PEUYEUM MAKANAN TRADISONAL JAWA BARAT

Berlibur di kawasan Jawa Barat di pusat Kota Bandung, rasanya agak kurang pas kalau kita tidak membeli buah tangan sebagai oleh-oleh di rumah atau sebagai makanan cemilan di jalan. Salah satu makanan tradisonal yang saya sering beli bila melakukan perjalanan wisata Bandung biasanya saya selalu membeli makanan tradisonal Peuyeum ini.

Peuyeum yang merupakan makanan tradisonal Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Dari informasi yang penulis dapatkan dari si penjual sekaligus pembuat makanan "peuyeum" yang berada di salah kawasan wisata belanja Bandung Gunung Tangkuban Perahu. Makanan peuyeum ini terbuat dar bahan dasar singkong yang difermentasi dengan ragi, bentuk dan rasanya mirip dengan tape singkong.

Perbedaan dari peuyeum dan tape dapat kita lihat, kalau peuyeum kering, sedangkan tape bentuknya sedikit basah. Hal yang membuat hasil dari perbedaan tersebut, dalam proses pembuatan peuyeum singkong direbus setengah matang lalu yang difermentasikan dengan ragi dan di simpan dalam keadaan posisi digantung, sedangkan tape dalam keadaan ditumpuk.

Mengenai rasanya antara peuyeum dan tape yaitu sama-sama manis dan memiliki ciri has tersendiri. Dari kelembutan tekstur makanannya, hingga rasanya sangat terasa dari ujung lidah hingga ke hati. Apalagi kalau bahan dasar singkongnya bagus tidak tua. Hm...... pasti ketagihan.

Bagi para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata yang mengunjungi Jawa Barat khususnya Bandung dan sekitarnya, anda akan dapat dengan mudah makanan tradisonal khas  Jawa Barat ini di setiap pusat jajanan di kawasan wisata di daerah Jawa Barat pada saat kita melakukan perjalanan wisata kuliner Indonesia. Sebelum membeli jangan lupa untuk mencobanya, dan bila rasa dan teksturnya pas, maka anda tinggal bayar dan bisa dibawa sebagai buah tangan di rumah. Inilah salah satu kuliner yang kaya akan ragam dan rasa yang unik dan menarik. Mau mencoba makanan tradisional peuyeum ?...........



Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

17 komentar

jadi kangen tape gegara baca postingan ini. maklum orang jawa timur. :P

Aku jarang beli peuyeum. Lebih sering beli tahu sumedang atau ubi cilembu
Sekarang malah belinya tahu doang. Ubi udah males beli. Mendingan mampir ke mang lembu biar dapat gratisan...

saya kalau di bondowoso sering beli peuyeum eh tape ding pak, hehehe
asik ya di gantung2 gitu kayak ubinya kang lembu

belum pernah makan peuyuem mas,,,,,

peuyeum jawa barat ini memang enak banget. paling enak kalau setengah empuk, tapi kalau terlalu keras atau terlalu empuk malah nggak enak :)

Memang makanan ini buat kangen hadir, bagi para pecintanya.

Salam wisata

Nanti nunggu Mang lembu nganter aja ya Kang. Biar enak makan Ubinya.

Salam wisata

Kalau Ubinya Kang lembu pasangannya memang peuyeum ini Kang. He,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Sekali-sekali coba deh Mba, pasti ketagihan.

Salam wisata

Klau keras biasanya singkongnya yang ketuaan ya Mba, Yang sedang-sedang aja enak banget deh ini. Hm......

Salam wisata

ah sy pikir tadi peuyeum jawa barat ini adalah nama tempat wisata gitu, eh rupanya makanan ya,, hihi,,
udah lama gk ke blog ini,, hari ini sy komeng disini, he,,
comeback

Dari mana saja Kang baru nonggol, sibuk ya ? he,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Ah elah..
Pengen gratisan sekalian dianterin. Nikmat bener dunia, hahaa

Aku sukaaaa peyeum... mau dong...

belum pernah makan, kirim ke pontianak dong :D

Nanti Mba, kalau ke Bandung bisa di beli buat oleh-oleh keluarga. Kalau sekarang sabar aja dulu ya. he,, he,,he,,,

Salam wisata

Kalau kirim ke Pontianak takutnya benyek Sob. Mending nanti kalau main ke Bandung saja ya bisa puas nyobain........ he,,, he,,, he,,,,,,

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus