MUSEUM SENI BUDAYA DAN KERAMIK KEINDAHAN DALAM SEBUAH PRESTASI SENI BERNILAI SEJARAH

http://ejawantahtour.blogspot.com/2012/09/museum-seni-budaya-dan-keramik.html
Menjelajahi museum di kota tua merupakan perjalanan petualangan sambil membuka cakrawala pengetahuan kita tentang dunia sejarah Jakarta dan bangsa Indonesia yang memiliki nilai kelas tersendiri di dunia internasional. Memang sangat mengasyikan bila kita dapat menyelusuri sambil menusun setiap kepingan-kepingan yang bertabur di kota tua tentang sejarah kota Jakarta.

Museum seni budaya dan keramik yang terletak di seberang lapangan Fatahillah, tepatnya di jalan Kantor Pos No. 2 Jakarta Barat. Dulunya banguan ini merupakan bangunan kantor Dewan Kehakiman pada Benteng Batavia (Ordinaris Road van Justitie Binnen Het Kastel Batavia). Gedung yang dibangun pada 12 Januari 1870 ini pernah menjadi markas tentara KNIL, pada tahun 1944 sebagai asrama militer TNI. Pada 10 Januari 1972, dijadikan bangunan bersejarah serta cagar budaya yang dilindungi.

Bangunan Museum Seni Budaya Dan Keramik ini juga pernah dijadikan Kantor Walikota Jakarta barat pada tahun 1973-1979. Baru setelah itu banguan ini diresmikan menjadi Balai Seni Rupa Jakarta dan akhirnya pada tahun 1990, diresmikan menjadi museum seni budaya dan keramik.

Sesuai namanya, museum yang memiliki delapan pilar besar sebagai penyangga terasnya ini menyimpan koleksi karya seniman Indonesia periode tahun 1800-an sampai sekarang. Ada juga keramik dari beberapa daerah di Indonesia dan mancanegara, misalnya dari Tiongkok, Thailand, Vietnam, jepang, dn Eropa dari abad 16 sampai dengan awal abad 20.

Koleksi seni lukis dan seni rupa yang disimpan sangat bernilai tinggi karena dibuat oleh seniman terkemuka pada jamannya. Selain seni keramik, terdapat koleksi seni rupa kontreporer. Oleh karena itu dengan mengunjungi museum ini sangat dianjurkan bagi kita dan keluarga untuk mengetahui lebih jauh lagi.

Selamat menikmati Wisata di Kota Jakarta.

Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus