DI BALIK PESONA KEINDAHAN CANDI JABUNG

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/di-balik-pesona-keindahan-candi-jabung.html
Di Balik Pesona Keindahan Candi Jabung. Candi Jabung yang terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Candi Jabung merupakan salah satu candi Hindu yang terdapat di kawasan Jawa Timur, dan tercatat sebagai salah satu situs peninggalan Kerajaan Majapahit.

Lokasi Candi Jabung sendiri berjarak +/- 5 km dari Kraksaan dan berada di pinggir jalan raya Surabaya - Situbondo.

Perjalanan saya di kawasan Situs Candi Jabung di kawasan Lumajang merupakan salah satu rangkaian perjalanan wisata yang saya lakukan setelah mengunjungi Situs Biting. Di mana lokasi ini tercatat dalam sebuah kitab Negarakertagama sebagai tujuan akhir perjalanan ritual Raja Hayam Wuruk pada masa memimpin Kerajaan Majapahit untuk melakukan upacara "srada". ( Baca : Jejak Ritual Raja Hayam Wuruk ).

Perjalanan menuju kawasan Candi Jabung ini saya melalui jalan desa. Dan perjalanan ini saya di temani dengan seorang sahabat yang merupakan penduduk asli dari Trowulan. Jadi tidak terlalu sulit saya sampai di lokasi ini. Walau lokasi candi berada di pinggir jalan raya Surabaya - Situbondo, lokasi ini terlihat tenang.

Tiba di kawasan Candi Jabung saya bersama teman waktunya masih belum terlalu sore. Terlihat bangunan candi yang menjulang tinggi dapat mudah dikenali dari kejauhan. Setibanya kami di lokasi candi, kami pun langsung bertemu dengan salah seorang juru rawat Candi Jabung atau yang di kenal dengan anam kuncen Candi Jabung. Beliau bernama Bapak Abdul Rahman. Di mana beliau pernah ikut andil dalam proyek pemugaran Candi Jabung pada tahun 1980 yang di lakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo.

Lanjut........
Konon informasi yang saya terima dari juru kuncen Candi Jabung, Candi ini di yakini sebagai tempat para leluhur Raja Hayam Wuruk. Sehingga pada masa lalu Sang Raja melakukan upacara ritual sambil mendoakan para leluhurnya sambil meminta petunjuk Tuhan melalui ritual untuk mendapatkan sebuah ilham yang baik dalam mempimpin Kerajaan Majapahit yang beliau pimpin.

Memasuki kawasan Candi Jabung, kita bisa menemukan sosok bangunan candi yang menjulang tinggi bagaikan bangunan pencakar langit. Bangunan Candi Jabung ini terbuat dari bata merah yang tersusun rapih. Namun, sangat di sayangkan panel-panel yang terdapat pada dinding candi terlihat sudah pada haus.

Photo  :
http://www.ejawantahtour.com/2014/03/di-balik-pesona-keindahan-candi-jabung.html

Informasi yang saya dapatkan di lokasi, di balik pesona keindahan Candi Jabung ini ternyata terdapat suatu peristiwa yang menyebabkan panel-panel yang terdapat pada dinding candi menjadi terkikis. Hal ini di sebabkan akibat dari pengikisan dari pasir laut yang di gunakan untuk menimbun (menguruk) candi agar tidak terlihat dan terselamatkan dari serangan penjajah pada masa tahun 1942 Masehi.

Dalam sebuah catatan bangunan Candi Jabung kit bisa melihat bahwa candi ini berukuran panjang bangunan 12,11 meter, dengan lebar bangunan candi 9,58 meter, dan tinggi bangunan candi 15,58 meter.

Candi Jabung ini telah mengalami pemugaran pada tahun 1980 - 1986 yang di lakukan oleh Pemerinatah Derah Kabupaten Probolinggo. Sebelum pemugaran candi ini hanya memiliki luas area yang sempit, yaitu berkisar 35 x 40 meter persegi. Namun, setelah di lakukan pemugaran dan penelitian di area Cadni ini ternyata kawasan area ini luasnya bertambah menjadi 20.042 meter persegi.

Bila di tinjau dari segi seni bangunan arsitektur, Candi Jabung kita dapat melihat sisi-sisi pesona keindahannya seperti dari bentuk bagian tubuh candi yang berbentuk bulat atau silender persegi delapan, dan bangunan candinya berdiri menjulang atap langit yang memiliki tiga tingkat berbentuk persegi. Sedangkan bagian atap candi berbentuk pagoda atau yang di kenal dengan nama stupa. Namun, bila kita perhatikan secara perlahan pada bagian puncak Candi Jabung kita akan melihat relif motif salur-saluran yang indah.

Lanjut............
Bergeser ke sebelah barat lokasi Candi Jabung. Di lokasi ini kita akan menemukan sebuah pintu bilik yang menghadap ke arah sebelah barat, di mana bagian depannya ada sebuah anak tangga yang menjorok ke depan dan bisa dinaiki oleh siapa saja untuk menuju lokasi bilik ruangan candi yang berada di atas.

Dari pengalaman saya di lokasi, untuk menaki anak-anak tangga tersebut tidak lah mudah. Bagi kita yang akan menaiki anak tangga hingga sampai di lokasi puncak atas depan bilik candi di butuhkan perjuangan ekstra. Dan bagi kita yang akan mencobanya sangat di sarankan untuk berhati-hati di area ini. Terutama bila pada saat musim penghujan. Dan jangan membawa barang bawaan atau tas yang menambah berat beban dan ruang bebas kita dalam menapaki setiap anak tangga yang kecil untuk hingga sampai ke atas.

Lanjut............
Dengan sedikit perjuangan melalui anak tangga sebelah barat, sampailah saya di ruang dalam Candi Jabung yang berada di posisi atas. Tentunya perjalanan kali ini saya tidak melakukannya sendiri. Dengan mengikuti bekas jejak Bapak Adul Rahman di setiap anak tangga yang bisa di lewati hingga sampai di atas atau pun depan bilik pintu Candi Jabung.

Photo  :
http://www.ejawantahtour.com/2014/03/di-balik-pesona-keindahan-candi-jabung.html

Setelah sampai di lokasi puncak dan berada di depan pintu bilik Candi Jabung, kita bisa melihat sebuah tulisan di atas pintu ruangan badan Candi. Dalam tulisan tersebut kita dapat melihat bahwa keterangan di bangunnya Candi Jabung ini di buat pada tahun 1276 c (saka) atau pada tahun 1345 Masehi. Di mana pada tahun tersebut merupakan salah satu masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Dari lokasi atas candi terlihat sosok bangunan di sebelah barat dari Candi Jabung terdapat sebuah bangunan candi juga. Dari informasi yang saya terima di lokasi. Menara sudut candi yang di perkirakan sebagai penjuru pagar di lokasi candi, dan memiliki fungsi sebagai pelengkap bangunan Candi Jabung. Candi tersebut di berinama Candi Menara Sudut, dan bangunannya juga terbuat dari bata merah yang sama, dan sisi-sisi candinya berukuran +/- 2.55 meter, dengan ketinggiian banguan +/- 6 meter.

Lanjut...........
Yang paling menarik dalam penelusuran saya untuk tahu asal usul dari nama Candi Jabung dari keterangan juru kunci Candi, beliau mengatakan bahwa dulunya lokasi candi ini merupakan dataran yang berbentuk cekung ke dalam tanah. Setelah di urut dan di adakan pemugaran maka nama "Jabung" tersebut pilihlah untuk nama candi ini.

Namun, bila kita melihat dari kitab Nagarakertagama, Candi Jabung ini merupakan lokasi yang pernah di kunjungi oleh Raja Hayam Wuruk pada masa tahun 1359 Masehi untuk melakukan upacara ritual. Dan dari keterangan yang terdapat di dalam kitab Paraton disebutkan Sajabung merupakan tempat pemakaman Bhra Gundul yaitu salah sorang keluarga raja. ( Baca : Menelusuri Negarakertagama )

Terlepas dari beberapa keterangan tersebut di atas bersumber dari nara sumber dan daftar pustaka yang berbeda tentang asal usul nama Candi Jabung ini. Kita bisa melihat bila cerita ini kita jadikan satu dan menjadi sebuah rangkaian cerita maka kita akan menemukan bahwa lokasi Candi Jabung yang di pilih oleh Raja Hayam Wuruk untuk melakukan upacara ritual "srada" di jadikan sebuah tempat untuk mencari ilham dari Tuhan untuk mempimpin Raja Majapahit sambil beliau merawat atau pun mendoakan para leluhurnya di lokasi area tersebut.

Informasi kejelasan dari ide pembanguanan dan keberadaan lokasi Candi Jabung ini kita bisa melihat di dalam prasasti Gajah Mada. ( Baca : Mengenal Prasasti Gajah Mada )

Mengakhiri perjalanan wisata sejarah saya di kawasan Candi Jabung dalam menelusuri jejak ritual Raja Hayam Wuruk ini, terlintas dalam pikiran bahwa dengan sebuah susunan batu bata merah bisa berdiri sebuah candi yang megah hingga berusia berabad-abad. Tentu apa yang bisa kita lihat di lokasi ini adalah sebuah bukti sejarah dan nilai seni arsitektur bangunan yang luar biasa yang bisa di kaji lebih jauh dari pembelajaran yang dapat diambil di balik pesona keindahan Candi Jabung.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

38 komentar

CAndi jabung ini pertam kali saya mendegar namanya pak Ternyata masih banyak peninggalan leluhur saya belum tahu

wah bener-bener luar biasa ya mas panorama alama di candi jabung ini. Bangunan nya masih berdiri kokoh dan masih lestari sampai sekarang, meski usia nya sudah cukup tua :)
Semoga bisa menjadi cagar budaya daerah setempat ya :)

Semoga suatu hari nantibisa melihat dari dekat Kang.

Salam wisata

Benar Mba Eka, bahkan cndi ini dapat memberikan informasi pendidikan yang sangat luar biasa yang dapat di gali bagi pengetahuan. Dan yang paling penting lokasi Candi Jabung merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang indah dan tidak kalah menarik di kunjungi sebagai obyek wisata di kawasan Probolinggo.

Salam wisata

itu harapan saya bang hehehe

Semoga ya Kang. :D

Salam wisata

Wahh banyak lanjutnya mass...hehe

maaf kng belom sempet baca keindahan danpesonanya candi Jabung nya ya....kebelet nih

memang betul, selain nilai sejarah yang bisa kita dapat. Nilai seni juga bisa kita dapatkan

Bangunan lama masih berdiri kokoh itu sesuatu yang inah bangunan sekarang saja yang dirancang para ahli kadang harus selalu direnovasi ya mas

raja-raja indonesia dulunya suka mencari tempat khusus..agar bisa berkomunikasi dengan sang pencipta..seperti Raja Hayam Wuruk....yang mencari ilham dari Sang Pencipta untuk memimpin majapahit...coba bandingkan dengan pimpinan pemerintahan zaman sekarang...apakah mereka juga sudah berkomunikasi dengan Sang Khaliq bagaimana cara memimpin Indonesia agar menjadi negara yang adil makmur dan sejahtera....dan terbebas dari para koruptor.....
keep happy blogging always....salam dari Makassar :-)

walupun saya baru tahu tentang cerita candi Jabung tapi sangat terkesan kalau melihat dari gambarnya sepertinya masih utuh,karena pengelolaanya yang baik kaliyah,,,

banyak banget candi di negeri kita ini, ya :)

tipikal candi di jatim memang mirip pak, dan umumnya pada masa yg hampir sama

pengen jalan-jalan ke sini juga .... beneran :D

saya belum pernah kesini, pingin banget rasanya main ke candi jabung jika msh berlokasi di jawa timur, hehehe :D

salam wisata mas Indra :)

Hati-hati nanti jadi suka dengan kalimat lanjut loh untuk mengetahui situs cCandi Jabung ini. :D

Salam wisata

Iya kang makasih ya....

Salam wisata

Terkadang bila kita hadir di tempat wisata sejarah seperti ini kita sendiri bingung mengambil manfaat dari situs sejarah dari sebuah Candi, padahal banyak sekali kalau nisa kita manfaatkan waktu di lokasi dengan benar. :D


Salam wisata

Itulah Mba salah satu yang harus di pelajari dari para ilmu arsitek atau bangunan bila mau mengupas dan mensejajarkan ilmu bangunan dengan candi ya Mba.

Salam wisata

Banyak pembelajaran dari sebuah peristiwa sejarah di dan benang merah sebagai pembelajaran dari sebuah nilai keindahan situs candi Jabung ini ya Kang.

Salam wisata

Candi Jabung itu ternyata kecil ya?
Jadi itu jaman kerajaan Hindu ya?

Aku malah belum pernah kesana Pak.

Situs candi Jabung ini terlihat di rawat sekarang keberadaannya Kang sejak di renovasi oleh Pemerintah Deraha Kabupaten Probolinggo, dan kawasan ini sekarang merupakan salah satu tempat wisata sejarah dan budaya di sana Kang :D

Salam wisata

Jauh juga ya pak, tapi pengen kesana?
hehehe :D

Benar Mba Myra, Indonesia sangat banyak kawasan candi untuk di jadikan tempat wisata sejarah dan budaya yang mengasyikan untuk di datangi dan di telusuri.

Salam wisata

Bila melihat dari sejarah hampir setiap candi di kawasan daerah Jawa Timur memiliki kemiripan yang sama ya Kang. :D

Salam wisata

Yuk ke Candi Jabung dan tempat wisata sejarah yang lainnya Mba ! :D

Salam wisata

Bisa langsung berkunjung ke tempat wisata sejarah Candi Jabung Mba bila ada waktu. :D


Salam wisata

post di atas lengkap sekali menjelaskan sejarah dari candi jabung, pengetahuan pun bertambah termasuk saya karena sudah membacanya. thanks ejawantahtour
:)

Untuk areanya Candi Jabung cukup luas juga sih Mba, tapi badan candinya yang tidak terlalu luas. Hanya tinggi dan terjam untuk naik hingga ke atasnya Mba. Lain waktu bisa mampir ke lokasi Candi Jabung ini bila ada kesempatan.

Salam wisata

Silahkan mas bila ada waktu bisa mampir langsung ke lokasi Cadni Jabung ini. :D


Salam wisata

baru denger saya pak candi jabung ini.. dan rupanya ini tempat raja hayam wuruk melakukan rituar srada.. :) semoga tempat seperti candi jabung ini bisa dilestarikan..

kunjungan perdana gan..
ane belum pernah denger candi yang satu ini gan... tapi dilihat dari fotonya bagus juga tuh....

salam kenal gan

Sama-sama Mas, semoga bermanfaat untuk kita semua.


Salam wisata

Tempat wisata andi Jabung merupakan salat satu tempat wisata yang sudah dijadikan cagar budaya Mas, di mana di lokasi candi ini kita akan menemukan jejak sejarah dari salah seorang Raja dari Kerajaan Majapahit dengan cerita menarik dari sudut sejarahnya, sebagai belkal pendidikan dan penegetahuan generani bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Salam wisata

Salam kenal kembali Mas, dan semiga bermanfaat ya....

Salam wisata

wah sayang banyak panelnya yang aus karena ditimbun pasir ya mas ..
tapi usaha untuk menimbun agar tidak rusak diserang penjajah itu saya sangat hargai. wujud keperdulian masyarakat terhadap budaya dan sejarahnya ..

indonesia memang kaya akan situs situs purbakala ,candi jabung memang tak sebesar boro budur dan lainya namun melihat ulasan admin terkesan nilai histori yang menawan untuk di kunjungi

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus