WISATA BELANJA KULINER JAJAN PASAR

Wisata belanja kuliner jajan pasar merupakan kegiatan belanja makanan tradisional Indonesia. Lokasi ini berada hampir di setiap daerah yang berada di kawasan Indonesia. Kita bisa menemukan kawasan wisata belanja kuliner jajan pasar dalam bentuk tradisional mau pun modern. Banyak pilihan rupa dan rasa makanan jajan pasar dari tradisional hingga modern dapat kita temukan di pusat belanja jajan pasar atau pun oleh-oleh.

Dari kisah pengalaman pribadi saya selama melakukan perjalanan wisata di beberapa daerah, jajanan pasar yang berbentuk dari kue kering mau pun kue basah sangat di minati oleh masyarakat Indonesia mau pun mancanegara. Dan salah satu daya tarik para wisatawan mancanegara untuk membeli dan mencoba kuliner jajan pasar ini salah satunya adalah dari nama dan bentuk yang unik, serta rasa dari setiap jenis pilihan kuliner jajan pasar yang di tawarkan beranekaragam pilihan. Seperti yang terlihat dalam gambar foto di bawah ini.

Photo  :

Foto di diatas merupakan koleksi pribadi saya pada saat saya bersama beberapa kerabat dan keluarga singgah di salah satu lokasi tempat wisata belanja kuliner jajan pasar tradinonal di daerah Bandar Kawung Bandung, Jawa Barat. Indonesia.

Dan untuk bentuk serta rasa pilihan bolu kukus yang beraneka ragam pilihan, di kawasan wisata belanja kuliner jajan pasar ini kita bisa melihat dan memilih makanan yang berada di dalam etalase. Da dalam etalase tersebut banyak terdapat pilihan bentuk dan rupa serta ukuran berbagai macam rasa, seperti coklat, keju dan rasa lainnya. Seperti yang terlihat dalam foto yang terdapat di bawah ini.

Photo :

Terilhat dalam gambar foto tersebut beraneka ragam kuliner jajan pasar tradisonal yang di kemas dan di susun secra rapih untuk kita pilih. Dari kue lapis, lemper, roti, keripik singkong dan masih banyak lagi pilihan yang bisa kita pilih sebagai bekal perjalanan atau pun oleh-oleh bagi keluarga atau pun kerabat.

Bagi para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata tentu anda memiliki kawasan favorit di suatu tempat atau pun daerah wisata yang ada di Indonesia untuk belanja oleh-oleh dengan melakukan wisata kuliner  Indonesia citra rasa sehat dengan jajanan pasar tradisional.

Beberapa tempat wisata balnaja kulinet jajan pasar yang terdapat di daerah Indonesia, anda dapat menikmatinya seperti yang berada di kawasan ;
Dan masih banyak lagi kawasan di setiap daerah yang ada di Indonesia yang memiliki tempat wisata kuliner jajan pasar tradisional Indonesia. Kedua contoh tersebut diatas merupakan sebagian kecil dari kawasan wisata kuliner jajan pasar tradisional yang ada di Indonesia.

Bagi para sahabat Ejawantah Wisata yang berada di luar Indonesia, bila anda berkunjung di salah satu kawasan wisata Indonesia ada baiknya anda masukan di dalam daftar kunjungan wisata belanja kuliner jajan pasar tradisional Indonesia untuk mencoba makanan khas dari daerah yang anda kunjungi di Indonesia, anda dapat menikmati berbagai ragam rasa dengan nama unik dari makanan khas tradisonal Indonesia. Selamat mencoba.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

49 komentar

Indonesia kaya budaya.
begitu juga dengan ragam makanannya.
hmmmm,....klo udh gini bangga banget jd org indonesia

Kalau sy suka jajan pasar itu cucur, klepon dan 1 lagi kalau di jatim namanya rangin, kalau di jabar namanya pancong tapi kalau di daerah asalku Pati jateng namanya sampok om..

jajan pasar juga salah satu kekayaan budaya indonesia, sayang kalau kalau tidak dilestarikan :)

kalau saya memang kurang suka camilan, jadi jarang beli oleh2. Tapi kalau lagi pergi disuatu daerah emang pengennya cobain makanan khas di daerah tsb :)

Benar kang jajan pasar tradisonal harus di lestarikan agar tidak punah. hehe

Salah satu keindahan dan kunikan Indonesia adalah banyak ragam pilihan wisata kuliner jajan pasar ya Mba. Tidak terhitung jumlahnya. Hm.... he,,, he,, he,,,,

Salam wisata

Wah,,,,,, sepertinya Indonesia memiliki kuliner jajan pasar yang unik dan banyak penggemarnya ya Kang.

Salam,

Jajan pasar memang harus di lestarikan kang, dan bisa menjadi makanan pelengkap. he,, he,,, he,,,,,

Salam wisata

Kalau pergi ke daerah tidak sempat mencoba makanan khas daerah tersebut sepertinya rugi deh Mba. Ha,,, ha,,, ha,,,,

Salam wisata,

Sekarang ini ayo pada semangat melestarikan budaya sendiri baik dari masakan jajanan adat dll..sebab indonesia kaya akan semua tapi belum bisa menggalinya

saya setiap pergi keluar kota pasti beli jajanan khas kota itu, dan itu juga tradisi keluarga saya, hehe

Benar Mba, Indonesia kaya akan beragam wisata belanja kuliner dan jajan pasar, apalagi di setiap daerah Indonesia memiliki beragam keunikan seni dan budayanya.

Salam wisata,

Jika semua jenis jajanan pasar Indonesia bisa dikumpulkan di suatu tempat maka Gelora bung Karno pun mungkin tak kan muat ya PAk langkah kayanya khazanah kuliner nusantara, Salam

tanpa jajanan pasar asal daerah setempat sepertinya ada yang kurang ya Sob. he,, he,, he,,,,


Salam wisata,

Kalau pagi kenapa selalu bikin laper ya mas ... kemaren bubur ayam sekarang jajanan pasar .... Good idea .... TOP BGT Pokoknya

Di tempat saya ada beberapa pasar yang mau di gusur kasian juga, tapi katanya sih mau di relokasi, saya jarang belanja juga sih, biasanya cuma ngantar doang :D

jajan pasar memang menarik untuk dibahas, apalagi kue-kue yang dijajakan adalah kue-kue tradisional yang rasanya lebih enak daripada kue-kue yg katanya modern yang marak dijual di mal dan supermarket :-)

di kalimantan selatan banyak juga dijual jajanan pasar..warna warni yang menarik serta bahan-bahannya yang masih terjaga..membuat kue-kue ini selalu laris manis dibeli oleh para pecinta jajanan pasar :-)

saya bangga jadi rakyat jelata Indonesia karena bisa menikmati jajanan seperti itu tanpa ada aturan hehe

Indonesia sangat kaya akan budaya, makanannya juga tu, mmzz, foto yg 2 tu enak tu mknnnya kayaknya :)

kalau saya lagi jalan2 ke suatu daerah yg blm prnah saya knjungi,, mmng jajanan pasar ini salah satu yg saya cari.. soalnya rugi rasanya kalau uda smpe ke daerah trbt tapi blm nyoba ciri khas dari daerah itu (yakni jajanan pasarnya).. :)

jajanan pasar tidak boleh kalah dengan mereka yang dari luar, seperti pizza, hamburger dan teman-temannya.
jangan pernah mau kalah ya :)
itu identitas bangsa kita lho, masak mau dihapus begitu saja.
Sebagai pemuda saya ikut prihatin, :(

Banyak jajanan pasar yang terbuat dari bahan dasar alam seperti singkong
makanan ciri khas bangsa yang tidak ditemukan di daerah lain mungkin

Salam dari pamekasan madura

paling suka kalau ke pasar memang belanja makanan, terutama buat cemilan di rumah. Tapi kalau pas berwisata, bisa buat oleh-oleh untuk orang di rumah. Tapi kapan ya saya bisa jalan-jalan lagi ^^

Wah,,,,, kalau semua jenis jajanan pasa Indonesia dikumpulukan bisa penuh semuanya Kang. he,, he,, he,,,,


Salam wisata,

Yang laper berarti belum sarapan Mba. he,, he,, he,,,

Salam wisata

Pengrelokasian pasar memang bagus Sob, agar lebih tertata rapih. Dan terlihat lebih bersih lagi ko. Yang terpenting bagi kegiatan aktiiftas pasar tradional tetap terpelihara, terutama bagi para pengusaha atau pun pedagang jenis jajanan pasar tradisionalnya ya.

Salam wisata,

Jajan pasar radisional Indonesia sangat menarik ya Kang, dengan bentuk dan warna aneka ragam pilihan juga ya. Dan ini tidak kalah menarik dan nikmat ko dari pada makanan jajanan modern yang ada di mall-mall yang ada.

Salam wisata

Kalimantan Selatan tentunya juga memiliki jajan pasar yang unik dan khas untuk ditelusuri, apalagi rasanya ya Sob, Hm,,,,,, pasti banyak yang suka.

Salam wisata,

Jajan pasar tradisional itu unik dan dibuatnya pun dengan cara seerhana, namun rasa dan bentuknya enak dan sangat menarik. Dan ini sangat ada di Indonesia.

Salam wisata,

Sangat jelas Sob, bahwa jajan pasar tradisional Indonesia bisa masuk di setiap golongan kehidupan masyarakat semua kelas, baik kelas menengah ke bawah mau pun kelas menengah ke atas. Tinggal dikemasnya dengan cara yang apik dan pantas.

Salam wisata,

Benar sekali Sob, kalau jalan-jalan ke suatu daerah Indonesia rugi rasanya kalau kita tidak menikmati jajan pasar tradisional asal dari daerah tersebut.

Salam wisata,

Jajanan pasar tardional Indonesia tetap menjadi produk unggulan ko Kang di Indonesia. Walau banyak makanan jenis baru, namun segmen pasarnya harus bisa di pilih dan dikemas dengan yang lebih baik, dengan tidak meninggalkan ciri khas dan rasa yang unik dan alami dari setiap jenis makanan jajan pasar tradisional Indonesia.


Salam wisata,

Benar Kang, banyak sekali jajanan pasar tradisional Indonesia yang memiliki ciri khas khusus dan hanya di miliki di kawasan daerah Indonesia.

Salam wisata,

Kalau berwisata tidak beli oleh-oleh kayanya ada yang kurang ya Mba, apalagi bila kita tidak membeli makanan jajanan pasar tradisonal kawasan daerah yang kita singgahi, rasanya seperti ada yang kurang. Dan kalau mau jalan-jalan kapan-kapan saja boleh............


Salam wisata,

Asyiknya, kita bisa memilih jajanan pasar yang paling pas untuk lidah kita. Tapi yang saya percayai, makanan ini bercitarasa tinggi hasil kreasi anak negeri yang semoga senantiasa lestari :)

saya bangga jadi orang indonesia bukan bangga memiliki pemerintahan sekarang ini

inilah dafar jajanan kesukaan saya, lemet, nogosari, gethuk lindri, dan juga gedang godog.
semua itu jajanan yang alami tanpa bahan tambahan yang instan.
dan jajanan pasari ini bisa dijadikan bisnis pak.
gak pengen nyoba jualan pak ?

contohnya onde-onde itu khas sekali

semua jajanannya di foto keliatan enak.. lebih enak lagi klo dibeliin. ada yg berkenan nraktir nggak?

Makanan spt ini yg selalu ngangenin.. Saya jg kl traveling selalu nyenpetin mencoba cari kuliner khas setempat, terutama yg di pasar.. Seruuu :)

jajan pasar bagaimanapun tak tergantikan ya mas meskipun banyak jajanan yang baru-baru

yang jelas enak-enak kok mas...apalagi makan bersama

itulah mantapnya pasar tradisional :)

ada di antara jajan itu juga ada di malaysia.. saya suka kerepek ubi (singkong).. enak dimakan ketika menonton television..

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra....

Memang kuliner jajan pasar selalu menjadi tumpuan para wisatawan apabila datang ke satu-satu tempat sebagai ole-ole untuk dibawa pulang. Kalau saya, sangat suka membeli keripik singkong pedas dan kue baulu yang sangat enak bau dan rasanya.

Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak. :D

SITI FATIMAH AHMAD

Jadi bangga nih jadi anak indonesia , karena ada jajanan yang unik gitu , di negara laen jarang ada yang gituan hehehe :D

Indonesia memang kaya dengan jajanan pasarnya ya mas, dan tentunya jajanan yang bebas dari bahan pengawet berbahaya

Indonesia kaya banget dengan jajanan pasar ya Mas, di mana2 ada.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus