MUSEUM SEJARAH JAKARTA OBJEK WISATA EDUKASI DI KOTA JAKARTA

Museum Sejarah Jakarta merupakan salah satu museum yang memiliki nilai historis perjalanan sejarah kota Jakarta sebgai pusat Ibu Kota Negara Indonesia. Museum Sejarah Jakarta yang terletak di daerah Kota tua tepat dengan berseberangan dari stasiun Beos  Jakarta Kota. Museum Sejarah Jakarta yang diresmikan pada 30 Maret 1974 terletakdi jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat.

Museum Sejarah Jakarta dulunya merupakan Balai Kota (stadhuis), yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bangunan Museum Sejarah Jakarta yang memiliki gaya arsitekur bergaya barok klasik, dibangun berdasarkan rujukan dari istana Dam Amsteram. temboknya di cat kuning tanah dengan kusen pintu dan jendela yang terbuat dari kayu jati yang dicat hijau daun. bangunan ini terdiri atas tiga lantai yang berfungsi sebagai kantor dan ruang pengadilan, serta penjara di lantai bawahnya.

Dengan mengikuti suatu perjalanan wisata bersejarah ke Kota Tua Jakarta dan hadir di Museum Sejarah Jakarta kita dapat menyaksikan benda yang berhubungan dengan sejarah Jakarta, misalnya koleksi kebudayaan Betawi, numismatika (koleksi mata uang), becak, dan meel antik dari abad 17-19, prasasti, replika peninggalan kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran, serta hasil penggalian arkeologi di Jakarta.

Koleksi-koleksi tersebut disimpan di ruangan yang diberi nama berhubungan dengan sejarah Jakarta, misalnya Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakara, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH. Thamrin. Di halaman dalam, dipasang patung Dewa Hermes yang tadinya terletak di perempatan Harmoni dan meriam Si Jagur yang dianggap memiliki kekuatan magis.

Itulah salah satu yang merupakan daya tarik objek wisata di kota tua yang memiliki nilai suatu sejarah perjalanan  yang terukir dengan tinta emas yang menggores sejarah kehidupan dunia internasional. Ikuti Perjalanan kota tua di objek-objek yang lainnya.

Para sahabat semua mari kita menikmati keindahan fenomena Jakarta dengan cara yang menarik dan berkesan. Yang mana kita dapat menikmati setiap goresan artikel sejarah yang terpatri dalam setiap goresan ukiran gedung -gedung tua dengan sejumlah cerita historisnya.

Selamat menikmati Kota Jakarta, Indonesia.


Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

1 komentar:

Menarik infonya mas....apik dan rapih..nice blog
Rasanya..sudah lama juga tidak ke kota tua...perlu mampir-mampir lagi nih...:)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus