BALI ART CENTRE KEINDAHAN SENI DALAM TAMAN BUDAYA BALI

Bali Art Centre atau lebih dikenal dengan nama Taman Budaya Bali merupakan sebuah komplek bangunan dengan gaya arsitektur seni budaya taradisional Bali. Lokasi Bali art centre ini berada di jalan Nusa Indah Denpasar Bali dan posisinya berada tengah-tengah kota Denpasar Bali.

Dari informasi yang penulis dapatkan pada saat mengunjungi Bali art centre, bangunan Taman budaya Bali ini  didirikan oleh Gubernur Bali yang pertama yaitu Bapak. Ida Bagus Mantra yang sangat peduli dengan nilai-nilai budaya timur khususnya Budaya Bali. Hal ini bertujuan agar budaya Bali tetap hidup dan dapat dilestarikan oleh generasi penerus masyarakat Bali itu sendiri. Dan beliau merelakan lokasi tanah milik pribadinya untuk dijadikan sebagai pusat kesenian tradisional Bali, yang sekarang kita kenal dengan nama Taman Budaya Bali. Bali art centre atau Taman Budaya Bali ini dibuka pada tahun 1973.

Menelusuri Taman Budaya Bali, maka kita akan menemukan beberapa tempat yang di jadikan komplek pusat kesenia tradisonal Bali. Adapun susunan komplek yang dapat kita lihat di Bali art centre adalah :

  1. Komplek Suci yang meliputi bangunan Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan dan lain-lain.
  2. Komplek tenang meliputi bangunan perpustakaan, di mana di bangunan ini tersimpan banyak sekali buku-buku mengenai sejarah Bali yang dapat menambah wawasan kita dalam hal sejarah.
  3. Komplek setengah ramai yang meliputi gedung pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni dan Wantilan, lokasi ini juga merupakan aula tempat pameran seni Bali.
  4. Komplek ramai meliputi panggung terbuka Arfha Candra dan Panggung tertutup Ksiranawa, di mana lokasi kedua ini berada di sebalah selatan area Taman Budaya Bali.

Lokasi Taman Budaya Bali ini terbuka untuk umum, dan bagi kita yang akan mengunjungi objek wisata Bali art centre ini kita bisa menikmati keindahan kesenian tradisional Bali di area lokasi ini bersama keluarga, sahabat dan reka-rekan kita.

Ada banyak hal yang akan kita dapatkan bila kita mengunjungi objek wisata Bali art centre ini. Salah satunya kita lebih banyak mengetahui tentang perjalanan sejarah, nilai sebuah seni tradisonal masyarakat Bali, maupun nilai seni tradisional masyarakat Indonesia lainnya. Karena kawasan area Taman Budaya Bali ini, tidak hanya sebagai wadah pusat kesenian tradisional Bali, namun juga sering di pergunakan untuk wadah kesenian daerah Indonesia lainnya yang berkunjung dan melakukan pagelaran pentas seni di area lokasi Taman Budaya Bali.

Dibawah ini beberapa photo-photo pada saat penulis bersama rekan dan para sahabat Ejawantah Wisata mengunjungi objek wisata Bali art centre atau yang di kenal dengan nama Taman Budaya Bali. Anda dapat melihatnya di album Galeri Photo Album Bali Art Centre

Dan area lokasi Taman Budaya Bali ini mudah di akses dari objek wisata Bali seperti ; Pantai KutaPantai Sanur,  Pantai Tanjug Benoa, Pantai DreamlandTanah Lot, Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Wisata Ubud Bali, Dan untuk penginapan hotel di kawasan Bali yang murah kita bisa mendapatkan penginapan hotel di daerah Denpasar Bali, hotel di kawasan Kuta Bali, atau pun hotel di kawasan Sanur Bali, hal ini bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kita pada saat kita mengunjungi pulau Bali. 

Wisata Bali bukan hanya menyajikan keindahan pemandangan alam yang eksotik, namun juga merupakan pusat kebudayaan tradisional Indonesia. Jadi tidak ada salahnya bila kita mengunjungi Bali, kita bisa mampir di lokasi Bali art centre untuk menyaksikan keindahan seni budaya tradisonal Indonesia di kawasan Taman Budaya Bali.


Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

21 komentar

wah taman budayanya lengkap gitu, pak ada tempat sucinya segala
kalo di jogja taman budaya lebih mengarah ke tempat pagelaran seni

Saya pernah ke Bali, tapi enggak sempat ke obyek-obyek wisata.. Ada progam wisata gratisan enggak nih Kang hahaha

Kalau di kawasan Bali, biasanya ada satu tempat untuk melakukan ritual keagamaan Kang, Dan memang sengaja di buat sebagai tempat sembahyang. Dan tempat pagelarannya pun di lokasi ini seperti panggung terbuka. Jadi bagi kita yang hadir di lokasi ini, biasanya disuguhkan dengan totonan pagelaran seni tradisional setempat, atau pengisi acara kesenian tradisional dari daerah lainnya. Tapi biasanya, tetap ada pengiring dari kesenian tradisional Balinya.

Salam wisata

Biasanya program wisata gratisnya ada Kang, ala blogger kopdar, atau kalau nanti kita dapat sponsor ya. He,,, he,,, he,,,,,

Salam wisata

Saya 3 kali ke bali, tapi hanya lewat. aslinya menuju ke Lombok. pengen ke sana.

Asyik dong ke Lombok. Pasti indah juga ya di Lombok tempatnya. Nanti kalau ke Bali lagi bisa mampir ke objek wisata ini Mba.

Salam wisata

wah saya belum pernah ke Bali mas, kepengin juga kesana..tapi kapan yah....

kunjungan perdana, salam kenal *smile

Hmmm bukannya letaknya di Jl. Nusa Indah, Art Center kan? yg berdampingan dengan Institut Seni Indonesia? hehehehee

saya tahusedikit bali hanya dapat serita2 dari teman2 saya mas yang pernah datang kesana dan juga tetangga saya yang lama tinggal di bali

kapan-kapan juga bisa ke Bali ko Kang He,,, he,,, he,,,

Salam wisata

Salam kenal kembali Sob, terimakasih atas kunjungannya.

Salam wisata

Terimakasih kasih Bang, sudah dikoreksi, dan sudah diperbaiki.

Salam wisata

Minimal sudah tahu sedikit cerita dan keadaan tentang Bali ya Sob, jadi bila ke sana suatu hari mudah mencari informasi.

Salam wisata

Hello colleagues, how is everything, and what you wish for to say regarding this article, in my view its truly awesome designed for me.

Kayaknya...mesti nabung dulu nih mas...
Habis kepengen banget ke sana...hehe :)

Informasinya banyak juga ya mas. Oya, mau nanya, itu tulisan Bali ... di-bold begitu , apakah itu strategi SEO?

Bali akan selalu menunggu Mba untuk di datangai.......

Salam wisata

Bali akan selalu setia menunggu kehadiran Kang Budi dengan sejuta pesona eksotik dan keindahan seninya. He,,, he,,, he,,,,,

Salam wisata

Kalau menurut para shabat web blog iya, tapi kalau saya sedang belajar ko Mba. Semoga bermanfaat.

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus