat menarik dan menambah khasanah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih atas sharing nya :)

Waah, sayag banget dianggurin. Padahal Belanda yg dulu ngejajah kita sangat menghargaii gedung-gedung klasik dan situs sejarah lainnya di kampung halamannya sono.
Itu, beneran enggak ada pengelola yang jaga? Hmm, spooky dong jadinya ya. Jadi penasaran siapa si kakek itu :)

Kalau kemayoran saya ngertinya cuma gedung yang pernah dipakai buat PRJ beberapa tahun kemarin, katanya gedung itu juga bagian dari bandara ya, sama jalan rayanya yang juga merupakan landasan pacu..

tapi kalau menara ini aseli saya baru tahu, terima kasih sudah berbagi.. :)

lho aku ga nyadar kalo ternyata menara itu masih ada

saya baru denger pak kalau ada Bandara di Kemayoran Jakarta, kalau Bandara Halim Perdana Kusuma walau blm pernah kesana, pernah dengar dari televisi.... sayang yah kalau nanti anak cucu kita sampai tidak tahu kalau dulu pernah ada Bandar Udara di Kemayoran yg juga merupaka Sejarah Penerbangan di Indonesia.... :)

Semoga hal ini lebih bisa memberikan informasi keberadaan situs bangunanan yang memiliki nilai sejarah dan masih ada di Jakarta.


Salam,

Bandara Kemyoran ada memang benar sebelum adanya Bandara Soekarno - Hatta.

Salam wisata

Benar Mba, berwisata tidak harus dengan cara glamor, dengan menelusuri jejak sebuah situs banguanan yang bernilai tinggi dalam sebuah perjalanan sejarah bangsa ini pun, bisa di jadikan suatu perjalanan wisata yang menyenangkan.

Salam wisata

Menara bekas bandara Kemayoran Jakarta merupakan salah satu situs bangunan sejarah bangsa Indonesia yang ada di Jakarta Sob.

Salam wisata,

karena situs bangunan bekas bandara Kemayoran merupakan salah satu banguanan yang memimiliki nilai sejarah yang tinggi dalam dunia penerbangan nasional Indonesia.

Salam wisata

Sama-sama Mba, semoga informasi tentang keberadaan menara bekas bandara Kemayoran jakarta ini, dapat membuka jendela sejarah penerbangan nasioanl Indonesia yang sejalaha dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini, akan diingat dan diketahui oleh para generasi anak bangsa Indonesia.

Salam wisata,

Pengelolanya yang jaga di tempat tidak ada, dan bangunan ini terlihat seperti itu adanya terakhir kali saya ke lokasi area tersebut. Bila sudah di tumbuhi semak belukar dan tanaman yang seperti itu sepertinya tidak ada pantasnya deh bangsa Indonesia memiliki sebuah bangunan situs berserjarah yang tinggi namun di biarkan saja tanpa terurus seperti itu.

Salam wisata,

Menara bekas bandara kemayoran Jakarta secara sepintas bila di perhatikan dari seoanjang jalan tidak bakalan terlihat, kalau oun dari deoan PRJ hanya merupakan banguana yang samar, karena sudah ertutup temboj dan di kelilingi tanaman semak belukar dan tanaman yang tinggi dan besar di sekeliling area itu seperti apa yang bisa di lihat dalam foto gambar terakhir Sob. Makanya untuk mencapai ke lokasinya saja harus melalui jalan yang tidak mudah seperti yang saya ceritakan dalam artikel ini.


Salam wisata

menara itu masih ada Kang, buktinya saya bisa menemukannya dari dekat, dan bisa naik ke dalam area menara bekas bandara Kemayoran Jakarta. he,, he,, he,,,

Salam wisata,

Ya,,,,,,, seperti itulah Kang, adanya dan keberadaan sekarang. Sedangnkn nasib kelanjutannya dari mulai tidak beraktifnya bandara kemayoran jakarta dari tahun 1983 hingga 2013 ini ( berapa tahun ? ? ?.....) kondisinya terakhir 20/10/2013 saya ke sana ya seperti itu. he,, he,, he,,,

Salam wisata

saya harap semoga anak cucu kita tak lupa dengan hal yang satu ini :)

Bandara kemayoran memiliki sejarah panjang ya mas,,, sejak kecil saya sdh mendengar nama bandara kemayoran.
Akhirnya dengan membaca informasi sejarah lengkap tentang bandara ini saya menjadi lebih memahami.
Terima kasih atas sharingnya yg bermanfaat utk menambah ilmu pengetahuan,,,
Salam wisata ^_^

sejak masih aktif jadi bandara ngetop dijamannya sampe sekarang belom pernah sempet maen ke kemayoran, adanya situs di situpun taunya dari sinih...hadeuh

Semoga ya Sob, karena hal ini merupakan harapan bangsa Indonesia yang tidak melupakan situs bangunan bersejrah dalam dunia penerbangan nasioanl Indonesia. Amiiin........

Salam wisata,

Sama-sama Mba, semoga bangunan situs sejarah dunia penerbangan nasional ini dapat terurus dan di lestarikan dengan layak, sebagai salah satu kebanggaan warga Indonesia, dan icon kemayoran yang pernah ikut membesarkan nama dunia penerbangan nasional Indonesia.

Salam wisata,

Kalau main ke Jakarta nanti bisa lihat dan jalan-jalan ke sini kang, jadinya tahu. he,, he,, he,,,

Salam wisata

Ternyata ada sejarahnya juga yah hehe saya malah baru tahu setelah membacanya disini. makasih buat informasi pentingnya. salam

semangat yang patut diacungi jempol Pak :)

tempat bersejarah kok ditelantarkan ya, sayang kan kalau nanti sampai runtuh karena dimakan usia.

Situs gedung bekas menara bandara kemayoran memang memiliki nilai sejarah bagi dunia transportasi penerbangan nasioanl Indonesia. Semoga terus dapat terjaga dan terlestarikan keberadaannya di pusat Ibu Kota Jakarta.

Salam wisata,

Kalau difungsikan lagi jadi bandara. kira-kira bisa enggak ya?

Halo sobat blognya sudah saya follow, saya cuma menyimak saja ya ceritanya. cukup terpesona hehe

Bukan semangat Kang hanya penasaran ingin melihat dari dekat situs bangunan ini dari dekat, he,, he,, he,,,,
Semoga saja Kang situs bangunan ini tidak di punahkan secara terlantar dan tidak terurus. Dan tetap terjaga dan di lestarikan demi generas anak bangsa untuk menngetahui perjalanan sejarah dunia penerbangan ansional Indonesia yang pernah membuat nama bangsa ini menjadi besar.

Salam wisata,

Sudah tidak bisa di fungsikan untuk menjadi bandara lagi Kang, mungkin kalau dilestarikan dan gedung ini menurut informasi sudah menjadi cagar budaya di Ibu kota Jakarta, hanya tinggal di rawat dan di fungsinkan dengan layak saja sih sebenarnya.

Salam wisata

Semoga pemerintah lebih optimal dalam memperhatikan aset sejarah ini, agar anak cucu bisa mengenal dan mempelajari. Saya saja jika tidak membaca blog ini rasanya tidak akan tahu. Terima kasih ya sob :)

Sama-sama Sob, semoga bermanfaat untuk semua, terutama bagi generasi bangsa Indonesia, agar situs bangunan sejarah yang ada di pusat Ibu Kota ini dapat di pelihara dengan baik dan tidak di sia-siakan.

Salam wisata,

Secara yuridis tempat ini sudah dijadikan salah satu situs cagar budaya di puast Ibu Kota Jakarta Sob, namun sayangnya keberadaannya sangat tidak terurus hingga terakhir saya ke lokasi pada tanggal 30 Okt 2013 kemarin. dan hal ini sayang sekali bila bangunan besejrah ini di sia-siakan sejak lama hingga 2013 ini. Semoga ada perubahan aja deh.

Saam wisata,

Semoga menara kemayoran tetap dipertahankan. Benda bersejarah sebagai bahan pembelajaran untuk sukses di masa depan

Kalau diluar negeri situs bersejarah seperti ini pasti sudah dirawat dengan baik. Tapi di Indonesia situs bersejarah yang tidak mendatangkan penghasilan tidak dirawat.

Kapan ya bangsa kita bisa benar-benar mampu mengurusi semua isi di negaranya sendiri,,, hmmm saya hanya bisa berdoa saja...

sy punya banyak kenangan di sini. Dulu sering mengantar jemput kakek-nenek, walopun blm pernah sekalipun merasakan naik pesawat dr Kemayoran ([ertama kali sy naik pesawat udh di bandara soekarno-hatta). Yg bikin sy senang tiap kali mengantar naik pesawat adlh bs melihat pesawat parkir dan terbang.

Sayang bgt kl skrg gak terawat bahkan penduduk sekitarnya pun gak tau. Semoga aja gak tau2 berubah jd mall atau kompleks apartment :(

Keren sekali perjalanannya mas .. menelusuri sendiri seperti ini sembari browsing sejarahnya ya .... mantap

dah lama gg belajar sejarah , , ,
hbis banyak ini jadi inget waktu belajar sejarah . . . ckckckck


mampir tempat ane ya boss

tambah lagi nih pengetahuan saya tentang sejarah. terima kasih infonya Kang.

salam sukses

Ini patut untuk jadi perhatian pemerintah nih. Agar tinggalan sejarah tersebut dapat senantiasa terjaga dan memberi manfaat bagi generasi mendatang..

Patut mendapat perhatian dari pemerintah nih ya Mas Indra, agar peninggalan sejarah ini dapat tetap lestari dan menjadi pembelajaran bagi generasi mendatang

Salut dengan keberanian memasuki dan mengorek sejarah bandara ini. Saya sendiri belum tentu berani ^_^

Banar Sob, dan semoga saja menara bandara kemayorn ini bisa difungsikan dengan benar dan tidak punah.

Salam wisata,

Itulah keadaan terakhirnya Mba, semoga ini dapat berubah, sedangkan menara tersebut sudah menjadi salah satu situs budaya di DKI Jakarta. Tinggal bagaimana melestarikan dengan konsep pemeliharaan tanpa menghilangkan jejak sejarah yang ada sebagai bekal pengetahuan bagi anak genarasi muda Indonesia.

Salam wisata

Sekalian lepas kangen Mba sama kawasan Kemayoran ini. Kasihan juga melihat situs sejarah yang terlantarkan, sedangkan bangunan ini sebenarnya memiliki potensi besar bila bisa di optimalkan secara benar dan tepat.

Salam wisata,

Salam sukses kemabli Sob. he,, he,, he,,,


Salam,

Benar Uda, semoga saja hal ini segera menjadi perhatian bagi para pemimpin bagsa ini. Kasihan juga gedung ini sudah tidak pernah erurus dari lama.

Salam wisata

Banar Uda, sebenarnya sih bangunan ini sudah menjadi salah satu situs sejarah budaya di DKI Jakarta, namun entah kenapa bangunan ini malah menjadi telantar dan tidak di fungsikan dalam hal pelestarian sejarah dan pembelajaran bagi anak-anak Indonesia. Semoga saja hal ini beisa diatasi.


Salam wsata

Sebanarnya sih tidak mengorek dan mejadi rahasia umum lagi tentang keberadaan bekas menara kontrol Bandara Kemayoran ini Kang. Kebetulan saja gedung ini bisa terlihat dari jauh, dan membuat saya penasaran untuk mendekatinya untuk memfoto bangunan ini.

Namun, setelah di lokasi,,,,,, keadaan gedung ini sangat memprihantikan. Dan bila dilihat dari nilai sejarahnya bangunan ini ikut andil dalam masa perjuangan dan perkembangan dunia penerbangan nasional Indonesia. Dan nilai sejarahnya pun di akui di akui di dunia.

Dan status keberadaan bangunan ini pun sudah menjadi situs budaya dan sejrah di DKI yang tidak bisa di pugar dan harus di lestarikan. Namun, hal ini malah disia-siakan. Semoga saja ini berubah dan dapat menjadi suatu tempat yang layak untuk dilestarikan sebagai wahana pembelajaran anak negeri bangsa Indonesia, toh tidak ada yang dirugikan untuk negara dan masyarakat.

Salam wisata,

jadi ingat waktu kecil dulu saya tinggal di Gunung Sahari 9,kalau sore suka main ke lapangan udara itu,skrg sudah lama sekali nggak pernah lagi kesana,tapi bisa terobati juga ketika lihat foto-fotonya di postingan ini,,,terimakaish kang untuk info bandara Kemayoranya,,,

Sy jg penasaran ingin ke lokasi ex bandara kemayoran, kapan kita bisa ke TKP sama sama mas.?!

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus