DE GROOTE RIVER OF BATAVIA SEBUAH PESAN DALAM POTRET SEJARAH

De Groote River of Batavia merupakan sebuah Kali Basar yang membelah Kota Batavia., sungai yang lebar dan yang lurus membujur hingga ke arah utara pelabuhan Sunda Kelapa. Di mana pada masa dahulu Kali Besar terebut pernah menjadi jalur niaga perdagangan di kota Batavia terpenting pada zamannya.

Sinar matahari yang selalu memancarkan sebuah kesetiaan dalam memberikan kehidupan terasa melengkapi keindahan hari dalam menjelang sore hari di De Groote River of Batavia. Sinar yang menerobos gumpalan awan tipis mempbuat sinar dalam menembus pada pantulan cahayanya di kawasan De Groote River of Batavia tersebut.

Mendengar, melihat, dan merasakan sebuah jejak sejarah kota Batavia membuat hati selalu terbawa pada masa tempo dulu. Dimana kesibukan pelayaran yang penuh dengan mondar-mandirnya kapal di perairan De Groote of Batavia yang yang sekarang kita kenal dengan nama Kali Besar yang ada di daerah Kota Jakarta.

Dimana kala itu, aktivitas yang sering berlangsung adalah berlabuhya kapal-kapal untuk melakukan bongkar muat, dengan suatu misi kegiatan perdagangan demi menggerakkan perekonomian dan menopang pembangunan pada saat itu.

Sekilas sejarah........
Dalam sebuah catatan sejarah yang penulis dapatkan dari beberapa daftar pustaka pusat penerangan museum sejarah Jakarta. Pada abad ke -17, di sepanjang Kali Besar berderet bangunan yang  menjadi bangunan fungsi ganda sebagai rumah dan toko di sepanjang Kali Besar, yang dihuni oleh orang-orang China.

Lanjut.........
Setelah peristiwa tragis yang disebut kerusuhan China pada tahun 1740, semua menjadi berubah. Dan orang-orang China keluar dari area tembok Batavia. Dan bangunan-banguanan yang tersisa yang ada dimanfaatkan untuk perkantoran, perusahaan, dan pergudangan bertingkat oleh pemerintah berkuasa pada saat tersebut

Namun, saat sekarang ini semua aktifitas tersebut sudah jarang sekali kita temukan di sepanjang lokasi Kali Besar. Tidak ada lagi pelayaran yang ramai seperti dulu, tidak ada lagi aktivitas perdagangan. Disaat penulis berkunjung ke lokasi Kali Besar bersama rombongan wisatawan dari Kota Bandung, yang mereka memiliki suatu aktifitas yang bergerak di photography. dalam menelusuri sepanjang kali, kita hanya bisa menikmati sebuah kisah yang terpancar dari setiap bangunan-bangunan tua yang tersisa sepanjang lokasi Kali Besar.

Napak tilas kami telusuri dalam sebuah perjalanan hingga Jembatan Ratu Juliana, dimana sebelumnya kami berhenti sejenak di seberang rumah toko merah yang pernah menajdi tampat tinggal gubernur Von Imhoff (1730-1741), dan melihat sebuah ketegaran bangunan tua yang memilki nilai historis dunia perbankan dunia, yaitu sebuah bangunan tua bekas peninggalan Charted Bank of Indonesia, Australia and China.

Menelusuri gedung -gedung tua bersejarah merupakan suatu petualangan yang mengasyikan. Apabila kita dapat mengenali setiap objek dari sudut kacamata yang unik. Namun, di satu sisi kita boleh menikmati suasana klasik di objek-objek seperti ini, dan di sisi lain kita harus peduli dengan kondisi bangunan tua yang ada di sekitar Kali Besar. Semoga dinas terkait yang ada di ibukota Jakarta dapat memperbaiki potensi objek wisata sejarah dan budaya yang ada di kota tua.

Mungkin bukan hanya penulis yang memiliki sebuah keinginan dan cita-cita akan suasana Kota Tua Jakarta yang bersih dan nyaman serta dapat berbenah diri untuk dapat mempercantik gedung-gedung tua sebagai penunjang objek wisata sejarah yang menjadi sebuah saksi bisu perjalanan sejarah kota Jakarta.

Lebih tertata kembali dalam hal penempatan lokasi-lokasi untuk menciptakan rasa aman dan nyaman. Bila hal ini dapat diwujudkan dengan rapih dan didukung oleh semua pihak dan warga masyarakat Jakarta, maka tidak mustahil Jakarta dapat menjadi sebuah target sasaran wisatawan dunia internasional yang akan selalu bernostalgia untuk mengenang jejak sejarah kake moyangnya yang ada di Indonesia, seperti peninggalan gedung tua Museum Sejarah Jakarta.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

17 komentar

begitu banyak sejarah masa lampau di Jakarta sayang sekali kalo tidak bisa menginjakkan kaki di Jakarta ya MAs

Jakarta masih banyak menyimpan objek-objek yang unik dan bagus, dalam menelusuri dan mengurai sebuah historis setiap titik-titk yang bernilai tinggi.

Sukses selalu
Salam Wisata

Sepertinya pemerintah susah untuk memperhatikan bangunan2 bersejarah atau bangunan tua ya, mas.

Mungkin malah lebih fokus pada bangunan baru, alias membangun yang baru. :)

Aku belum pernah ke kali besar. :D

blm pernah ke jkt ^^
sungainya kok butek gitu...
hampir mirip kaya sungai wiso di Jepara :D

Bagus sekali..siap dgn kisah sejarah.

sayang sekarang kalinya sudah habis ya..?
makin sempit dan dangkal
padahal kalo dipertahankan kayaknya keren tuh kota kanalnya

bahasa belandanya itu lho... unik, jarang dengar, di selatan batavia ada 'buitenzorg' (bogor?)

kapan ya kali di jkt bs bersih.. kl gak sala di korea kali yg kotor bs bersih lagi & akhirnya skrg jd objek wisata.. Sy memimpikan kali di Jkt juga spt itu

Mudah-mudahan ini menjadi perhatian kita semua. Dari pemerintah dan masyarakat lebih memperhatikan gedung-gedung tua bersejarah untuk dilestarikan dan diangkat nilai sejarahnya. Dan Indonesia memiliki potensi seperti itu untuk dijadikan dayatarik pariwisata.

Nanti kalau ke Jakarta dapat mampir dan lihat tempat-tempat bersejarah seperti ini.

Sukses selalu.

Di Jakarta tidak mengenal dengan nama sungai, kami sering mengenalnya dengan nama kali. Semoga saja kali-kali di Jakarta dapat berubah warnanya dengan didukung pemeliharan yang optimal dari pemerintah daerah setempatnya.

Namun, semua kali besar yang ada di Jakarta memiliki nilai historis sejarah yang menarik untuk ditelusuri cerita sejarahnya.

Salam Wisata

Semoga bermanfaat.

Salam Wisata

Semoga ini dapat menjadi pemerhati para dinas terkait untuk melakukan suatu tindakannyata dan dipertahankan untuk memajukan kota Jakarta dari segi pariwisata yang memiliki potensi yang besar.

Salam Wisata

Kita semua selalu memimpikan kali di daerah Jakarta dapat bersih dan tertata rapih, Sebenarnya program ini ini sudah ada di kota Jakarta. namun entah kenapa tiba-tiab menghilang.

Semoga ini dapat terwujud kembali.

Salam Wisata,

baca2 di koran kabarnya pemda sedang menjajaki kerja sama dengan negara lain untuk menjernihkan kali

Semoga ini dapat berjalan lancar dan dapat dinikmati dengan warga kota Jakarta. Terimakasih atas penambahan informasinya Bun. Sukses selalu.

Karena informasi yang saya dapatkan dari beberapa daftar pustaka aliran sungai ini berasal dari dataran tinggi yang terpusat dari aliran sungai di Bogor hingga sampai di tempat ini. Semoga informasi ini bermanfaat sebagai penambahan pengetahuan bersama.

Sukses selalu
Salam Wisata

Jakarta ini mempunyai peninggalan sejarah yg sangat banyak sekali, tapi sayang banyak yg ngak terawat. Semoga ada yg konsen dan perduli melestarikan nya, di mulai dari kita sendiri :-)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus