WISATA KULINER BUBUR AYAM KAKI LIMA

Wisata kuliner bubur ayam kaki lima sering kali saya lakukan dan temukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal ini ada hubungan dengan makan pagi atau pun sarapan bagi siapa saja yang akan pergi sekolah atau pun kantor. Pemandangan sebuah gerobak dorong atau pun sepeda motor dengan peralatan lengkap yang bertuliskan bubur ayam ini sering kita tumui  setiap harinya. Apalagi bila hari libur pedagang bubur ayam keliling mau pun yang mangkal di kaki lima, pada pagi hari sudah banyak di kelilingi oleh para langganannya. Baik kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Wisata kuliner tidak selalu identik dengan makanan yang mahal, dan tempat yang jauh. Karena setiap hari pun kita melakukan kegiatan ini, apalagi bagi anda yang selalu menyempatkan diri untuk sarapan pagi, salah satu menu makanan bubur ayam sudah merupakan salah satu menu pilihan yang di cari oleh masyarakat penduduk Jakarta, dan tentunya ini juga ada di beberapa daerah kawasan wisata Indonesia lainnya, seperti di tempat wisata semarang, tempat wisata Bandung, tempat wisata Bali, dan tempat wisata Jakarta.

Tentunya untuk bubur ayam di setiap masing-masing daerah memiliki citra rasa dan warna yang berbeda. Dan semua ini menjadi bagian dari keberagaman kuliner Indonesia yang bisa anda nikmati untuk sarapan pagi anda pada saat berkunjung di kawasan daerah Indonesia.

Pengalaman pribadi saya, untuk menikmati wisata kuliner bubur ayam kaki lima di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, biasanya saya mengunjungi bubur ayam kaki lima Pak Ripto. Bubur ayam ini cukup dikatakan membangkitkan selera saya dan keluarga. Apalagi bubur ayam kaki lima langganan saya ini bisa di ktatakan memiliki cukup penggemar dan langganan yang banyak yang berada di sekitar kawasan Cibubur, Cimanggis, dan Keranggan.

Photo bubur Ayam kaki lima SOS  :

Bubur ayam yang terbuat dari bahan dasar beras nasi ini di olah menjadi bubur, setelah itu barulah di beri potongan atau pun irisan daging ayam dengn kuah kaldunya. Tentunya dalam pembuatan bubur nasi ini masing-masing juru masaknya memiliki resep bumbu tersendiri untuk menciptakan rasa yang enak dan lezat. yang saya tahu ada beberapa campuran bumbu untuk memasak bubur nasi ini, dan yang paling membedakan dari setiap bubur nasi adalah kekentalan dan aroma yang keluar dari hasil bubur nasinya itu sendiri.

Photo bubur Ayam kaki lima SOS :

Bubur ayam kaki lima yang memiliki langganan banyak di kawasan Cibubur, Jakarta salah satunya adalah bubur ayam Pak Ripto. Bapak ini telah lama berjualan di pinggir jalan di area kaki lima. Dari masa bujangan hingga kini memiliki keluarga dan anak. Lokasi biasa tempat dia berjulanan di Jalan, Karya Bhakti SOS Desa Taruna Cibubur, Jakarta Timur. Tepatnya ( dekat pertigaan lampu merah POM Bensin / SPBU depan Komplek Perumahan Angkatan Darat ) arah jalan menuju pintu masuk toll Cibubur - Jakarta.

Arah jalan menuju lokasi bubur ayam kaki lima SOS Pak Ripto ini, bila dari arah Taman Bunga Wiladatika atau pun Cimanggis anda ambil arah menuju Jalan Raya Lapangan Tembak Cibubur / Raya Bogor. Sebelum SPBU ada pertigaan lampu merah SOS Desa Taruna Cibubur anda ambil arah kanan langsung merapat ke kiri, dan lokasinya tidak jauh dari pertigaan lampu merah tersebut.

Bubur ayam kaki lima Pak Ripto ini terkenal dengan julukan sebutan bubur ayam SOS, dan nama ini di dapat dari para langganannya. Terutama dari para masyarakat penduduk perumahan daerah Cibubur, Keranggan, dan Cimanggis. Walau terlihat sederhana bubur ayam kaki lima SOS ini sudah memiliki beberapa langganan dan penggemarnya sendiri. Banyak para pembeli yang memesan bubur ayam ini untuk di bawa pulang atau pun untuk bekal perjalanan ke sekolah atau pun kantor.

Untuk harga bubur ayam kaki lima SOS, Pak Ripto menjual dengan harga yang relatif murah, dengan menu campuran bubur, ayam, kacang kedelai, irisan daun seledri, kerupuk atau (emping yang diseuaikan permintaan). Dan sebagai teman makan bubur ayam ini kita bisa menikmati sate usus atau pun sate telor ayam puyuh.. Bagi yang suka dengan rasa pedas anda dapat menambah campuran sambal di atas hidangan bubur, atau kecap manis sebagai bahan pelengkap.

Untuk kualitas rasa bubur ayam kaki lima Pak Ripto tidak kalah enaknya dengan kulitas rasanya yang biasa saya temukan di rumah makan atau pun restoran. Walau lahannya di pinggir jalan, namun jalan tersebut tidak terlalu ramai di lalui kendaraan. Jadi kalau pun saya membawa kendaraan, saya bisa parkir sebentar untuk memesan dan membawa bubur ayam tersebut ke dalam kendaraan. Itulah yang biasa banyak di lakukan oleh para pelanggan bubur ayam kaki lima SOS Pak Ripto.

Bagi para sahabat dan pembaca setia Ejawantah Wisata yang berada di sekitar Cibubur Jakarta Timur tentu sudah sering atau merasakan bubur ayam kaki lima Pak Ripto ini, bila sudah mendengar dan belum pernah mencobanya, anda dapat mencobanya pada saat pagi hari dari pukul 06.00 -8.30 WIB (tergantung habisnya bubur ayam).

Semoga artikel ini bisa menjadi refrensi bagi anda yang sedang mencari makanan jenis bubur ayam yang enak dan murah serta bersih di kawasan daerah Jakarta Timur. Tidak ada salahnya anda mencoba bubur ayam kaki lima SOS Pak Ripto yang telah memiliki langganan dari berbagai golongan masyarakat. Bukan hanya masyarakat menengah kebawah, namun langganan bubur ayam kaki lima SOS ini juga sudah menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat kelas menengah atas di kawasan Cibubur, dan Cimanggis. Selamat menikmati wisata kuliner bubur ayam kaki lima SOS Cibubur, Jakarta Timur.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

42 komentar

Sepertinya mantap sekli dimakan saat sarapan mas...

Bubur ayam kaki lima memang salah satu menu yang selalu di tunggu dan di nanti untuk sarapan ya kang.


Salam,

Manteb mas...pagi2 mana belum sarapan lagi suguhannya bubur ayam..hmmm enak pastinya

Wah cocok nih mas hujan - hujan begini sarapbubur ayam ... kalou soal tempat gak masalah menurut saya mas asal kan yang membuatnya apik dan tentunya sehat bersih dan rapih.. heheh, mau di pinggir jalan, rumah bubur ayam, asal jangan di tengah jalan saja... hehehe

Kalau gitu saya pesan satu ya kang hehehehe, makasih sebelumnya lho :D

Silahkan Kang, langsung di antar he,, he,, he,,,,

Enak poll Mba, kalau pagi-pagi sarapan bubur ayam. he,, he,, he,,,,


Salam wisata

Bubur ayam buat sarapan di musim apapun oke banget deh Kang. he,,, he,,, he,,,,


Salam wisata

Penasaran sama bubur ayamnya, soalnya saya suka banget sama bubur ayam. Tapi sayangnya saya tinggal di Bandung hehe :D

untuk sarapan enak nih ;) pesen satu kang :D

Kompetitor bubur ayam itu kalau gak nasi uduk ya lontong sayur..
kalau di daerah saya bubur mahal gan. mangkanya saya cari alternatif buat sarapan..

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra....

Membaca tulisan mas Indra tentang bubur Pak Ripto ini menggambarkan kenakan buatannya walaupun hanya berjualan di kaki lima. Menurut saya, banyak penjual kaki lima dapat menghasilkan masakan yang lebih enak dari di restoran. Cuma dana tidak mencukupi untuk berjualan seperti itu.

Yang penting enak, bersih dan membuat kita kenyang. Jadi teringin merasai bubur ayam Pak Ripto. Kalau di Malaysia, jarang kita menemui orang berjualan bubur nasi. Kebanyakannya menjual nasi lemak, mee dan kuih muih.

Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. :D

SITI FATIMAH AHMAD

Sarapan juga bisa jadi tulisan ... hehehhehhe

Pagi-pagi memang enaknya nyabu (nyarap bubur/ makan bubur)
Di setiap daerah suka ada saja tukang bubur ayam yang ramai jualannya
Nah kalau yang berada di sekitaran Cibubur pantas mencoba bubur ayam Pak Ripto :)

Wah pasti bubur ayam pa Ripto ini enak ya mas, banyak pelanggannya...

Saya sendiri sering juga sarapan pake bubur ayam..

bubur ayam kaki lima, sarapan khas sewaktu saya semasih sekolah hehe

bubur ayam memang sangat cocok untuk disajikan saat sarapan pagi. Apalagi dilengkapi dengan sate telur puyuh, wah bakalah maknyus rasanya ya mas ehehehe :D
udah lama nih nggak pernah makan bubur ayam saya :)

Masalahnya, saya dari kecil sampe sekarang nggak suka bubur, Pak Indra. Apalagi jika ada ayamnya. Padahal anak dan istri saya justru menggemari bubur ayam, apalagi pagi hari

Ndak begitu doyan makan bubur ayam, mungkin karena belum nemu yang cocok dilidah kali yah...mungkin kalau bikin sendiri, tp gak pernah kepikiran juga hehehe..

#Maaf pak Indra, lagi ngawur nih

Menggugah selera ya kang
mantabs buat sarapan pagi, hidangan makan malam santai bersama keluarga di akhir pekan asyik juga tuh

ane kurang suka makanan yang berupa bubur-buburan, geli2 gimana gituh di tenggorokan

bubur ayam memang favorit bang

pagi2 paling nikmat buat sarapan, hmm

aku suka bubur ayam kuningan.. enaakkk kuahnya :)

bubur ayam kaki lima memak mak nyuss.....:)

Di bandung juga ada bubur ayam Bandung kan ? Pasti salah seorang penggemar bubur ayam juga ya Sob ? he,,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Bubur ayam memang pas untuk sarapan pagi atau pun makan malam Mba. he,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Apapun nama menu makanannya bagi kompetitor, mereka tetap menjadi dari sebuah keanekaragaman kuliner Indonesia ya Sob ? he,, he,, he,,,

Salam wisata,

Walaikumsalam Wr. Wb.....

Benar bunda, hanya saja mereka banyak yan terhalang oleh dana untuk tempat. Namun, para penggemar bubur ayam dari Pak Ripto memang selalu mencari buatannya.

Dan saya juga sering makan nasi lemak, dan mei kuih bila berkunjung ke Malaysia atau pun Singapura. Kalau di Indonesia nasi lemak hampir sama seperti nasi uduk loh bun. Nanti bunda bila ke Jakarta atau ke indonesia bisa mencoba makanan khas Indonesia yang beragam.

Terimakasih atas kunjungannya bunda, salam saya untuk keluarga di sana.

Salam wisata,

Benar Mba, karena sarapan sudah menjadi dasar dari kebutuhan kita juga sih ya, jadi lebih enak dijadikan tulisan sekaligus sebagai refrensi untuk para pembaca dan pecinta Ejawantah Wisata. he,, he,, he,,,,


Salam wisata,

Benar Kang, nanti kalau di daerah Cibinong saya akan coba mampir untuk sarapan atau makan siang di tempat Kang Haris. he,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Krena saya sudah terbiasa makan bubur ayamnya Pak ripto jadi saya katakan enaklah kang, apalagi kalau di lihat banyak yang beli dan langganannya. he,, he,, he,,,

Salam wisata,

Yuk Sob, jangan lupa sarapan pakai bubur ayam ya..... he,, he,, he,,,,

Salam wisata,

tentunya sekarang untuk bubur ayam kaki lima juga masih di coba dong ya Kang..... he,, he,, he,,,, Sama seperti saya.

Salam wisata,

Hm,,,,,, maknyus rasa bubur ayam dengan tlor puyuh ya Mba. jadi buat ngiler aja. yuk makan bubur ayamnya. he,, he,, he,,,


Salam wisata,

Kembali ke selera ya Pak Ies, he,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Gak apa-apa Mba, berarti belum sarapan ya. he,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Benar Kang, bisa di jadikan wisata kuliner bubur ayam kaki lima bersama keluarga di akhir pekan. Mantap..... he,, he,, he,,,,


Salam wisata,

Menu sarapan pagi biaanya tidak boleh keras makanannya ya Kang, jadi salah satunya ya bisa jadi refrensi menu dari bubur ayam kaki lima yang mudah kita temukan ini.

Salam wisata,

Sama dong Mba, bubur ayam kuningan juga enak kalau menunya pakai sate usus dantelur puyuh ya. Hm,,,,, mantap deh.....

Salam wisata,

Apalagi bubur ayam kaki lima ini bisa dinikmati bersama keluarga atau pn kerabat ya Kang, lebih maknyus deh....... ha,, ha,, ha,,,,


Salam wisata,

kalau buat saya, bubur ayam itu menu yang paling pas untuk sarapan. Tapi kalau untuk waktu lainnya rasanya kurang selera makan bubur :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus