CERITA LEGENDA MITOS MASJID KOLE PAMARAYAN BANTEN TENGAH

Cerita legenda mitos desa Kole Pamarayan Banten Tengah ini saya dapatkan pada saat saya bersama beberapa teman melakukan perjalanan wisata malam di Kabupaten Provinsi Banten pada akhir tahun 2013. Keindaham alam dengan hamparan sawah dan hutan yang mengelilingi kawasan lokasi Desa Pamarayan Banten Tengah ini sangat asri dan masih memiliki udara yang segar pada saat saya beserta rombongan hadir di lokasi setelah melakukan perjalanan wisata ziarah ke makam Syach Abduljabar Banten di Desa Pasir Kecapi, Pagadungan, Karangtanjung, Pandeglang, Banten.

Tepat jam 06:00 WIB saya beserta rombongan tiba di lokasi "Keramat Kole Pamarayan Banten Tengah" di temani suasana rintik hujan dan awan mendung di sekitar lokasi desa tersebut. Kehadiran saya bersama teman-teman semasa SMA yang tergabung dalam team futsalboedeot94 di lokasi ini pun di sambut oleh seorang tokoh masyarakat sekaligus pengurus masjid, beliau merupakan salah satu ke turunan Ki Buyut Santri yang makamnya berada area masjid.

Photo  :

Terlihat bangunan masjid berwarna putih yang menjadi sosok bangunan situs sejarah yang menjadi sebuah legenda cerita unik dan misterius di tengah-tengah masyarakat asli Desa Kole Pamarayan Banten Tengah secara turun temurun. Dan hal inilah yang menarik perhatian saya untuk ditelusuri dalam perjalanan wisata ziarah di kawasan Banten kali ini.

Bangunan masjidnya memiliki gaya arsitektur berbentuk persegi empat dengan banyak pilar dan dua susun bangunan berbentuk limas sebagai menara masjid diatas bangunannya. Pintu dan jendela gantung yang sudah di renovasi dengan pengecatan berwarna hijau ini bisa kita temukan di luar halaman masuk area masjid seperti yang dapat kita lihat dalam foto di bawah ini.

Photo  :

Bangunan masjid yang diberinama Masjid Kole Pamarayan Banten Tengah ini merupakan sosok bangunan tua yang telah mengalami pemugaran renovasi di beberapa titk bangunannya. Hal menarik yang saya dapatkan dari pemandu wisata lokal yang bernama Mas Yanto, beliau merupakan penduduk asli Banten dan memiliki hubungan keluarga dari tokoh masyarakat Kole Pamarayan Banten Tengah.

Lanjut............
Bangunan Masjid Kole Pamarayan ada dengan sendirinya tanpa di bangun oleh masyarakat penduduk Desa Kole Pamarayan Banten Tengah. Menurut cerita legenda masyarakat setempat dan masih menjadi keyakinan oleh mereka sampai saat ini, masjid tersebut dulunya di bangun oleh makhluk bangsa "jin". Dan tidak ada yang mengetahui kapan proses pembangunan masjid ini berlangsung. Jadi singkat cerita masjid Kole Pamarayan Banten Tengah ini sudah ada dengan sendirinya secara tiba-tiba di pagi hari pada di tengah Desa Kole Pamarayan Banten Tengah.

Namun, setelah saya telusuri melalui keterangan beberapa sesepuh desa yang hadir dan tidak mau di ambil foto dan disebutkan namanya, mereka tidak mengetahui tahun berapa kejadian ini berlagsung. Karena cerita yang mereka dapatkan tentang masjid ini pun juga dari kake buyut turunan mereka. ( baca tulisan saya tentang mitos)

Photo  :

Terlepas dari kebenaran cerita legenda dan mitos kepercayaan asli dari masyarakat setempat, bangunan Masjid Kole Pamarayan Banten Tengah ini pasti memiliki nilai sejarah untuk kawasan wilayah desa tersebut. Untuk bagian dalam bangunan Masjid Kole Pamarayan terawat sangat rapih dan bersih, sampai dengan hari ini Masjid Kole Pamarayan Banten Tengah masih sering dijadikan tempat peribadatan umat Islam oleh masyarakat desa, dan juga para perzirah yang hadir di lokasi ini. Untuk kondisi dalam bangunan Masjid Kole Pamarayan anda dapat melihat foto-fotonya seperti yang berada di bawah ini.

Foto di atas merupakan bangunan tengah dari Masjid Kole Pamarayan yang di sanggah dengan empat tiang yang terbuat dari batu beralaskan lantai yang terbuat dari keramik. Sedangkan untuk foto yang ada di bawah merupakan mimbar depan masjid untuk imam memimpin sholat bagi jama'ahnya, di sana juga terdapat sebuah mimbar yang terbuat dari semen dengan ruangan yang bisa untuk duduk bagi imam untuk memberikan nasehat atau pun ceramah pada waktu-waktu tertentu di perayaan hari besar agama, terutama pada saat sholat Jum'at.

Photo  :

Dari keterangan yang saya dapatkan posisi dalam ruangan masjid ini hanya atap dan empat tiang penyanggah yang merupakan penambahan bangunan Masjid Kole Pamarayan Banten Tengah ini yang mengalami pemugaran setelah di renovasi. Sedangkan untuk dinding bangunan pokok dan bentuk artsitektur lainnya masih sama seperti aslinya.

Keberadaan masjid Kole Pamarayan Banten Tengah ini, sangat mendukung para perziarah yang hadir untuk melakukan wiaata ziarah ke Makam keramat Kole Pamarayan Banten Tengah yang berlokasi tepatnya di sebalah masjid tersebut. Dimana situs makam keramat ini merupakan salah satu cagar budaya masyarkat Desa Kole Pamarayan Banten Tengah yang menjadi tempat persarean terakhir dari salah seorang tokoh pejuang penyebar agama Islam di kawasan kerajaan Banten yang memiliki julukan nama Ki Buyut Santri.

Photo  :

Setelah melakukan silaturahmi dan berbincang-bincang dengan tokoh masayrakat setempat, kami pun menelusuri lokasi Keramat Kole Pamarayan Banten Tengah. Memasuki area makam yang di keramatkan oleh penduduk setempat, tentu kami tidak bisa berprilaku sembarangan. Adab dn budi pekerti dalam bersikap dan berkumunikasipun kami tetap menjunjung tinggi nilai-nilai norma yang berlaku di area ini.

Setelah mendapatkan ijin dari penjaga Makam Keramat Kole Pamarayan Banten Tengah, kami pun masuk ke dalam area dengan tertip, di dalam area tersebut kami pun memanjatkan doa untuk tokoh Ki Buyut Santri yang terdapat di pesarean tersebut.Terlihat sebuah pintu pintu yang berlapis, dimana satu pintu yang terbuat dari besi, dan yang satu lagi terbuat dari kayu. Seperti yang terlihat dalam foto di bawah ini.

Photo  :

Kedua pintu tersebut merupakan batas yang dibuat untuk para perziarah, agar tidak mendekati area makam dan melakukan tindakan di luar batas norma akidah agama. Seperti mengambil tanah makam atau mensobek kain putih yang dijadikan jimat bagi orang-orang yang salah menerapkan ilmu ziarah yang di ajarkan oleh agama. Hal inilah yang saya dapatkan dari keterangan pemandu wisata yang memandu perjalanan wisata ziarah kami ke lokasi Makam Keramat Kole Pamarayan banten Tengah.

Lanjut.......
Sedangkan sebuah tikar yang berada di depan pintu makam itu disediakan untuk duduk bagi para perziarah dalam melakukan doa untuk almarhum Ki Buyut Santri yang berada di Makam Keramat Kole Pamarayan Banten Tengah. Dan patok dari beberapa makam yang ada di sekitar area yang terlihat di dalam foto tersebut di atas merupakan tanda pengingat kepada para perziarah sebagai simbol nasehat bahwa suatu hari kelak kita pun akan mengalami masa yang sama, yaitu kematian yang akan datang menghampiri diri kita dalam kehidupan. Dan pesan yang terlihat dalam perjalanan wisata ziarah adalah sebuah nasehat langsung kepada setiap individu manusianya itu sendiri yang sesuai ajaran dan perintah agama.

Photo  :

Setelah berdoa sejenak, kamipun satu persatu keluar dengan tertib. Diruangan tempat peristirahatan yang telah tersedia di aera Makam Keramat Kole Pamarayan Banten Tengah, kami pun beristirahat sambil meluruskan pinggang yang pegal dengan rebahan. Perjalanan penelusuran beberapa titik tempat wisata malam di kawasan Provinsi Kabupaten Banten pun berakhir di lokasi ini. Seperti yang terlihat dalam foto di bawah ini.

Rasa lelah dan ngantuk pun telah menghampiri diri kami masing-masing. Dengan mempertimbangkan kondisi dan keadaan seperti ini, kami pun memutuskan untuk beristirahat sejenak di rumah pemandu wisata ziarah kami Mas Yanto. Stibanya kami di lokasi rumah mas Yanto, kami pun langsung bersitirahat dan sarapan pagi dengan menu kulier taradisonal Indonesia masyarakat setempat yang seadanya.

Photo  :

Setelah kami beristirahat beberapa jam hingga tenaga kami pulih, maka saya berserta teman-teman berpamitan untuk kembali ke Jakarta. Dalam kesempatan ini saya mewakili team rombongan perjalanan wisata ziarah kali ini mengucapkan terimakasih kepada Mas Yanto dan beberapa tokoh sepuh dan masyarakat Banten yang telah menerima dan melayani kami dengan baik. Sehingga kami dapat mengetahui tempat wisata ziarah Banten yang menjadi situs cagar budaya dan sejarah dari kerajaan Banten yang merupakan salah satu obyek destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi dan di jelajahi di salah satu kawasan daerah Indonesia. Anda akan mengetahui secara langsung cerita unik dari cerita legenda mitos Masjid Kole Pamarayan Banten Tengah yang di bangsa oleh bangsa "Jin".

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

53 komentar

masjid yg penuh kharisma, suasananya asri dan teduh ya mas :)
perjalanan wisatanya benar2 sangat menyenangkan rasanya, apa lagi bagi saya seorang blogger sangat menyukainya, hehehe :D

Keren artikel nya teman, jadi kepengen kesana lagi.

Oh ya Teman sebelumnya maaf ya, diralat dong Alamatnya "Pagadungan" bukan "Pagadugan"

Biasanya kalau makam gini yang ziarah rame ya mas di pagi atau siang hari

Terimakasih sob atas koreksinya, dan sudah di perbaiki. Semoga bermanfaat ya. Dan bsa menjadi kawasan destinasi wisata yang asyik di kunjungi di kawasan ini.

Salam,

Malam atau pun siang hari biasanya sama saja Mba, tergantung musim dan bulannya. bila bulan Suro atau Muharam dan setelah Idul Firtri yang saya dapat informasinya selalu ramai di kunjungi baik siang mau pun malam hari. Makanya kami mengamblnya pagi hari biar tidak ramai. he,, he,, he,,,,

Salam wisata

keren keren pak artikelnya, tentang wisata terus saya suka ^_^

Jika dibangun oleh bangsa jin saya masih penasaran, karena tidak ada bukti yang medukung

Benar Mba, bukan hanya pemandangan yang bagus yang dapat kita temui di tempat ini, namun cieta legenda dari mitos sebuah bangunan Masjid Kole Pamarayan Banten Tengah di bangun oleh bangsa Jin. Pokonya seru banget deh. Dan ini belum banyak diketahui oleh halayak ramai di dunia internet loh Mba. Unik, seru dan mengasyikan petualangan perjalanan kali ini. He,, he,, he,,,,

Wah..
Enak nih, kalo lengkap dengan tempat istirahtnya, jadi kalau capek bisa sambil istirahat.. Nah lho..
Hehehe

lebih afdol ke malam kesananya ya mas

kisah terciptanya masjid Kole ini mirip seperti masjid Tiban di Malang ya Pak :)

ternyata pemandu wisatanya bernama sama dengan namaku hehe...mitos dan legenda senantiasa hadir mewarnai tempat-tempat yang dianggap memiliki sejarah tidak tercatat...termasuk demikian juga dengan masjid kole...... ,
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Terimakasih Sob, semoga bermanfaat.

Salam wisata,

Terlapas dari benar atau tidaknya cerita legenda dari mitos tersebut itu di kembalikan pada pribadi masing-masing Sob. Silahkan saja tidak ada yng memaksa anda untuk percaya dengan cerita legenda yang menjadi mitos yang berada di desa tersebut.

Salam,

Kalau masalah waktu sebenarnya kapan saja boleh ko Mba, namun yang terpenting dari ini semua adalah kita harus dapat menata hati kita untuk ke lokasi seperti ini. He,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Istirahat sih boleh saja, asal jangan kelewatan ya Kang. he,, he,, he,,,,

Benar kang, kisa ini sama persis seperti masjid Tuban.

Ingin sekali membandingkan bahan bangunan masjid dengan rumah penduduk, tentu kalau benar di buat oleh bangsa jin pasti ada perbedaannya atau bahkan sama!

Wah masjidnya di bangun jin. Mau gk ya jin mbangun rumah saya? :D

Selamat pagi Mas Indra simak cerita legenda mitos Masjid Kole
Jadi nambah pengetahuan saya pada artikel Mas ini terima kasih
Sudah berbagi kebaikan ini Mas Indra. selamat Tahun baru 2014 :)

Alhamdulillah jadi nambah lgi nih pengetahuan saya tentang sejarah,Haturnuhun Kna Indra untuk artikelnya,,

Dibangun oleh jin, sebenarnya mungkin-mungkin saja, tapi yang pasti semoga masjid ini bisa dimakmurkan oleh umat manusia di sekitarnya.

Wisata, mengenalkan keindahan negeri, menguak legenda, berbagi hikmah. Asyik :)

wah berarti bisa di simpulkan kalau jaman dulu jin dan manusia saling berrdekatan ya mas.. karena banyak masjid yang di bangun oleh maklukhalus pada jaman dulu... terimakasih info wisata ziarahnya mas.. nambak pengetahuan lagi nih saya...

loh komentar saya kok ilang ya mas.. hmm sudah nulis panjang lebar malah nggak nongol.. yaudah deh mas.. pokoknya intinya saya berterimakasih atas info wisata ziarahnya mas,, ini sudah menambah wawasan saya ...

wah.. menarik sekali sejarah kisah masjid itu dibangunkan oleh jin..

serem,, tapi juga menyenangkan. makasih kang infonya

wah ternyata masjid kole banten ini mempunyai cerita sejarah yang cukup panjang ya mas. Tapi apapun yang nama nya masjid adalah tempat untuk beribadah bagi umat islam. Jadi saya kira mitos tersebut jangan terlalu di pikirkan hehe :)

Benar Kang, namanya sama. Dan tempat mitos dan legenda di lokasi ini beluk banyak yang mengetahui Kang. Terlepas dari benar atau salahnya mitos yang menjadi legenda di masayrakat ini, kita tetap menghargai pendapat dari para orang tua yang memberikan amanat untuk menjaga dan melestarikan tempat ini secara benar dan tepat. Semoga bermanfaat.

Salam wisata,

I think this is among the most significant information for me. And i'm glad reading your article. But want to remark on some general things, The website style is great, the articles is really nice : D. Good job,

Menarik juga gan sejarahnya, saya bau tau gan

wah keren , apa bangsa jin muslim daerah itu menunaikan ibadah di masjid itu juga ?.

kunjungan perdana , izin follow :)

Banten yang penuh dengan peninggalan dan jejak bersejarah bagi negeri ini, kini sedang dirundung kepedihan yang mendalam ya kang....

Wah,,,,, seru dong Sob. Karena saya bukan akhli bangunan dan juga akhli jin, jadi ga tahu he,, he,,, he,,,, silahkan dateng Sob, lagsung saja ke TKP.

Tanya sama om jin saja Sob ! he,,, he,, he,,,,,

Salam wisata

Selamat tahu baru Mas Saud, semoga kita dapat mengambil pesan yang tersirat di setap perjalanan wisata zirah yang kita lakukan dengan pikiran yang jernih dan selalu pikiran positif ya Sob. He,,, he,,, he,,,,,

Salam wisata,

Sama-sama Kang Dede, semoga bermanfaat untuk kebaikan kita semua ya.... he,, he,, he,,,,

Salam wisata

Benar Kang, terlepas dari kebenaran cerita legenda dan mitos Masjidnya, dengan adanya masjid di suatu perkampungan atau pun desa, dapat menajdi rumah peribadatan umat di kawasan tersebut ya......

Salam wisata,

Kalau hubungan jin dan manusia akan selalu saling berdekatan kali mas, tapi beda alam. he,, he,, he,,,,, Dan untuk bangunan yang di bangun dengan jin, Indonesia memiliki versi cerita yang menjadi legenda dan mitos di mana-mana, dari pembangunan candi juga ada. Apalagi masjid. he,,, he,, he,,,.

Semoga sejarah dan keberadaan masjid ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi kita dalam ikut memakmurkannya ya Kang.

Nongol ko mas komentarnya, hanya saya moderasi saja. Karena harus di seleksi dulu dari para spamer dan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam berkomentar. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bermanfaat ya. He,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Indonesia banyak memiliki situs sejarah yang unik dan menarik untuk ditelususri Ka, semoga nanti bila ke Indonesia bisa mengunjungi situs sejarah ini ya Ka.

tidak ada yang serem ko Kang, yang ada senang dan mengasyikan. Dan yang lebih asyik menelsuri seperti kawasan ini, kita bisa lebih banyak tahu nila sebuah legenda dan mitos unik yang di yakini oleh masyarakat setempat. Terutama bagi masyarkat asli yang turun-temurun yang memang memiliki hubungan dengan tempat ini. he,, he,, he,,,

Benar Mba, dan bagi saya mitos itu sebagai penghormatan rasa kepedulian, bukan sebagai suatu kepercayaan yang harus diyakini. dengan bersikap seperti itu maka, kepedulian kita merupakan kompromi dari persetujuan bersama untuk tidak saling menyakiti. he,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Benar mas, apalagi ceritanya unik dan masih banyak yang belum tahu kawasan wisata ini. Saya saja baru tahu setelah datang kemari. he,,he,, he,,,,

Wah saya bukan akhli jin Kang, jadi maaf kalau saya tidak bisa menjawab pertanyaannya. Kalau mau tahu lebih jauh, bisa langsung ke lokasi masjid kola Pamarayan di Banten Tengah. Mungkin di sana ada akhlinya. Tapi jangan salah arah ya....... he,, he,,, he,,,,,

Salam wisata

Banten sampai kapan pun mungkin akan menajdi tempat yang unik dan bersejarah Kang. he,,, he,, he,,,,

Saya belum pernah sama sekali kebanten mas tapi saya tertantang setelah melihat yang diatas tuh mas....

Silahkan mas kalau mau datang ke lokasi ini. Minimal sudah tahu ceritanya dari hasil liputan saya. Unik dan klasik cerita dari legenda masjid kole Pamarayan Banten Tengah ini. jangan salah jalan ya Sob ! he,, he,, he,,,,

Salam wisata

Kisah perjalanan menarik ni pak.. seram juga tu msjid di bangun ama jin. tmpat saya tnggl gk ada cerita macam tu pak hiks hiks...

Kalau dari pengalaman saya masjid ini tidak seram, sama seperti masjid lainnya ko. Dan sampai hari terakhir kami tiba masjid masih aktif di gunakan sebabgi rumah ibadah untuk sholat umat Islam, dan kami pun duduk-duduk di dalam masjid itu. Jadi biasa saja mas. he,, he,, he,,,,

Mas Indra salam kenal mohon info kalau ke Masjid kole dari karawaci tangerang lewat mana ya yang lebih dekat ?Tks

Saya wakttu itu nai mobil, jadi saran saya lebih baik ke terminal Serang, dan di lanjut naik angkutan ke arah Pamarayan mas, nanti terkenal ko bilang saja Keramat Pamarayan, mesjidnya di situ. Trims.

Kyk rmh sendri nginep d.makam kole mh,gk da seram.y

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed