WISATA MALAM DI KAWASAN KABUPATEN PROVINSI BANTEN

Wisata malam di kawasan Kabupaten Provinsi Banten. Provinsi Banten yang terkenal dengan kawasan wisata alam yang memiliki pemandangan yang indah dan nilai sejarah yang tidak terlepas dari nilai dan tradisi budaya masyarakat Indonesia pada umumnya dan khususnya di kawasan daerah Provinsi Banten. Ada banyak kawasan wisata di kawasan Kabupaten Provinsi Banten ini yang dapat kita kunjungi dan nikmati, seperti wisata ziarah, wisata edukasi, wisata seni dan budaya, serta wisata sejarahnya. Dimana masing-masing dari konsep wisata tersebut memiliki ciri khas unik dan menarik dari khasanah kehidupan mulitikulural budaya dalam masyarakat Indonesia.

Dalam perjalanan wisata kali ini, saya bersama beberapa rekan akan melakukan penelurusan di kawasan Kabupaten Provinsi Banten. Dimana kawasan Banten memiliki keunikan dan keindahan tersendiri bila kita telusuri di malam hari untuk mengenal lebih dekat tardisi dan budaya masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata ziarah di malam hari di beberapa tempat persarean (makam) yang merupakan tokoh-tokoh yang memiliki nama besar dari kawasan daerah Banten dan juga merupakan salah satu tokoh besar dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Tepat jam 21.20 WIB kami berangkat melakukan perjalanan wisata malam menuju kawasan Kabupaten Provinsi Banten dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan menggunakan jalur akses jalan tol Jakarta - Merak dan keluar melalui pintu keluar jalan tol di kawasan Serang Timur. Kami mengambil pintu keluar jalan tol Serang Timur di karenakan kami harus menjemput salah seorang rekan kami yang bernama Mas Yanto yang akan menjadi pemandu wisata malam di kawasan Kabupaten Provinsi Banten, dan kebetulan beliau merupakan penduduk asli Banten.

Setelah keluar dari jalan tol kami menjemput salah saorang rekan yang akan menjadi pemandu wisata malam di kawasan Kabupaten Provinsi Banten di salah satu tempat yang telah kami tentukan, dan sebelum melakukan perjalanan jelajah ke daerah kawasan wisata ziarah malam hari, kami pun memutuskan untuk singgah di salah satu rumah makan di kawasan kota Serang Timur untuk makan malam, sambil mempersiapkan fisik dan kondisi tubuh dengan berisirahat sejanak setelah melakukan perjalanan selama +/- 1 jam 1/2 dengan kendaraan pribadi. Untuk menu makan malam ini saya memilih menu makanan khas kuliner Indonesia pecel ayam kaki lima.

Photo  :

Tepat jam 01.20 WIB kami sampai di kawasan daerah Masjid Agung Banten yang terletak di Desa Banten Lama. Lokai ini terletak sekitar +/- 10 km sebelah utara Kota Serang. Tepatnya di Jalan Raya Banten Lama, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, Indonesia. Nuansa kehidupan malam di kawasan Kabupaten Banten Lama yang terasa unik dan klasik penuh nilai relejius pun mulai dapat terasa. Para pedagang pun banyak yang buka hingga 24 jam di kawasan wisata Masjid Agung Banten ini. Dimana kita dapat menikmati wisata belanja kuliner jajan pasar tradisional dari kerajinan masayrakat setempat seperti yang dapat anda lihat di dalam foto yang terdapat di bawah ini.

Photo :

Karena kondisi malam dan waktu yang terlalu sempit, saya tidak sempat mengabadikan foto bangunan Masjid Agung Banten. Namun, nuansa bangunan utama Masjid Agung Banten yang bertumpuk lima mirip pagoda China yang merupakan karya seorang arsitek Cina yang bernama Tjak Ban Tjut, dan dua buah serambi yang di bangun yang menjadi pelengkap di sebelah sisi utara dan selatan bangunan utama dapat terlihat jelas dalam perjalanan wisata malam di kawasan Kabupaten Provinsi Banten kali ini. Dan kami pun tiba di salah satu rumah salah seorang tokoh masyarakat yang berada di lokasi desa tersebut.

Dari keterangan salah seorang tokoh masyarakat setempat yang saya kenal dari salah seorang peandu wisata lokal bernama Mas Yanto, Masjid Agung Banten ini di bangun pertama kalinya oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), beliau merupakan putra pertama dari Sunan Gunung Jati. Dan hal ini di perkuat oleh data yang saya dapat di lokasi yang dapat anda lihat dalam foto di bawah ini.

Lanjut keterangan ............
Di lokasi Masjid Agung Banten ini juga terdapat komplek sultan-sultan (raja-raja) Banten beserta keluarganya yang dapat di kunjungi oleh masyarakat luas yang mau melakukan wisata ziarah. Dan tempat ziarah makam yang berlokasi di kawasan Masjid Agung Banten ada beberapa tempat, yaitu makam Sultan Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar, Sultan Maulana Mahummad dan Sultan Zainal Abidin, dan masih banyak lagi tempat wisata ziarah yang terdapat di lokasi ini. Nama-nama tokoh dari raja-raja Banten tersebut merupakan salah satu penggerak dalam sejarah kerajaan Banten yang pernah memimpin daerah Banten dalam mengisi perjalanan sejarah Indonesia.

Untuk perjalanan wisata malam ziarah di kawasan ini,  rekan-rekan saya memilih beberapa tempat yang akan kita kunjungi. Dan untuk di lokasi ini kami memilih kawasan wisata ziarah Makom Sultan Maulana Hasanuddin Banten sebagai seorang tokoh pendiri dari Masjid Agung Banten. Untuk pintu masuknya saya beserta rombongan melalui jalur pintu masuk ziarah dari KH. Tubagus Ahmad Chotib di salah satu sisi area Majid Agung Banten, seperti yang dapat anda lihat dalam foto di bawah ini saya bersama rekan saya bernama Mas Yanto pemandu wisata malam kali ini di depan pintu gerbang masuk ke lokasi makom  Sultan Maulana Hasanuddin Banten di kawasan Masjid Agung Banten.

Photo  :

Petualangan perjalanan wisata malam ziarah ini kami lakukan dari kawasan pintu gerbang KH. Tubagus Ahmad Chotib yang merupakan salah satu perintis kemerdekaan Republik Indonesia dari Banten, hal ini dapat terlihat sangat jelas di dalam tulisan yang terdapat di papan petunjuk yang berada di depan pintu gerbang.

Lanjut...............
Dengan tertip kami memasuki pintu gerbang satu persatu secara teratur. Memasuki kawansan makan keluarga kerajaan Banten di malam hari terasa aura relejius dan mistis yang akan terasa di setiap bagian tubuh kita, hingga membangunkan bulu kudu halus di sekitar legan dan pundak bagi siapa saja yang melakuka perjalanan wisata ziarah malam hari di kawasan Kabupaten  Provinsi Banten. Suasana ini hanya dapat dinetralisir oleh kita dengan cara berdoa dan niatan yang baik. Seperti yang terlihat di dalam foto di bawah ini.

Photo  :

Tidak terlalu jauh dari pintu gerbang kita bisa melihat sebuah bangunan yang terbuat dari batu semen, di mana di lokasi tersebut terdapat makam Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Di lokasi inilah banyak para wisatawan domestik mau pun mancanegara dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam melakukan perjalanan wisata ziarah untuk mengenang jasa perjuangan dari seorang putra pertama dari anak Sunan Gunung Jati Cirebon yang menyebarkan agama Islam di kawasan Banten Lama, serta membangun pemerintahan kerajaan untuk mengatur dan mensejahterakan masyarakat di kawasan Banten pada masa era kejayaan pada masanya. Lokasi wisata ziarah Makom Sultan Maulana Hasanuddin Banten dapat anda lihat di dalam foto yang berada di bawah ini.

Dimana di lokasi Makom Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini saya mendapatkan keterangan dari nara sumber pemandu wisata malam di kawasan Kabupaten Provinsi Banten ini yang saya tulis di halaman yang lain. Setelah berdoa bersama untuk Sang Sultan Banten, dan mendapatkan informasi tentang sejarah perjalanan Sultan Maulana Hasanuddin Banten ini kami pun mengabadikan beberapa foto di area wisata ziarah ini, tentu untuk mengambil foto-foto ini kami minta ijin dengan pengurus lokasi makom ini terlebih dahulu.

Photo  :

Walau pun pengambilan di lokasi wisata ziarah ini sudah mendapatkan ijin dari penjaga dan pengurus makom, masih ada saja nuansa mistis yang mempengaruhi hasil dari proses pengambilan gambar di lokasi ini dari pihak astral yang tidak terlihat oleh kasad mata. Tapi hal ini tidak mengurangi niatan saya bersama beberapa teman untuk mengunjungi beberapa obyek wisata ziarah yang akan kami kunjungi di malam hari di beberapa kawasan Kabupaten Provinsi Banten.

Untuk wisata malam di kawasan Kabupaten Provinsi Banten lainnya akan saya buat dalam halaman tersendiri, di mana tempat-temapat obyek wisata tersebut yang saya dan teman-teman  lakukan di kawasan obyek wisata ziarah Syech Abdul Jabar Banten dan wisata ziarah Masjid Kole Pamarayan Banten dengan keunikan cerita masing-masing yang saya dapatkan di lokasi tersebut.

Bagi para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata yang akan mengunjungi obyek wisata malam di kawasan Kabupaten Provinsi Banten, anda dapat menikmati salah satu kawasan obyek wisata di kawasan Majid Agung Banten ini yang merupakan salah satu masjid tertua yang berada di Indonesia. Masjid ini memiliki nilai perjalanan sejarah, dan setiap harinya ramai di kunjungi para perziarah yang datang ke lokasi ini. Di lokasi ini pun anda dapat menikmati wisata edukasi perjalanan sejarah dari kerajaan Banten, dan telah menjadi salah satu situs cagar budaya yang telah di tetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui dinas pariwisata daerah setempat.

Bagi para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata yang berasal dari luar Pulau Jawa, atau pun dari kawasan negara lainnya yang memiliki kegemaran melakukan wisata ziarah di kawasan Indonesia, anda dapat menjadikan kawasan wisata ziarah di daerah Banten Lama ini dalam kunjungan ziarah anda berikutnya. Anda dapat menikmati sensasi perjalanan wisata ziarah malam hari di kawasan Kabupaten Provinsi Banten Indonesia.  Dan bagi yang memerlukan penginapan di daerah kawasan wisata ziarah Banten, anda dapat mengunjungi halaman pesan hotel murah yang akan mengarahkan anda untuk menemukan harga penawaran harga hotel yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan perjalanan wsiata anda di kawasan daerah Banten. Semoga bermanfaat bagi anda yang memerlukan informasi obyek wisata ziarah di kawasan Kabupaten Provinsi Banten.

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

26 komentar

Thanks infonya mas Indra .... kapan-kapan pengen ke sana juga

Silahkan Mba, tapi lebih seru menjelajahi kawasan ini dengan melakukan wisata malam hari Mba. Biar ada nuansa yang menegangkan dan unik, tapi jangan mudah tergoda suasana loh ya....... takut kena sambat. he,, he,, he,,,,,

Salam wisata,

Ko nggak ketemu ya mas, saya kan orang pribuminya :)

saya baru tahu kalo ada wisata malam juga, dan salah satu wisata malam ada di banten. senang sekali ya mas jika bisa berwisata malam hari, pasti serem namun asyik, hehehe :D
maaf saya lama gak bisa buka blog ini krn komputer saya gak mampu loading, lagi pula setiap bulan pertengahan kuota habis, hmmm :D alhamdulilah ini berhasil membuka setelah jumlah script di blog ini berkurang, hehehe :)
salam wisata !

Wah,,,, saya juga orang pribumi tapi pribumi asli Indonesia mas. he,, he,,he,,,,

Paling nikmat loh Mba menikmati wisata malam di kawasan Kabupaten Banten ini,

Kalau jumlah loading berkurang dari kuota yang tersedia nunggu transferan saja Mba dari GA. he,, he,, he,,,,,

ada juga ya wisata malam, baru denger nih soalnya, hehe

Enggak malam enggak siang Indonesia tetap menawan yo Kang

wisata malam, kalo rame2 ga masalah yaa mas....lha kalo sendiri.....*ngaciiiiir :D

Enakan mana wisata malam ato siang?? Malam-malem ke kuburan kan ngeri,, ihhh

Silahkan di coba Sob, untuk melakukan wisata malam di kawasan kabupaten banten di kawasan wisata Masjid Agung Banten ini.

Salam wisata

Benar Kang, Inilah keunikan dari sebuah negeri Indonesia.

Justru itu saya berangkatnya bersama teman-teman untuk menelusuri kawasan wisata yang unik ini. he,, he,, he,,,,

Salam wisata,

saya cuma mandangi foto empat sekawan yang diatas itu. pasti habis ngisi ceramah..hehehe

Tergantung selera Mba, kalau di lakukan pada malam hari kita akan lebih mengenal kehidupan masayrakat di kawasan daerah tersebut dengn keunikanna, tapi kalau di siang hari kawasan wisata ini sangat ramai dari pengunjung, sehingga kita sangat sulit dalam mencari dan mendapatkan informasi dai beberapa tokoh masyarakat yang mengetahui cerita sejarah dari para tokoh-tokoh kerajaan yang berada di kawasan Masjid Agung Banten ini. Semua kembali kepada niat dan kejernihan pikiran saja ko bila kita mengunjungi wisata malam seperti di kawasan ini.

Seperti team jelajah malam ya Kang, ha,, ha, ha,,, ha,,,,

Salam wisata

Ziarah sambil wisata atau wisata sekaligus ziarah nih...yang pasti mengambil banyak hikmah dari perjalanan yang dilakukan

wah ternyata ada juga ya mas wisata malam, pasti sangat menakjubkan nich bisa berwisata di tengah malam. Kalau saya lebih suka wisata pagi hari aja mas soalnya kalau malam-malam takut hehehe :D

Wah malem-malem enaknya tidur nih..

Banten, daerah penuh sejarah. Wisata malam di sana tentu menghadirkan suasana yang berbeda ya :)

wisata ziarah malam hari akan membawa kita ke sebuah nasehat langsung Mba akan sebuah keberadaan di saat diri kita akan kembali ke tanah atau mengalami kematian, jadi lebih tepatnya seperti itu dan banyak hikmahnya bila melakukan wisata ziarah di malam hari.

Salam,

Wisata malam tidak selalu identik dengan dengan hiburan malam ko Mba, apalagi kalau kita bisa melakukan wisata malam ziarah seperti ini. Kita bisa menikmati keunikan kehiduapn malam yang beda dan yang terpenting kita bisa mengenal dan menerima langsung nasehat untuk diri kita yang akan mengalami kematian nantinya.

Benar Kang, he,, he,, he,,,,

Salam wisata

Benar Kang, yang pasti wisata malam di kawasan Banten tentunya suasana dan sensasinya berbeda dengan yang lainnya.

Salam wisata,

Aku pernah ke makam siapa au di Banten, penasaran kok penuh banget... tapi siang sih, dan itu banyak pengemis, jadi malesiiinnnn >,<

Kalau malam pasti sepi Na, dan seru lagi kalau malam ke sana. Banyak sensasinya. Asal jangan mudah terpengaruh saja. he,, he, he,,,,

Salam,

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed